Rekomendasi Makanan Khas Korea yang Sering Muncul dalam Adegan Drama
Adegan sarapan Business Proposal | Foto: Instagram

#FutureSkillsGNFI

Ketika menonton K-Drama seringkali kita menjumpai pemain melakukan adegan makan dan terlihat menggiurkan. Bukan tanpa alasan selain untuk melengkapi jalannya cerita dalam sebuah drama ternyata adegan makan juga memiliki makna untuk mempromosikan makanan khas Korea. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang sering muncul dalam drama dan bisa untuk dicoba K-lovers.

1. Kimchi

Kimchi | Foto : Pinterest

Sebagai penggemar K-Drama tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan Kimchi. Makanan yang berbahan dasar sayur yang difermentasikan ini sering muncul dalam adegan drama. Sang pemain biasanya menjadikan Kimchi sebagai lauk pokok ataupun disantap dengan menu lain. Dalam budaya Korea orang-orang biasa membuat persediaan Kimchi dalam jumlah banyak di saat musim dingin, agar tahan lama mereka biasa menyimpannya di dalam lemari es khusus untuk Kimchi.

Perlu kamu ketahui selain rasanya yang luar biasa ternyata Kimchi memiliki manfaat lho bagi kesehatan. Dilansir dari majalah Health Magazine, disebutkan Kimchi sebagai salah satu dari 5 makanan tersehat di dunia. Kimchi memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori, selain itu adanya bakteri Lactobacillus kimchi membuat Kimchi baik untuk proses pencernaan.

2. Tteokbokki

Tteokbokki | Foto : Pinterest

Makanan berbahan dasar tepung beras yang dibumbui saos gochujang ini sudah cukup familiar di Indonesia. Bahkan beberapa restoran juga sudah mengadaptasi makanan Korea tersebut agar sesuai dengan selera orang Indonesia. Dalam adegan K-Drama biasanya pemain membeli Tteokbokki yang dijual di pinggirin jalan. Selain karena mudah dijumpai alasan lain pemain membeli Tteokbooki di pinggir jalan untuk membangkitkan suasana dalam cerita.

Perlu kamu tahu, meskipun Tteokbokki yang sering muncul di setiap drama itu-itu saja namun pada kenyataannya ada beberapa jenis dari Tteokbokki. Berikut beberapa rekomendasi Tteokbokki yang bisa kamu coba : haemul tteokbokki, gungjung tteokbokki, tteokbokki keju, tteok kkochi, dan sejenisnya.

3. Miyeok-guk

Miyeok-guk | Foto : Pinterest

Miyeok-guk atau yang sering akrab disapa sup rumput laut merupakan hidangan wajib negeri ginseng disaat berulang tahun. Tradisi memakan sup rumput laut saat ulang tahun kerap kita jumpai dalam beberapa adegan drama, salah satunya dalam drama The Girl Who Sees Smells. Konon katanya membuat Miyeok-guk merupakan bentuk ungkapan rasa hormat terhadap sang ibu karena sudah berjuang dalam mengandung dan melahirkan anaknya. Miyeok-guk tidak harus dibuat oleh sang ibu tetapi bisa juga dibuat teman, kekasih, nenek maupun orang lain.

Bahan pembuatan dari Miyeok-guk sendiri cukup sederhana sehingga kamu bisa mencobanya di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan Miyeok (rumput laut coklat), kaldu tulang sapi, kecap, bawang putih, dan garam. Nikmati Miyeok-guk selagi masih hangat.

4. Kimbap

Kimbap | Foto : Pinterest

Rekomendasi makanan khas Korea selanjutnya yaitu Kimbap, Kimbap adalah makanan Korea yang terbuat dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Dalam adegan drama Kimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau aktivitas out-door karena sederhana dan enak. Kamu pasti sudah tahu bentuk dari Kimbap mirip dengan sushi, karena hal tersebut dikatakan bahwa makanan ini memang diadaptasi dari sushi Jepang. Namun kenyataannya Kimbap merupakan makanan rakyat Korea murah yang terbuat dari bahan sederhana. Bahkan hal tersebut juga dijelaskan dalam buku Dongguk Sesigi yang ditulis pada zaman Dinasti Joseon.

Di tengah-tengah variasi baru kimbap yang saat ini bermunculan, terdapat Kimbap yang dianggap paling asli di Korea yaitu Chungmu kimbap yang berasal dari daerah Chungmu pesisir selatan Semenanjung Korea. Chungmu kimbap hanya memiliki isian berupa nasi gulung rumput laut yang disajikan dengan kimchi dan cumi-cumi.

#FutureskillsGNFI

Referensi : Wikipedia | Tribunnews