Ragam Keunikan Soto dari Berbagai Daerah di Nusantara
Ilustrasi Soto│@dapurmamarania/Instagram

Wilayah Nusantara memiliki banyak jenis kuliner tradisional di setiap daerahnya. Hal ini dikarenakan setiap daerah memiliki selera, pembuatan, asal-usul, hingga kecocokkan yang berbeda-beda. 

Satu jenis olahan kuliner yang dapat ditemui di berbagai daerah dengan keunikannya masing-masing adalah soto. Iya, olahan soto bisa ditemui di berbagai daerah dengan keunikan yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

Olahan yang berisikan kuah kaldu dan berbagai macam campuran topping ini pasti sudah asing bagi kita, bahkan bisa jadi soto adalah salah satu makanan favoritmu. Nah, disini kita akan membahas keunikan-keunikan soto, dari seluruh daerah Indonesia. Simak terus, ya!

Mencerminkan Ciri Khas Suatu Daerah

Penyebutan soto memiliki keunikan tersendiri di setiap daerah. Mulai dari Soto, Coto, hingga Sauto. Perbedaan penyebutan soto ini dipengaruhi oleh adat dan bahasa di setiap daerah yang berbeda-beda.

Selain dari penyebutannya, soto dari setiap daerah juga identik dengan nama daerahnya yang ada di belakang. Seperti Soto Lamongan yang terkenal dari Lamongan, Soto Betawi dari Jakarta, dan Coto Makassar dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dengan mencicipi soto khas dari suatu daerah, kamu juga akan merasakan cita rasa yang khas dari daerah tersebut, loh! Misalnya Soto Padang yang asin dan pedas karena orang Padang suka kuliner pedas, dan Soto Lenthok khas Yogyakarta yang gurih, mencerminkan kuliner khas Yogyakarta yang didominasi dengan cita rasa yang gurih.

Komposisi yang Unik

Soto Betawi│@ailiehoalie74/Instagram

Hal utama yang membedakan setiap soto dari berbagai daerah adalah komposisinya yang unik. Seperti halnya cita rasa Soto Kudus akan berbeda dengan Soto Madura karena komposisi yang digunakan berbeda.

Pada umumnya, komposisi utama dalam sebuah soto adalah bawang putih, bawang merah, merica, dan jahe. Namun, jika kamu ingin mencicipi Soto dengan bumbu yang kaya, kamu bisa mencicipi Soto Padang.

Dilansir dari Kompas, Soto padang adalah jenis Soto dengan ragam bumbu paling banyak, yakni menggunakan sebanyak 16 jenis bumbu. Di bawahnya diikuti oleh Soto Magetan yang menggunakan sebanyak 15 jenis bumbu. 

Jika Kamu ingin mencoba soto yang tidak biasa, kamu bisa mencoba Soto Betawi. Soto Betawi memiliki perpaduan antara susu dan kaldu daging, sehingga menciptakan sebuah rasa yang gurih dan creamy. Keunikan ini menjadikan Soto Betawi sangat unik dan khas.

Berbeda lagi dengan Soto Tauco Pekalongan. Komposisi bahannya memiliki paduan yang lebih unik dengan bumbu tauco, atau sambal goreng. Lebih dari itu, Soto Lenthok memiliki semacam perkedel singkong yang dimakan bersama kuah kaldu yang super gurih. 

Topping Berbeda-beda

Coto Makassar│@kendari.food/Instagram

Umumnya, kuliner Soto di tiap daerah dapat kita bedakan dengan penggunaan topingnya. Kamu yang ingin merasakan Soto dengan topping daging sapi, cobalah untuk mencicipi Soto Madura, Coto Makassar, dan Soto Medan. Sementara untuk Soto dengan topping daging ayam, kamu bisa memilih Soto Lamongan, Soto Kudus, dan Soto Lenthok. 

Nah, itu dia beberapa hal menarik dari sebuah olahan soto. Ternyata ada banyak ragam soto yang ada di Indonesia, ya. Kalo kamu sendiri suka soto apa?

Referensi: BrilioIDN TimesKompas