Memulai Terbiasa Puasa di Kala Pandemi
Ilustrasi waktu berpuasa I Foto: Shuttertstock

#FutureskillsGNFI

Ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan. Semua orang sangat mendambakan bulan suci ramadan ini. Pada bulan ramadan, semua orang berlomba-lomba dalam ibadah dan kebaikan.

Pada puasa tahun ini, seperti yang kita tahu bahwa masa pandemi pun belum usai. Oleh karena itu, kita juga harus menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan dapat mengikuti puasa dengan selesai.

Kali ini, penulis punya tips atau kiat-kiat yang dapat kamu lakukan dalam melaksanakan puasa di masa pandemi.

1. Makan Sahur Bergizi

Ilustrasi makanan sahur | Klik dokter

Saat sedang berpuasa, kita juga membutuhkan asupan yang cukup untuk beraktivitas seperti biasanya. Agar tidak merasakan lemas dan lapar saat berpuasa, kita dapat mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari makan sahur.

Seperti makan nasi, telur, atau tambah minum susu untuk menambahkan energi kita. Selain itu, minum susu juga dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak dan juga mendapatkan sumber energi untuk berpuasa.

Baca juga: Kiat Tingkatkan Motivasi untuk Diri Sendiri

2. Minum Air Putih

Minum air putih | Detik health

Tubuh kita membutuhkan banyak cairan supaya sehat dan tidak dehidrasi. Oleh karena itu, sangat penting meminum air putih yang banyak.

Pada saat puasa kita bisa meminum air putih 2 gelas pada saat berbuka, 4 gelas pada saat malam hari (2 gelas saat sesudah tarawih dan 2 gelas sebelum tidur), serta 2 gelas pada saat makan sahur.

Baca juga: Ragam Kolak Khas Nusantara, Mana Favoritmu?

3. Olahraga yang Cukup

Berolahraga | Ayoba

Melakukan olahraga membuat tubuh kita menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Walaupun kita berpuasa, kita tetap membutuhkan olahraga. Namun, kita bisa melakukan olahraga ringan supaya badan tidak lemas, seperti lari kecil, yoga, dan olahraga lain yang tidak membuang tenaga terlalu besar.

Apalagi di masa pandemi ini olahraga sangat penting. Namun, jangan salah memilih jenis olahraga karena ada beberapa jenis olahraga yang membuang kalori kita lebih banyak.

Waktu yang baik untuk berolahraga adalah pagi hari saat sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Hal itu juga dapat merelaksasi tubuh dan pikiran sehingga dapat menambah semangat sehari-hari. Selain olahraga, kita juga dapat melakukan berjemur di bawah matahari pada saat pagi hari.

4. Berbuka dengan Makanan Bergizi

Makanan 4 sehat 5 sempurna | Google

Pada saat berbuka puasa, untuk mengawalinya kita harus meminum atau memakan yang manis-manis. Setelah itu, kita bisa memakan menu berbuka yang lainnya.

Ketika saat puasa dan masa pandemi, lebih baik kita menyiapkan makanan yang bergizi untuk mencukupi kalori tubuh kita. Makanan bergizi tidak perlu mahal, yang penting cukup untuk menutrisi tubuh kita, seperti makan sayur dan lauk pauk, serta buah-buahan.

Baca juga: Tetap Bugar Saat Puasa? Ikuti Langkah Olahraga yang Tepat

5. Minum Vitamin Sebelum Tidur

Ilustrasi minum vitamin | Foto: Media

Konsumsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap sehat, apalagi di masa pandemi saat rentan sekali terkena penyakit. Namun, harus kamu perhatikan dosisnya karena jika mengkonsumsi secara berlebihan dapat membahayakan dan terkena efek samping vitamin tersebut.

Selain hal di atas, penulis juga menyarankan tetap patuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan sebelum makan dan sesudah bepergian, tetap memakai masker saat bepergian, serta menjaga jarak saat di tempat keramaian.

Referensi: halodoc | sehatq | alodokter