Mencoba 3 Resep Masakan Lebaran Khas Indonesia
Ilustrasi masakan khas lebaran | Foto: Shutterstock/Ismed photography SS/Fimela

Lebaran sebentar lagi~ tak terasa ya Goodmates saat ini kita sudah berada di penghujung bulan suci Ramadan. Setelah menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 30 hari lamanya, menurut ajaran agama Islam setelahnya umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri atau yang juga akrab dikenal dengan momen lebaran.

Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu momen yang spesial bagi kebanyakan orang. Pada momen inilah para sanak saudara dan kerabat saling mengunjungi satu sama lain dan berkumpul. Biasanya terdapat beberapa tradisi, seperti tradisi saling meminta maaf, bagi-bagi THR, hingga hidangan yang disajikan saat hari lebaran juga spesial, lo!

Umumnya setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas hidangan lebaran masing-masing. Namun, biasanya kebanyakan masyarakat Indonesia menyediakan tiga hidangan berikut ini. Berikut resepnya.

Opor Ayam

ilustrasi opor ayam, makanan khas lebaran | Foto: SHUTTERSTOCK/AMALLIA EKA/Kompas.com
ilustrasi opor ayam, makanan khas lebaran | Foto: SHUTTERSTOCK/AMALLIA EKA/Kompas.com

 

 

Ya, masakan satu ini dapat dibilang cukup identik dengan hari lebaran. Kuah berwarna krem kekuningannya yang khas dengan aromanya yang mengunggah selera memang cocok disajikan saat Hari Raya Idul Fitri. Rasanya yang lezat sangat cocok untuk dipadupadankan dengan menu lebaran lainnya. Apalagi jika disantap masih dalam keadaan hangat dan diberikan taburan bawang goreng sebagai pelengkapnya.

 

Untuk membuat opor ayam beberapa bahan yang perlu kamu persiapkan di antaranya 1 ekor ayam yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih. Kemudian, 3 sendok makan minyak untuk menumis, sediakan 500 ml air, 1 liter santan sedang, 3 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, 2 batang serai yang dimemarkan dan 1 ruas jari lengkuas yang dimemarkan, setengah sendok teh gula pasir dan 1 sendok teh kaldu bubuk instan rasa ayam.

Baca juga:

Sedangkan untuk bumbu halusnya siapkan 10 butir bawang merah, 8 siung bawang putih, 1 sendok makan merica, 1 sendok makan ketumbar, 2/4 sendok teh jintan, 2/4 biji pala, 1 ibu jari jahe, 1 ibu jari kunyit, 50 gram kemiri dan garam secukupnya.

 

Pertama-tama, tumis bumbu halus dengan daun salam, daun jeruk, seri dan lengkuas hingga harum. Kemudian, masukkan ayam dan aduk hingga berubah warna. Lalu tuang air dan masukkan asam jawa, gula pasir serta kaldu bubuk. Aduk kembali dan masak dengan api sedang hingga ayam lunak dan air menyusut.

 

Tambahkan santan lalu masak hingga matang dan bumbu telah meresap. Angkat kemudian taburkan bawang goreng. Opor ayam siap disajikan!

 

Rendang

ilustrasi rendang, masakan khas lebaran | Foto: Shutterstock/Zulaika Sukma/Fimela
ilustrasi rendang, masakan khas lebaran | Foto: Shutterstock/Zulaika Sukma/Fimela

 

Siapa yang tak kenal dengan hidangan satu ini? Rendang merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia yang kaya akan cita rasanya. Bukan tanpa sebab, pasalnya rempah-rempah yang dijadikan bumbu untuk memasak rendang memang memberikan cita rasa dan aroma yang begitu menggiurkan untuk segera disantap.

 

Untuk membuat rendang, kamu perlu menyiapkan daging tanpa lemak sebanyak 2 kg dan dipotong dadu serta santan sebanyak 3 liter. Sedangkan, untuk bumbu halusnya siapkan lengkuas 5 cm, kunyit 4 cm yang dibakar, jahe 3 cm yang dibakar, cabe merah besar 150 gram, cabe merah keriting 100 gram, bawang putih 10 siung, kemiri 7 butir, ketumbar 1 sendok makan yang disangrai, jinten 1 sendok teh yang disangrai, 1 sendok teh pala dan 3 sendok teh garam halus.

Baca juga:

Untuk bumbu yang tidak dihaluskan adalah daun kunyit 3 lembar yang disimpul, daun jeruk purut 4 lembar, daun salam 2 lembar, daun serai 4 batang yang dimemarkan, asam kandis 3 cm dan 20 butir bawang merah yang diiris tipis.

 

Cara membuatnya, tuangkan santan ke dalam wajan, masukkan daun kunyit, daun jeruk, daun salam, serai, asam, irisan bawang merah serta bumbu yang telah dihaluskan. Masak santan yang telah dibumbui, sesekali aduk.

 

Masukkan potongan daging lalu aduk merata. Masak dengan api sedang hingga santan mengering dan berminyak. Jika sudah, angkat dan rendang siap untuk dihidangkan.

Sambal Goreng Kentang Ati

ilustrasi sambal goreng kentang ati, masakan khas lebaran | Foto: Ist/Net/Harapanrakyat.com
ilustrasi sambal goreng kentang ati, masakan khas lebaran | Foto: Ist/Net/Harapanrakyat.com

 

 

Nah, menu yang satu ini tak kalah cocok untuk dipadukan bersama kedua hidangan sebelumnya. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah 250 gram kentang yang dipotong dadu dan digoreng, 7 buah ati ampela yang dipotong dadu dan digoreng. 4 buah cabe merah yang dibersihkan bijinya kemudian diiris tipis, 3 buah bawang merah yang diiris tipis, 2 siung bawang putih yang diiris tipis dan 2 lembar daun salam.

 

Lalu siapkan 1 ruas lengkuas yang dimemarkan, setengah buah kelapa yang diambil santannya, garam secukupnya, gula pasir secukupnya dan gula merah secukupnya yang diiris tipis. Sedangkan, untuk bumbu halusnya siakan 15 buah cabe merah keriting, 6 buah bawang merah, 3 siung bawah putih dan 1 sendok teh terasi bajar.

Untuk membuatnya pertama-tama panaskan minyak goreng secukupnya dan tumis bawang putih, bawang merah, lengkuas dan daun salam. Aduk hingga layu dan wangi. Masukkan bumbu halus dan cabe merah kemudian aduk merata. Selanjutnya, tuangkan santan dan aduk secara perlahan agar tidak pecah.

Masukkan kentang dan ati ampela lalu aduk hingga merata dengan bumbunya. Tambahan gula merah, gula pasir dan garam secukupnya. Cek rasa dan aduk merata hingga bumbu meresap. Jika dirasa sudah pas, sambal goreng kentang ati siap untuk dihidangkan.

Referensi: Kompas.com | Kompas TV | IDN Times