Ragam Manfaat Bernyanyi Bagi Kesehatan, Sudah Pernah Dengar?
ilustrasi seseorang yang sedang menyanyi. | Sumber: Natalia Bulan R P/Tribunnews

Apakah Kawan juga suka bernyanyi saat sedang beraktivitas di kamar mandi? Atau mungkin bagian dari tim kalau berkendara wajib memutar playlist favorit?

Kawan mungkin masih ingat euforia ketika berhasil menyanyikan nada tinggi dari lagu favorit Kawan. Perasaan lepas, santai dan gembira yang menggebu-gebu. Untuk sejenak, Kawan merasa lupa akan masalah yang sedang dihadapi.

Faktanya menyanyi dapat memberikan banyak manfaat, baik bagi kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Bernyanyi tidak hanya boleh dilakukan oleh orang dengan suara yang bagus saja, lo. Simak manfaat bernyanyi bagi kesehatan berikut ini,

Ingin meningkatkan mood? Bernyanyi saja

Bernyanyi dapat meningkatkan mood. | Sumber: detikinet

Berdasarkan penelitian yang dikutip dari Very Well Mind, musik dan bernyanyi dapat membantu mengatasi kecemasan dan kesedihan. Lisa Townsend, MT-BC, seorang terapis musik, menjelaskan bahwa bernyanyi dapat mendorong pelepasan hormon endorfin dan dopamin.

Mengutip penjelasan oleh Everyday Health, endorfin merupakan senyawa kimia yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan positif. Nah, sedangkan dopamin yang berperan untuk menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh.

Kalau Kawan bad mood dan butuh moodbooster, langsung putar lagu kesukaan saja, yuk!

Menghilangkan stres dengan bernyanyi, memangnya bisa?

Bernyanyi dapat membuat orang lebih santai. | Sumber: Lingkar Kediri/Youtube Boy William
Bernyanyi dapat membuat orang lebih santai. | Sumber: Lingkar Kediri/Youtube Boy William

Ternyata stress dapat dihilangkan dengan bernyanyi, lo, Kawan. Sebuah penelitian di tahun 2017, dikutip dari Health Line, menemukan bahwa jumlah kortisol yaitu hormon stres menjadi lebih rendah pada seseorang yang telah bernyanyi.

Ini menunjukan bernyanyi membuat orang merasa lebih santai. Dengan catatan, bernyanyinya tidak pada tempat yang membuat Kawan cemas, ya.

Bernyanyi bermanfaat tingkatkan imun tubuh

Selain berolahraga, bernyanyi juga dapat meningkatkan imun tubuh. | Sumber: Andrey Gromico/tirto.id
Selain berolahraga, bernyanyi juga dapat meningkatkan imun tubuh. | Sumber: Andrey Gromico/tirto.id

Menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi salah satu hal yang penting sejak pandemi. Nah, selain dengan berolahraga dan mengonsumsi asupan yang bergizi, kegiatan bernyanyi ternyata juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hasil sebuah penelitian yang dikutip dari Health Line menunjukan efek bernyanyi dapat meningkatkan imunoglobulin A menjadi lebih tinggi, imunoglobulin A merupakan antibodi yang dikeluarkan tubuh kita untuk membantu menangkal infeksi.

Wah, seru banget ya Kawan! Tapi, jangan hanya bernyanyi saja ya, jangan lupa untuk tetap menerapkan hidup sehat seperti istirahat yang cukup, rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Punya kebiasaan mendengkur? Mungkin bernyanyi dapat jadi salah satu solusinya

ilustrasi orang yang sedang tidur. | Sumber: Tirachardz/Freepik
Ilustrasi orang yang sedang tidur. | Sumber: Tirachardz/Freepik

Siapa, nih, Kawan yang memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur? Coba deh untuk bernyanyi secara teratur.

Bernyanyi merupakan kegiatan yang melibatkan sistem pernapasan. Dilansir dari Health Line, penelitian menunjukan teknik pernapasan yang digunakan saat bernyanyi dapat memberikan manfaat bagi seseorang dengan kondisi pernapasan tertentu misalnya, asma. 

Penelitian yang lain juga menunjukan bernyanyi dengan teratur berpotensi mengobati kebiasaan mendengkur. Sebab, bernyanyi mampu melatih kekuatan otot pernapasan dan meningkatkan jumlah oksigen di dalam darah Kawan.

Suka bernyanyi saat berkendara? Ternyata ini manfaatnya

Ilustrasi bernyanyi saat sedang berkendara. Bernyanyi saat berkendara ternyata memiliki manfaat. | Sumber: Kuyou/YouTube Boy William
Ilustrasi bernyanyi saat sedang berkendara. Bernyanyi saat berkendara ternyata memiliki manfaat. | Sumber: Kuyou/YouTube Boy William

Berkendara pada sebuah jalan tol yang panjang atau berada di tengah kemacetan mungkin bukan sesuatu yang menyenangkan. Pengemudi dapat merasa jenuh atau mengantuk, di mana ini berbahaya sebab emosi menjadi tidak stabil dan dapat memecah konsentrasi saat berkendara.

Bernyanyi saat berkendara dapat menjadi salah satu pilihan Kawan. Dilansir dari Huffpost, Connie Omari, seorang konselor profesional, ia menjelaskan dengan mendengarkan musik, pengemudi dapat menghindari pikiran negatif dan menyalurkan lebih banyak energi positif melalui rima dan nada musik.

Meski begitu, tetap patuhi peraturan lalu lintas ya Kawan!  Berkendaralah dengan bijak. Jangan sampai memasang musik dengan volume terlalu kencang dan asik bernyanyi hingga melanggar peraturan lalu lintas.

Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Menyenangkan bukan dapat menjaga kesehatan dengan aktivitas yang seru dan mudah dilakukan?

Referensi: Health Line | Very Well Mind | Everyday Health | Huffpost