7 Referensi Wajib Mahasiswa Ekonomi yang Wajib Kamu Ketahui
Ilustrasi Pembahasan Teori Ekonomi | Foto: Unplash

#FutureSkillsGNFI

Jurusan ilmu ekonomi merupakan salah satu jurusan yang tinggi peminat. Beberapa universitas bergengsi di Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Airlangga (UNAIR) menawarkan program studi dalam bidang ekonomi dengan akreditasi yang sangat baik. Kamu juga bisa memilih untuk kuliah di luar negeri, dengan pilihan universitas yang lebih luas untukmu.

Karena kualitas dan tingginya peminat tadi, seringkali jurusan ekonomi masuk dalam deretan jurusan tersulit dalam bidang sosial humaniora. Tidak hanya berisi akan teori ekonomi yang perlu dihafal dan dipahami, banyak sekali konsep ekonomi yang membutuhkan kemampuan matematis, seperti akuntansi, ekonometrika, dan lainnya. Sehingga, mahasiswa perlu untuk mengetahui referensi yang menjadi pegangan dasar ketika kuliah, agar bisa memahami dengan lebih mudah pelajaran yang diterima saat kuliah nanti

Untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk masuk jurusan ekonomi atau sudah diterima sebagai mahasiswa ekonomi, kamu bisa menambah bekalmu ketika kuliah dengan beberapa referensi ini yang terdiri dari buku dan channel Youtube ini ya, Goodmates. 

  • Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi & Makroekonomi) (2019) oleh Pratama Rahardja dan Mandala Manurung

Buku ini merupakan salah satu buku tekstual yang cukup lengkap, karena membahas berbagai teori dalam ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam satu buku. Terdapat berbagai pilihan buku pengantar ekonomi dari penulis Indonesia maupun asing. Namun, buku ini menjadi pilihan penulis karena ulasannya yang cukup lengkap, singkat namun padat, dan bahasa yang mudah dipahami dalam edisi buku ini yang terbaru.

  • Freakonomics (2005) oleh Stephen J. Dubner dan Steven Levitt

Freakonomics adalah buku yang ditulis oleh ekonom yang cukup fenomenal, karena buku ini mengulas berbagai fenomena sehari-hari, seperti investasi hingga parenting, lho! Buku ini menunjukkan bahwa setiap kejadian dalam hidup berawal dari keinginan manusia untuk mendapatkan insentif (kebutuhan). Buku ini menjadi pilihan yang tepat jika Goodmates menginginkan bacaan ringan sebagai selingan buku tekstual ekonomi yang sangat tebal.

  • Rich Dad, Poor Dad (1997) Oleh Robert T. Kiyosaki

Rich Dad, Poor Dad merupakan buku yang dapat mengawali perjalananmu mempelajari bisnis. Tidak dipungkiri, sekalipun tidak membangun usaha, mahasiswa ekonomi perlu mempelajari bisnis untuk memahami fenomena mikro yang ada di sekitar kita. Buku ini membahas bagaimana pengaruh didikan orang tua yang kaya dan miskin menyebabkan tumbuhnya pemikiran yang cukup berbeda dalam investasi, juga dilengkapi cara mengatasi berbagai kekeliruan dalam investasi dan bisnis.

  • New Economic Thinking

Channel Youtube yang dicetuskan oleh Andrei Polgar ini menyediakan konten-konten yang berkaitan dengan ilmu ekonomi dikemas dalam video singkat dan podcast dengan narasumber yang mumpuni. Sehingga, channel ini cocok untuk mahasiswa baru atau siswa SMA yang ingin referensi yang ringan namun sarat akan teori ekonomi. Sebagian besar topik yang diangkat berkaitan dengan ilmu ekonomi secara umum, seperti permintaan dan penawaran, serta berbagai isu dalam bidang ekonomi.

  • One Minute Economics

Kamu ingin referensi yang singkat dan punya tampilan menarik? One Minute Economics menjadi salah satu channel yang menawarkan hal tersebut, dengan video animasi berdurasi singkat yang membahas teori ekonomi secara menyenangkan. Ada beragam topik dalam channel ini, seperti ekonomi mikro, perdagangan internasional, investasi, hingga isu-isu lain yang dikemas dalam video berdurasi 1-2 menit saja.

  • Marginal Revolution University

Marginal Revolution University adalah salah satu channel edukasi ekonomi yang cukup lengkap, karena channel ini menyajikan teori ekonomi hingga prospek pekerjaan seorang lulusan ekonomi. Tak jarang, channel ini mengundang narasumber yang kompeten. Sehingga, channel ini adalah referensi yang baik, terlebih jika kamu adalah orang yang suka belajar melalui video.

  • Ngomongin Uang

Jika beberapa referensi di atas merupakan channel berbahasa inggris, maka Ngomongin Uang adalah pilihan sumber belajar berbahasa indonesia yang pas untuk kamu. Ngomongin Uang menyediakan video-video tentang teori ekonomi dan berbagai isu faktual yang dihubungkan dengan teori ekonomi. Ngomongin Uang juga menampilkan animasi-animasi menarik yang membuat belajarmu semakin menyenangkan.

Dengan belajar sejak awal melalui referensi-referensi di atas, dijamin kamu bisa survive di semester awal hingga seterusnya, deh. Jangan lupa untuk memperkaya pengetahuanmu dengan mengikuti kegiatan di luar perkuliahan, seperti lomba, penelitian, atau organisasi. Kegiatan tersebut dapat membantu kamu mengaplikasikan teori-teori yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari dan menambah berbagai perspektif baru.

Semoga bermanfaat ya, Goodmates!

Referensi: Dipidiff | Oxford-Royale | Inomics | Savay