Cari Tahu Ragam Jenis Smartphone dan Perbedaannya
Ilustrasi jenis smartphone | Foto: Fonpit

Di era modern seperti sekarang, ponsel pintar atau smartphone sangat berguna. Smartphone berperan dalam membantu aktivitas manusia mulai dari komunikasi, pekerjaan, proses belajar, hingga menjadi sarana hiburan. Jangan sampai salah, ternyata ada banyak jenis smartphone berdasarkan fungsinya.

Pada dasarnya smartphone terbagi atas beberapa kategori. Di antaranya ada smartphone entry level (low end), smartphone middle class (mainstream), smartphone high end (flagship), smartphone premium, dan smartphone gaming.

Supaya kamu tidak salah beli sesuai dengan kebutuhan, berikut GoodSide rangkum ragam jenis smarphone.

1. Smartphone Entry Level (Low End)

Ilustrasi smartphone low end | Foto: Giztop

Pertama ada smartphone low end yang merupakan generasi awal dengan menggunakan sistem operasi, seperti Symbian OS, BB OS, Windows Mobile, WebOS, Bada, Tizen OZ, dan iOS. Adapun smartphone jenis ini antara lainNokia E63, Iphone 3G, Blackberry Gemini, Samsung Omnia, dan sebagainya.

Di era sekarang, smartphone budget sudah terdominasi oleh sistem operasi Android dan iOS. Misalnya Samsung J Series, Xiaomi redmi 2, Oppo A15, Vivo Y20, Realme C17, dan sejenisnya.

Baca juga: Kenali Deretan Komunitas Fotografi Berbasis Ponsel 

Ciri umum dari smartphone low end ialah layar berukuran 5 inci ke bawah, RAM 512 MB sampai 2GB, baterai 1500 sampai 3000 mAh, internal kurang dari 32 GB, processor Dual-Core atau Quad-Core, serta rentang harga kurang dari 2 juta.

2. Smartphone Middle Class (Mainstream)

Ilustrasi smartphone mainstream | Foto: Indianaexpress

Selanjutnya ada smartphone mainstream, yaitu kelas pertengahan antara kelas low end dengan high end. Smartphone mainstream banyak jadi favorit karena menawarkan fitur yang hampir sama dengan flagship, tetapi dengan harga yang terjangkau.

Ciri umum smartphone mainstream ialah layar 5-7 inci dengan teknologi IPS, Oled Amoled dengan refresh rate 60 – 120 Hz yang lengkap dengan pelindung layar bawaan. Ada juga RAM 4GB sampai 8GB, baterai 2500 sampai 7000 mAh, internal 32 GB sampai 128 GB.

Selain itu, processor-nya Quad-Score hingga Octa Core dengan rentang harga berkisar 2 sampai 5 juta (menengah ke bawah) dan 5 sampai 10 juta (menengah atas).

Baca juga: Ketagihan Scrolling Media Sosial? Waspada Doomscrolling!

3. Smartphone High End (Flagship)

Ilustrasi smartphone flagship | Foto: Fonpit

Ketiga ada smartphone flagship, produk unggulan yang hadir dari pabrikan smartphone. Smartphone flagship menjadi identitas dan tolok ukur di zamannya yang biasanya akan terus berkembang dan rilis setiap satu tahun sekali.

Smartphone Flagship berbekal fitur-fitur terbaik dan terkini, seperti teknologi layar terbaik, pengisian daya cepat, koneksi 5G tercepat, desain yang elegan dan futuristic, serta dukungan sistem operasi versi terbaru.

Ciri utama smartphone flagship ialah layar berukuran 5-17 inci dengan resolusi tinggi dan teknologi terbaru, RAM 8 GB ke atas, baterai 3500 sampai 7000 mAh, internal 64 GB–1 TB, memiliki sensor kamera premium, processor Octa Core ke atas, serta harga 10 juta ke atas.

Adapun merek smartphone tipe ini antara lain Samsung S Series, Iphone Pro Series, Xiaomi Mi Series, Oppo Find Series, dan sejenisnya.

Baca juga: Taklukkan Media Sosial untuk Kamu Social Butterfly

4. Smartphone Premium

Ilustrasi smartphone premium | Foto: Samsung

Sesuai dengan namanya, smartphone premium merupakan high end yang memiliki fitur tambahan terbaik, lebih spesifik, dan menonjol. Biasanya, smartphone premium terjual dengan jumlah yang terbatas.

Baru-baru ini, Samsung baru saja mengeluarkan Samsung Galaxy Z Fold dan Flip yang menawarkan layar lipat ruang luas atau Iphone yang dulu sempat custom grafir emas. Smartphone premium menawarkan eksklusivitas dengan harga di atas flagship, kisaran 15 juta hingga puluhan juta.

5. Smartphone Gaming

Ilustrasi smartphone gaming | Foto: Poco Indonesia

Terakhir ada smartphone yang menjadi incaran para gamers, yakni smartphone gaming. Smartphone kategori ini terancang khusus untuk menghasilkan performa tinggi saat bermain game.

Adapun ciri umum smartphone gaming di antaranya menggunakan chipset seri tertinggi, ukuran layar di atas 6 inci, RAM di atas 8 GB, teknologi audio yang canggih, ukuran baterai di atas 4500 mAh, dan memiliki software pendukung khusus gaming.

Smartphone gaming tidak memiliki harga khusus. Umumnya, harga smartphone gaming bisa masuk ke kategori low end dan flagship. Misalnya saja Asus ROG Phone, Xiaomi Black Shark, Razer Phone, Poco X3 Pro, dan sejenisnya.

Itulah 5 jenis smartphone beserta spesifikasinya yang perlu Goodmates ketahui. Ketika kamu ingin beli smartphone baru, sekarang tidak perlu bingung lagi karena sudah tahu perbedaan dan keunggulannya.

Referensi: Tek.id| Info Komputer | Septian Web