Pusing Belajar? Kanal YouTube Berikut Bisa Bangkitkan Semangat Belajar
Aplikasi YouTube merupakan aplikasi menonton video gratis | Foto: Pexels

Belajar merupakan salah satu kewajiban yang harus kita jalankan selalu. Tentunya, belajar dapat meningkatkan wawasan dan sudut pandang kita mengenai sebuah fenomena.

Dengan belajar, kamu juga akan meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi, meningkatkan ketajaman memori, hingga dapat mengembangkan diri.

Setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing, mulai dari orang yang mudah belajar hanya dengan membaca, sampai mereka para visual yang baru memahami suatu hal jika melihat animasi.

Walaupun kategori gaya belajar ini tidak mutlak semua orang lakukan. Terkadang, orang yang tidak mengikuti gaya belajarnya cenderung akan bosan dan tidak menyerap materi dengan baik.

Berikut ada kanal YouTube yang bisa membantumu para audiovisual ataupun kamu yang ingin mencoba memahami materi dengan lebih variatif dalam mempelajari materi.

1. Kok Bisa?

Kanal YouTube 'Kok Bisa?' | Foto: saltfarmer.github.io

Youtube Kok Bisa merupakan sebuah kanal yang memiliki lebih dari 3 juta pelanggan. Kok Bisa membuat video graphic motion yang menjelaskan mengenai banyak topik yang berkaitan dengan pendidikan.

Kanal ini hadir dengan menyajikan video yang bisa menjelaskan topik yang cukup rumit, seperti luas alam semesta, hingga topik yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Penjelasan yang mudah dengan menggunakan bahasa sehari-hari, Kok Bisa tentu dapat membantu kamu belajar mengenai hal baru.

Baca juga: Simak Tips Traveling Anti Ribet Selama Puasa

2. Ruangguru

Salah satu fitur Ruangguru, 'Ruang Belajar' | Foto: YouTube

Kanal YouTube yang satu ini bisa membantu kamu terutama buat kamu yang duduk di bangku sekolah. Ruangguru menyediakan berbagai video pembelajaran dari berbagai mata pelajaran yang dipelajari di sekolah.

Memiliki subscribers lebih dari 1 juta user, Ruangguru juga menyediakan video edukatif lain seperti video pembelajaran persiapan UTBK hingga video pembelajaran tentang bahasa Inggris umum.

Selain kanal YouTube, Ruangguru juga terkenal sebagai penyedia layanan bimbingan belajar daring untuk berbagai kebutuhan, seperti bimbel persiapan UTBK, bimbel pelajaran sekolah, dan lainnya.

Baca juga: Menjadi Pribadi Lebih Optimis, Kenapa Enggak?

3. Quipper

Logo Quipper | Foto: alanzoned

Serupa dengan Ruangguru, Quipper merupakan layanan bimbingan belajar daring yang bisa kamu akses kapan saja. Kanal YouTube Quipper sudah memiliki 541.000 pelanggan dan ratusan video edukatif.

Konten Quipper juga tidak jauh berbeda dengan kanal edukasi lainnya. Antara lain video mengenai pelajaran, video motivasi, video pengembangan diri, dan video mengenai persiapan perkuliahan hingga persiapan karier.

Di bulan Ramadan ini, Quipper juga mengadakan event khusus. Kanal Quipper mengadakan siaran langsung setiap hari Kamis pada pukul 15.30 WIB. Siaran langsung bertajuk ‘Ngabuburit Bareng Super Teacher’ ini akan membahas mengenai beberapa mata pelajaran yang bisa membantu kamu memahami materi hingga persiapan UTBK.

Baca juga: Mengenal Clean Energy yang Ramah Lingkungan

4. AsapScience

Host 'Asapscience', Gregory Brown (kiri) dan Mitchell Moffit (kanan) | Foto: YouTube

YouTube satu ini cocok buat kamu yang suka mempelajari soal pengetahuan alam. Kanal ini menyajikan video edukatif, khususnya mengenai ilmu pengetahuan alam dengan cara yang kreatif.

Asapscience menyajikan video edukatif mengenai sains yang berpadu dengan sentuhan musik. Contoh video yang ada di kanal YouTube ini adalah The New Periodic Song, Mitosis vs Meiosis Rap Battle, dan masih banyak lagi.

Memiliki lebih dari 10 juta pelanggan, sampat saat ini Asapscience sudah mengunggah 410 video dengan beberapa topik ilmu pengetahuan alam seperti mengenai anatomi tubuh manusia, reaksi kimia, dan lainnya.

4. Hujan Tanda Tanya

Kanal YouTube Hujan Tanda Tanya | Foto: YouTube

Kanal yang satu ini mengunggah video mengenai sains, teknologi, dan kehidupan masyarakat. Selain itu, kanal ini juga membahas mengenai pengembangan diri atau self development.

Penyajian video Hujan Tanda Tanya juga ringan namun tetap edukatif. Kanal ini juga membahas mengenai pertanyaan yang kadang tidak terpikirkan.

Youtube Hujan Tanda Tanya hadir atas inisiasi dari sekelompok anak muda yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia kepada sains dan teknologi. Dengan menonton Youtube ini, kamu bisa belajar lebih mudah dan mengasyikkan.

Referensi: Rencanamu | Sevima