Resolusi Baru, Jangan Lupa Perbanyak Minum Air!
Segelas Air © Unsplash/Engin Akyurt

Menyambut tahun yang baru, pastinya semua orang sudah menyiapkan resolusi yang harus diwujudkan selama setahun ke depan. Di antara banyaknya cita-cita yang kamu inginkan, apakah rutinitas sehat telah kamu masukkan ke dalamnya?

Menjalani gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, dari tingkat yang mudah untuk dilakukan ke tingkat yang lebih sulit. Salah satu cara yang mudah adalah mengonsumsi air putih setiap hari.

Mungkin bagi sebagian orang, minum air bukanlah sebuah kebiasaan sehingga sulit bagi mereka untuk mengubah rutinitas yang biasa dijalani. Namun, kandungan dan manfaat air putih itu sendiri sangat banyak dan baik bagi tubuh.

Dikutip dari Harvard, manfaat rutin mengkonsumsi air ada banyak. Dengan air, nutrisi dan oksigen dapat ‘terangkut’ dalam penyebarannya ke sel-sel di dalam tubuh. Air juga dapat membilas bakteri dari kandung kemih tubuh, yang membantu pencernaan dan mencegah sembelit.

Apabila seseorang tengah mengalami tekanan darah atau detak jantung yang tinggi maupun rendah. Air dapat menstabilkan hal-hal tersebut karena peran air yang merupakan pengatur suhu tubuh pula.

Terjaga dari dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh juga dapat meningkatkan performa tubuh kita. Ketika beraktivitas, olahraga misalnya, tubuh manusia yang terdiri dari 60 persen air akan berkurang dari produksi keringat. Untuk itu, jangan lupa untuk mengembalikan cairan tubuh ketika olahraga telah selesai dilakukan. Air juga dapat meningkatkan semangat seseorang kembali.

Pada takaran dan waktu tertentu, air juga dapat membantu memaksimalkan program dietmu. Dilansir dari Healthline dalam penelitian tahun 2013 terhadap 50 perempuan, meminum air setengah jam sebelum makan dapat menjadi solusi efektif.

Hal ini dikarenakan minum air dapat membuat seseorang menjadi lebih kenyang ketika makan sehingga kalori yang didapat dengan porsi makan yang lebih sedikit akan jauh lebih minimal. Lalu, berapa kali sebaiknya seseorang meminum air?

Takaran minum air putih dalam sehari

Hidup Sehat © Unsplash/Galeanu Mihai
Hidup Sehat © Unsplash/Galeanu Mihai

Normalnya satu orang membutuhkan empat sampai enam gelas air setiap harinya. Hal tersebut dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat meminum air seperti tadi yang sudah dijelaskan di atas. Akan tetapi, manusia pada dasarnya membutuhkan cairan yang cukup setiap harinya, yang dapat didapatkan dengan meminum air. 

Bak hutan yang kekeringan karena lama tidak diturunkan hujan, apabila kita kekurangan cairan dalam tubuh, maka tubuh kita akan mengalami kekeringan. Kondisi ini dinamakan dehidrasi.

Tanda-tanda seseorang mengalami dehidrasi adalah badan yang terasa lemas, tekanan darah rendah, pusing, bingung dan tidak fokus terhadap sesuatu, hingga urin yang berwarna gelap.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi yang meneliti 393 orang menemukan bahwa 40 persen dari responden mengalami pusing atau sakit kepala sebagai dampak dari dehidrasi. Hal ini berhubungan dengan manfaat air yang dapat mengangkut nutrisi ke sel-sel dalam tubuh, termasuk kepala. Hal ini pula yang membuat mengonsumsi air dapat meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak.

Jangan menunggu sampai gejala-gejala dehidrasi datang dan baru banyak minum air. Air adalah cairan yang paling baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan apabila seseorang berusaha menghindari dehidrasi dengan mengonsumsi cairan lain, bisa saja ada efek samping yang berbeda dengan air putih.

Sirup misalnya, kandungan gula yang tinggi di dalamnya akan memberikan efek samping seperti diabetes. Begitu juga dengan minuman-minuman mengandung gula lainnya.

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat berdampak pada manusia baik secara fisik maupun mental. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air dengan takaran yang sudah ditargetkan. Selamat memulai gaya hidup sehat!

Referensi: Harvard | Healthline | WHO