Review KDrama Thirty Nine, Kisah Persahabatan yang Penuh haru
Thirty Nine | Foto: JTBC

Drama JTBC “Thirty Nine” resmi berakhir pada (31/3) lalu dengan jumlah 12 episode. Drama bergenre romance ini bercerita mengenai kisah tiga perempuan berusia 39 tahun yang sudah bersahabat selama 20 tahun. Mereka adalah Cha Mi Jo (So Ye Jin), Jung Chan Young (Jeon Mi Do), dan Jang Ju Hui (Kim Ji Hyun).

Cha Mi Jo merupakan dokter kulit (dermatolog) yang membuka klinik di Gangnam, ung Chan Young merupakan pelatih akting, dan Jang Ju Hui merupakan manajer pada perusahaan kosmetik.

Memasuki usia 39 tahun, mereka bertiga melakukan medical cheek up bersama. Beberapa hari setelahnya, Mi Jo mengetahui sesuatu bahwa kondisi salah satu temannya sedang tidak baik-baik saja. Dari sini kisah persahabatan penuh haru bermula.

Adapun pelajaran dan pesan yang bisa kita ambil dari drama satu ini. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

1. People Come and Go, But Memorise Stayed Forever

Scene drama 39 | Foto: JTBC Drama

Pada episode kedua, Mi Jo mengetahui bahwa salah satu temannya mengidap penyakit yang cukup serius. Penonton semakin terpukau dengan akting Yejin yang berhasil membawakan perasaan takut, cemas, sekaligus frustasi akan kondisi ini.

Setelah episode kedua, mereka mulai menerima segala hal yang terjadi dan membuat kenangan manis sebelum kepergian salah satu temannya. Dari sini kita dapat belajar bahwa waktu itu sangat singkat.

Boleh jadi hari ini, esok, lusa, atau ke depannya orang terkasih atau bahkan diri kita sendiri meninggalkan dunia ini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk meluangkan sebanyak-banyaknya waktu yang kita miliki untuk bersama dengan orang yang kita sayangi.

Buatlah sebanyak-banyaknya kenangan indah bersama karena manusia akan pergi, tapi memori akan selalu tersimpan rapi.

Baca juga: Fakta Menarik Our Blues, Drama Korea dengan Gaya Antologi

2. Tidak Perlu Banyak, Beberapa Sudah Lebih dari Cukup

Scene drama 39 | Foto: JTBC Drama

Hidup di dunia ini merupakan perjalanan panjang yang melelahkan, tetapi menyenangkan bila bersama orang yang kita sayangi. Drama ini memberikan kita pembelajaran bahwa dengan sahabat semua hal sulit bisa terlalui bersama.

Tidak perlu banyak, cukup satu atau dua orang sahabat sudah dapat menguatkan kita dari kerasnya kehidupan.

3. Keluarga Menjadi Tempat Ternyaman untuk Pulang

Scene drama 39 | Foto: JTBC Drama

Selain menyoroti kisah haru dari persahabatan mereka, drama ini juga menghadirkan figure keluarga yang hangat. Bagi Orang tua, seberapa tua usia anaknya akan senantiasa menjadi anak kecil bagi orang tuanya.

Seberat apapun masalahnya, pelukan orang tua selalu memberikan ketenangan dan kekuatan bagi sang anak. Drama ini memberikan kita pesan bahwa keluarga memiliki peran penting bagi seorang anak.

Keluarga harusnya menjadi tempat ternyaman bagi anak untuk pulang. Jika saat ini kamu belum mendapatkan kehangatan dari keluarga, semoga kelak kamu dapat membentuk keluarga hangatmu sendiri.

Baca juga: Castile Soap, Sabun Berbahan Alami yang Ramah Lingkungan

4. Mayoritas Manusia Memiliki Kisah Pilu di Masa Lalu

Scene drama 39 | Foto: JTBC Drama

Pada drama ini, setiap pemeran memiliki kisah pilunya masing-masing yang membentuk karakternya saat ini. Kita dapat belajar bahwa semua hal yang terjadi saat ini terpengaruhi oleh kejadian di masa lalu.

Dengan adanya kesadaran akan hal tersebut memyebabkan kita menjadi lebih terbuka dan lebih mudah menerima atas apa yang terjadi hari ini. Kita menjadi lebih berjuang untuk bahagia. Kita semua berusaha buat bertahan dari kerasnya dunia ini.

Baca juga: 5 Tips Merawat Kamera Agar Tetap Awet

5. Keluarga Bukan Hanya Tercipta dari Ikatan Darah

Scene drama 39 | Foto: JTBC Drama

Mi Jo merupakan anak yang diadopsi oleh orang tuanya saat ini. Meskipun Mi Jo bukan anak kandung, tetapi kedua orang tua dan kakaknya mencintai Mijo lebih dari apapun.

Keluarga yang heart-warming ini membuat kita sadar bahwa rasa cinta antara anggota keluarga tidak hanya berasal dari ikatan darah, tetapi hati yang tulus untuk saling menyayangi. Dari keluarga ini juga kita belajar bahwa setiap anak berhak untuk merasakan cinta.

Itulah ulasan mengenai drama korea "Thirty Nine". Jika kamu penasaran, kamu dapat menonton drama ini di Netflix. Jumlah Episodenya sudah lengkap. Selamat menonton, Goodmates!

Referensi: Asian Wiki | Netflix | Kontan