Rekomendasi Buku Fiksi Menyoal Relasi
unsplash.com/@thoughtcatalog

#FutureSkillsGNFI

Membaca buku fiksi kerap kali dianggap sebagai kegiatan yang tidak penting dan hanya membuang-buang waktu. Anggapan demikian bisa muncul karena fiksi tidak memuat suatu kajian ilmu pengetahuan yang didukung dengan data-data dan jurnal ilmiah. Akibatnya, kebenaran pengetahuan yang diangkat di dalam buku fiksi diragukan dan dipertanyakan. Namun, apakah membaca buku hanya bermanfaat untuk mendapat suatu pengetahuan ilmiah yang benar saja?

Belajar bisa dilakukan melalui apa saja. Kita bisa belajar lewat sekolah, pengalaman, bahkan dari media sosial. Nah, karena belajar bisa dilakukan di mana saja, kegiatan "mendapat pengetahuan" juga bisa kita dapat dari apa saja, termasuk dari buku fiksi. Hanya saja, jenis pengetahuan yang kita dapatkan tentunya berbeda. Di dalam fiksi, kita mendapatkan suatu pengetahuan yang berasal dari pengalaman atau pandangan subjektif penulis. Sehingga, kita bisa bebas untuk mengikuti atau tidak menyetujuinya. Uniknya, buku fiksi membawa kita masuk ke dalam situasi tertentu yang mungkin saja belum pernah kita alami, lalu membuat kita "merasakan" situasi tersebut dan berakhir memahami kondisi itu. Pemahaman mengenai kondisi itu pun juga sangat beragam dan bebas tergantung intepretasi pembaca. Dengan kata lain, kita belajar beremosi, berempati, dan memaknai melalui fiksi. Nah, berikut ini rekomendasi buku fiksi yang bisa kalian baca untuk lebih "peka" atau bahkan merenungi berbagai kondisi/jenis relasi dengan sesama manusia.

  • Cantik itu Luka
Buku Cantik itu Luka I Foto: Gramedia.com
Buku Cantik itu Luka I Foto: Gramedia.com

Novel ini berkisah mengenai seorang pelacur yang memiliki tiga anak yang cantik serta seorang anak terakhir yang tidak cantik. Mereka semua memiliki hubungan asmara yang bisa dibilang menyedihkan dan rumit. Novel ini mengajak kita menyelami latar belakang dan alur pemikiran tiap tokohnya sehingga kita paham apa yang mendasari tiap tokoh melakukan hal-hal yang mereka perbuat, walau perbuatannya terlampau gila sekalipun.

  • Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Buku Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas I Foto: Gramedia.com

Novel yang baru saja diangkat di layar lebar ini berkisah mengenai asmara Iteung dan Ajo Kawir yang penuh salah paham. Mereka memiliki latar belakang dan trauma masing-masing sehingga memiliki perspektif yang berbeda. Karena saling mencintai, mereka berusaha menangani permasalahan-permasalahan mereka walau kenyataan sering kali tidak sesuai harapan.

  • Lebih Senyap dari Bisikan
Buku Lebih Senyap dari Bisikan I Foto: Gramedia.com

Lebih Senyap dari Bisikan adalah novel bergenre dewasa yang berkisah mengenai bagaimana dua orang mengalami pernikahan, berumah tangga, memiliki anak, dan merawat anak untuk yang pertama kalinya. Kesulitan-kesulitan tak terduga tentunya muncul dan bagaimana mereka beremosi serta menangani masalah-masalah yang hadir sangatlah menarik untuk diikuti. Sebab, alur novel ini mengalir dengan sangat lembut sekaligus mencekamkan.

  • Tempat Paling Liar di Muka Bumi
Buku Tempat Paling Liar di Muka Bumi I Foto: Gramedia.com

Kumpulan puisi yang unik ini seakan mengajak kita membaca surat cinta yang berbalas-balasan dari sepasang kekasih yang sering saling merindukan. Mereka menyatakan perspektif masing-masing mengenai suatu topik serta saling menyatakan cinta dan rindu dengan lantang. Terkesan manis, buku ini dipenuhi pujian dan sukacita pasangan yang saling menyerahkan cinta.

  • Funiculi Funicula
Buku Funiculi Funicula I Foto: Gramedia.com

Funiculi Funicula berkisah mengenai orang-orang yang ingin kembali ke masa lalu dan bertemu dengan orang di sana. Penyesalan terhadap masa lalu dan bagaimana menjalani masa depan dengan pelajaran, pemaknaan, dan rasa syukur menjadi ilham utama novel ini. Novel ini bersifat heartwarming dan lebih membahas relasi dengan keluarga.

Nah, itu dia lima rekomendasi buku fiksi yang membahas relasi. Untuk kamu yang sedang penasaran dengan bagaimana kondisi/jalannya berbagai jenis hubungan antarmanusia, kamu bisa membaca novel-novel di atas. Semoga dapat membantu mendapat pemahaman dan menambah perspektif!

 

Referensi: Buku Cantik itu Luka I Buku Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas I Buku Lebih Senyap dari Bisikan I Buku Tempat Paling Liar di Muka Bumi I Buku Funiculi Funicula