Retro Hingga Colorful, Ini 5 Tren Makeup Paling Populer pada 2021
Peralatan makeup | Unsplash/Element5 Digital

Apakah Kawan merupakan seorang penggemar makeup? Atau mungkin, baru menyukai makeup dan masih belajar dandan? Termasuk dalam kelompok yang mana, tidak masalah selama kita nyaman dan mencintai diri sendiri. Tapi, tak bisa dipungkiri bahwa makeup atau kosmetik merupakan suatu hal yang disenangi hampir setiap perempuan. 

Hampir setiap tahun, ada tren tertentu di bidang kecantikan ini. Mulai dari makeup yang soft and natural ataupun bold or glam makeup, keduanya sama-sama digemari. Nah, sepanjang tahun 2021, ada beberapa tren makeup yang populer dan diprediksi oleh para ahli bisa terus berkembang. Melansir dari Harpers Bazaar, berikut beberapa tren makeup yang populer di 2021.

No-Makeup makeup dengan natural foundation

Ilustrasi Natural Makeup | Foto: Unsplash/GemmaChua

Tahun 2021 ini, banyak perempuan yang sudah menyadari bahwa makeup minimal dengan tekstur kulit natural menjadi suatu tren. Banyak juga pengguna kosmetik yang berusaha keluar dari zona nyaman mereka, lalu mencoba lebih minimalis. 

Foundation yang natural dan tipis menjadi kunci tren ini, sehingga banyak juga perempuan yang tampil lebih percaya diri. Tujuan tren ini salah satunya adalah agar seseorang bisa meningkatkan apa yang sudah dimiliki, daripada menutupi ketidaksempurnaan dengan riasan tebal. Apakah Kawan juga termasuk?

Retro makeup

Foto: Unsplash/Moreno

Tren selanjutnya yang banyak dipakai selama 2021 adalah gaya makeup jaman dahulu atau retro, dengan warna-warna kalem seperti tan, hijau sage, atau baby blues. Ciri khas makeup retro adalah memakai graphic liner, eyeliner putih, atau eyeliner warna baby blue

Tampilan ala jaman dahulu ini umumnya juga menggunakan eye shadow tebal dan dramatis, disertai highlighter pada tulang pipi dan tulang alis. Tren ini menjadi favorit banyak orang karena mengembalikan pesona di tahun 60-an atau 90-an. 

Colorful makeup

Makeup palette | Foto: Unsplash

Masih ragu menemukan warna yang cocok untuk muka? Kawan bisa mengikuti tren makeup penuh warna ini. Warna yang cerah dan terang selama dipadukan dengan baik, dapat memiliki kekuatan untuk mengangkat kepercayaan diri seseorang. 

Kawan bisa mencoba menggunakan warna-warna seperti biru, ungu berkilau, hijau, atau kuning di kelopak mata, pipi, atau bibir. Sebagian orang menyukai jenis makeup ini karena bisa menunjukkan sebagai orang yang berani, cerah, dan menyenangkan diri sendiri. 

Expressive eyes makeup

Ilustrasi eyes makeup | Foto: Unsplash/Jamiefann

Selama masih pandemi dan kita harus mengenakan masker, pilihan makeup yang menonjolkan bagian mata masih menjadi tren yang populer. Para ahli dan beauty enthusiast juga menyukai riasan mata yang unik. 

Pasalnya, mata merupakan jendela jiwa seseorang, yang mana dapat memancarkan emosi tertentu seperti kebahagiaan, kesedihan, atau kemarahan. Mata juga menjadi salah satu bagian paling ekspresif di antara anggota tubuh yang lain, sehingga banyak penggemar makeup yang senang bereksperimen di bagian ini. 

Makeup dari brand indie atau merk lokal

Tren makeup di 2021 yang terakhir adalah yang berasal dari brand indie atau merk usaha kecil. Jika di barat, dukungan para konsumen juga banyak beralih ke merk kecantikan milik orang kulit hitam. 

Sementara di Indonesia juga sama, banyak produk makeup lokal atau indie yang memperluas pasar mereka karena permintaan tinggi dari konsumen. Terbukti, banyak dari produk makeup ini yang ternyata sesuai dan menyatu dengan kondisi kulit banyak orang.

Dari kelima tren makeup populer sepanjang tahun 2021 tadi, mana yang paling Kawan sukai? Atau mana yang sudah Kawan praktikkan? 

Apapun jenis dan tren makeup yang dipakai, selama kita mencintai dan merawat diri sendiri, tentu hasilnya akan baik. Jangan lupa untuk lakukan perawatan dari dalam juga, ya, Kawan!

Referensi: Harpers Bazaar | Appoint Fix