Intip 5 Program Studi Baru di Universitas Airlangga
Program studi baru di UNAIR | Foto: Detik

Universitas Airlangga (UNAIR) sudah membuka lima program studi baru di bawah Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin sejak tahun 2019 lalu. Jika kamu salah satu yang memimpikan kuliah di fakultas teknik, UNAIR bisa menjadi pilihanmu.

UNAIR berlokasi di Surabaya, Jawa Timur dan menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia, menempati peringkat ke-4 versi QS World Ranking tahun 2022. Pada tahun 2019, UNAIR mendirikan Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) yang sebelumnya memiliki nama Sekolah Teknologi Maju dan Multidisiplin.

Fakultas ini hadir dengan lima program studi yang bergerak di bidang teknologi. FTMM hadir dan melengkapi 3 pilar utama Universitas Airlangga, yakni social science, life science, dan health science dengan menghadirkan pilar baru di bidang keteknikan (engineering).

Adapun mahasiswa angkatan pertama FTMM berjumlah kurang lebih 400 mahasiswa. Apa saja lima program studi yang berada di FTMM? Simak selengkapnya berikut.

1. Program Studi Teknologi Sains Data

Illustrasi Program Studi Teknologi Sains Data | Foto: Pexels

Mempelajari Teknologi Sains Data adalah keputusan yang bisa menguntungkan di masa depan. Orang-orang meyakini bahwa banyak hal yang akan membutuhkan bidang studi ini di masa depan, seiring dengan perkembangan waktu.

Baca juga: Menilik Jurusan Robotika dan Kecerdasan Buatan, Satu-Satunya di Indonesia

Program studi ini merupakan bidang multidisipliner yang melibatkan matematika, statistika, hingga teknik informatika. Sebagai jurusan atau program studi yang berdiri sendiri, UNAIR menjadi satu-satunya kampus yang memiliki prodi Teknik Sains Data.

2. Program Studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Illustrasi Program Studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan | Foto: Pexels

Apakah kamu mengenal Siri, Cortana, dan Alexa? Jika iya, hal itu adalah produk nyata dari Artificial Intelligence. Banyak orang memprediksi bahwa AI adalah salah satu bagian penting di kehidupan masa depan.

Oleh sebab itu, AI menjadi potensi besar di masa mendatang. UNAIR hadir menggabungkan AI dengan robotika dalam satu jurusan. Akan sangat menarik jika suatu saat nanti, anak muda Indonesia bisa menciptakan robot hingga meningkatkan kemampuannya sendiri.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Simak Cara yang Tepat Memilih Jurusan

3. Program Studi Teknik Industri

Illustrasi Program Studi Teknik Industri | Foto: Pexels

Teknik industri merupakan bidang yang mempelajari ilmu-ilmu dalam proses industri. Itu sebabnya, banyak universitas di Indonesia yang sudah membuka program studi ini.

Studi ini mempelajari bidang ilmu yang cukup luas, mulai dari optimalisasi proses dan sistem industri, hingga level efisiensi dan produktivitasnya. Di sini juga akan mempelajari peranan manusia dan organisasi dalam industri.

UNAIR sendiri menargetkan Teknik Industri sebagai bidang ilmu yang advanced, atau mampu bersaing pada tingkat nasional dan internasional.

Baca juga: Populer dengan Rekam Medis, Mari Mengenal Jurusan Manajemen Informasi Kesehatan

4. Program Studi Teknik Elektro

Illustrasi Program Studi Teknik Elektro | Foto: Pexels

Jika kamu berminat pada ilmu kelistrikan, Teknik Elektro bisa menjadi pilihanmu. Prodi ini akan mempelajari listrik, termasuk elektronika dan elektromagnetik, hingga aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Teknik Elektro juga mempelajari konsep, proses perancangan, pengembangan, dan pembuatan alat-alat listrik dan elektronik.

5. Program Studi Rekayasa Nanoteknologi

Illustrasi Program Studi Rekayasa Nanoteknologi | Foto: Unsplash

Terakhir adalah Studi Rekayasa Nanoteknologi. Bidang studi ini mempelajari kontrol zat, material, dan sistem pada skala nanometer. Satu nanometer sama dengan satu per satu miliarmeter, atau 50.000 kali lebih kecil dari ukuran rambut.

Bidang studi ini memungkinkan orang untuk membuat zat dengan ukuran yang sangat kecil, memungkinkan untuk memanipulasi sifat dan fungsinya. Beberapa manfaat dari adanya studi Rekayasa Nanoteknologi adalah penciptaan sumber tenaga baru, industri tekstil, hingga produksi barang yang jauh lebih kuat.

Di dunia, banyak negara-negara yang sudah memanfaatkan studi nanoteknologi. Sayangnya di Indonesia masih belum memiliki perkembangan di bidang tersebut. UNAIR akan menjadi satu-satunya universitas yang memiliki jurusan ini.

Adanya jurusan baru di UNAIR menjadi pilihan tambahan yang bisa kamu dapatkan jika ingin melanjutkan kuliah di kampus ini. Terkait informasi lebih detail lainnya, kamu bisa mengunjungi website resminya di ftmm.unair.ac.id.

Referensi: Campuspedia | FTTM UNAIR | Kompas