Rekan Kerja Bad Mood? Jangan Ikutan, dan Lakukan Hal Ini!
Ilustrasi Rekan Kerja Badmood | Foto: Pexels.com/Klaus Nielsen

Menjalani aktivitas sehari-hari tentu tidak luput dari rutinitas kerja yang bisa menimbulkan rasa bosan. Baik itu datang dari dalam diri kita, maupun dari rekan kerja kita. Jika rasa bosan dan bad mood muncul pada diri kita, mungkin kita masih bisa mengontrol diri seoptimal mungkin. Namun bagaimana jika rasa bosan dan bad mood muncul pada rekan kerja kita? Tentu akan lebih sulit untuk mengontrol perasaannya. Tapi, kamu tak perlu khawatir Goodmates! Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut untuk bisa menghadapi rekan kerjamu yang lagi bad mood:

  1. Keep Calm dan Tetap Jadi Diri Sendiri
Ilustrasi keep calm
Pexels.com/KeiraBurton

Meskipun rekan kerjamu sedang menghadapi perasaan bad mood, jangan sampai kamu juga ikut terbawa dengan suasana hati teman kamu ya, Goodmates. Memang tidaklah mudah untuk menjadi sosok penyabar dan bijak di antara rekan kerja yang kerap menghadapi bad mood. Namun, jangan sampai kamu terpancing dengan amarah dan emosi. Karena apabila kamu menanggapinya atau memiliki suasana hati yang sama kacaunya, justru hal tersebut malah memperkeruh suasana dan malah sulit untuk menemukan solusinya.

  1. Jangan Sampai Baper!
Ilustrasi jangan sampai baper
Pexels.com/LizaSummer

Seseorang yang sedang menghadapi bad mood memang sangat sensitif dan mudah mengeluarkan amarah. Seperti yang dilansir dalam The Muse bahwa, “…..Again, the reason for her lashing out at you has to do with her, not you, so you don’t need to get defensive about it”. Ya, mereka melakukan hal tersebut dengan respon sensitif karena mereka memiliki alasan lain, bukan karena kamu. Maka, jangan kamu ambil hati atau baper ya! Ambil nafas, masuk kuping kanan dan keluar kuping kiri, atau tinggalkan rekan kerjamu yang sedang bad mood. Ia sedang membutuhkan ruang.

  1. Coba Tanyakan Masalahnya
Ilustrasi coba tanyakan masalahnya
Pexels.com/MikhailNilov

Jika kamu bernyali besar dan tidak ragu untuk menanyakan masalah atau alasan di balik perasaan bad mood rekan kerjamu, silakan tanya langsung pada mereka secara terbuka. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan untuk membantunya dalam mencari solusi yang tepat. Kita mungkin tidak tahu masalah apa yang sedang menimpanya. Lakukan dialog secara terbuka dan tanyakan padanya apakah ada sesuatu yang membuatnya terluka atau frustasi. Jika memang kamu terlibat dalam masalah tersebut yang membuat dirinya bersikap sensitif terhadap kamu, tunjukan padanya bahwa kamu benar-benar peduli. Katakan “maaf” dan cari solusi yang menenangkan hati bersama.

  1. Katakan Pada Rekan Kerja Tentang Perasaanmu
Ilustrasi katakan perasaanmu pada rekan kerja
Pexels.com/LizaSummer

Ketika kamu bisa menerima kondisi rekan kerjamu yang sedang bad mood, kamu juga berhak untuk menanyakan padanya, bagaimana suasana hati kamu ketika menghadapi dirinya di saat sedang bad mood. Kamu bisa mengatakan seberapa besar pengaruhnya terhadap produktivitas kinerjamu. Ketika kamu sudah berhasil menemukan waktu dan mood yang tepat untuk bercerita dengan rekan kerjamu, kamu juga bisa menawarkan solusi dan masukan untuk dirinya. Mungkin saja dengan cara tersebut akan lebih melegakkan dan mengurangi masalahnya.

  1. Beri Ruang Untuknya
Ilustrasi beri ruang untuknya
Pexels.com/MARTPRODUCTION

Ini adalah cara yang paling umum dilakukan dan bisa dikatakan paling mudah diantara lainnya. Ya, karena dengan meninggalkan rekan kerjamu yang sedang badmood, tentu saja kamu tidak akan menyita waktu kerjamu dan tidak membuatnya tersinggung atau sensitif. Lalu, temanmu bisa menikmati waktunya dengan tenang tanpa adanya gangguan apapun yang tidak diinginkan. Percayalah, ketika suasana hati rekan kerjamu merasa lebih baik, ia pasti akan kembali dan mulai mencair seperti sebelumnya.

Nah, untuk Goodmates yang memiliki atau menghadapi situasi yang sama, kamu bisa melakukan beberapa cara tersebut ya. Ingat, tidak semua hal yang sensitif harus dihadapi dengan amarah atau suasana hati yang sensitif juga. Harus ada yang bisa menjadi penenang. Kunci utamanya adalah sabar. Selamat mencoba, Goodmates! Dapatkan ulasan dan info lowongan kerja terbaru di www.swapro.co.id ya!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Di sana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

 

Referensi: Glints | Fimela

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.