Rahasia Dibalik Banyaknya Ahli IT Dari India
Ilustrasi│Pexels/Pixabay

Apakah Kawan tahu, ternyata banyak sekali ahli IT yang berasal dari India? Biasanya, di film Hollywood atau series Netflix sering memperlihatkan ahli IT yang seorang warga India. Kenyataannya, memang banyak ahli teknologi asal India yang bekerja di perusahaan-perusahaan teknologi top loh! Kira-kira, mengapa bisa banyak sekali ahli teknologi dari India?

Perusahaan Teknologi Dunia Dikuasai Orang India

Ilustrasi Google│Firmbee/Pixabay

 

Banyak diantara perusahaan-perusahaan teknologi top dunia, yang ternyata kini CEO-nya adalah orang India. Sebut saja CEO Google Sundar Pichai, CEO Microsoft Satya Nadella, dan Arvind Krishna CEO IBM. Tiga orang tersebut sudah cukup untuk menunjukkan betapa superiornya orang India dalam bidang teknologi, meskipun sebenarnya masih banyak orang India lain yang menjadi CEO perusahaan teknologi besar.

Tidak hanya itu, banyak perusahaan teknologi dunia yang juga mempekerjakan orang India dalam bidang teknologi. Banyak orang India yang mengisi posisi ahli IT di perusahaan besar, seperti menjadi programmer dan developer. Kompetensi orang India dalam bidang teknologi sudah diakui banyak perusahaan dunia, bahkan bisa dibilang India adalah gudangnya ahli IT dunia.

Banyak Orang India yang Menguasai Bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris memanglah menjadi salah satu nilai plus di masa modern ini, dan banyak Orang India yang menguasainya. India adalah negara dengan paling banyak penutur bahasa Inggris kedua setelah Amerika Serikat, lebih dari seratus juta orang di India dapat menguasai bahasa Inggris.

Dengan menguasai bahasa Inggris, orang India sangat terbuka dengan perkembangan informasi dunia yang menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu, mereka bisa dengan mudah mempelajari banyak hal baru. Selain itu, penguasaan bahasa Inggris juga memberikan kemudahan bagi mereka untuk berkarir di perusahaan internasional.

Terbuka dengan Perkembangan Dunia

Ilustrasi│Innovalabs/Pixabay

 

India adalah negara dengan populasi terpadat kedua di dunia, dengan jumlah penduduk lebih dari 1 miliar manusia. Kepadatan penduduk ini mendorong orang India untuk terbuka dengan perkembangan dunia. Mereka sadar, jika mereka tidak terbuka dengan perkembangan dunia, mereka akan tertinggal dan tidak bisa bersaing dengan milyaran orang lainnya di India.

Orang India juga dikenal sebagai orang yang memiliki semangat tinggi dan pekerja keras. Yang menjadi pembeda mereka dengan negara-negara lain dalam hal karir adalah, orang India banyak yang berambisi untuk berkarir di Amerika, tidak seperti orang Korea dan Jepang yang kebanyakan memilih untuk berkarir di negara sendiri.

Sistem Pendidikan India yang Unik

Pendidikan di India telah menekankan pendidikan matematika sejak dini. Di Indonesia, kita akan mempelajari pelajaran aljabar di SMP, tapi tidak di India. Di India, para murid telah mempelajari materi aljabar sejak kelas 6 pendidikan dasar.

Pemerintah India memang ingin mengembangkan sumber daya manusia yang mahir di bidang teknologi sejak dini. Selain itu, banyak dari mereka yang juga mendapat dukungan dari keluarga untuk menjadi ahli IT. Karena itulah banyak orang India yang mengambil pendidikan tinggi di bidang teknologi.

Dorongan dari Lingkungan

Ilustrasi│Elchinator/Pixabay

 

Selain dorongan dari keluarga seperti yang disebutkan sebelumnya, faktor lain yang membuat orang India berlomba-lomba menjadi ahli IT adalah karena dorongan dari lingkungan sosial. Di India, orang yang memiliki kompetensi tinggi di bidang STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics), akan sangat dihargai oleh masyarakat. Hal inilah yang juga menjadi dorongan orang India untuk belajar setinggi-tingginya dalam bidang saintek.

Gimana nih Kawan, tertarik ingin menguasai industri teknologi seperti orang India? Tidak ada salahnya bag kita untuk berkaca dari semangat belajar orang India loh! Sangat mungkin jika di masa depan, Indonesia bisa menjadi kiblat perkembangan teknologi jika meniru semangat belajar orang India.

Referensi : MediumWartakanLiputan6Maxmanroe