Luncurkan ImersifA, Museum Nasional Indonesia Kenalkan Ruang Baru Imajinasi
Ruang ImersifA di Museum Nasionalri | Foto: Faqihah Muharroroh Itsnaini/Kompas.com

Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata museum? Sebagian dari kamu mungkin akan membayangkan isi museum yang begitu-gitu saja, kurang menarik, sedikit membosankan dan seterusnya. Namun, hal itu tidak berlaku bagi Museum Nasional Indonesia.

Tentu menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan apabila kita dapat berwisata sekaligus mengedukasi diri. Salah satu tempat wisata edukasi yang berada di Indonesia ditawarkan oleh Museum Nasional Indonesia.

Bisa jadi selama ini kamu memiliki pemikiran mempelajari sejarah cenderung membosankan dan mengundang kantuk. Kini, Museum Nasional Indonesia siap menawarkan pengalaman baru yang menyenangkan saat mempelajari sejarah dan budaya dari Indonesia.

Pada Kamis (31/3) lalu, Museum Nasional Indonesia baru saja resmi meluncurkan Ruang ImersifA. Itu adalah sebuah ruang baru imajinasi yang memanfaatkan teknologi imersif untuk menciptakan pengalaman interaktif bagi para pengunjungnya.

Masuki ‘Dunia Imaji’ Bersama Ruang ImersifA

Ruang ImersifA di Museum Nasional, tawarkan pengalaman baru mempelajari sejarah Indonesia | Foto: Faqihah Muharroroh Itsnaini/Kompas.com

Melansir dari situs resmi Museum Nasional Indonesia, Ruang ImersifA merupakan instalasi permanen video mapping di Gedung A, Museum Nasional, Jakarta dengan ukuran 12 x 21 meter. Pada setiap sesi pertunjukkannya, pengunjung akan tersuguh dengan video mapping yang berdurasi 30 menit dan proyeksi sudut 360 derajat.

Baca juga: Mengenal Loofah, Spons Berbahan Alami yang Ramah Lingkungan

Saat pertunjukkan terputar, layar ini nantinya mengelilingi dinding dan lantai tempat para pengunjung berpijak sehingga memberikan sensasi seolah-olah pengunjung turut serta berada di dalam video.

Video mapping dari ImersifA akan menampilkan sejarah Indonesia dalam konsep alam, masyarakat, sejarah dan budaya dari masa ke masa. Pada ruang baru imajinasi ini pengunjung akan berpetualang mengalami dunia dari sudut pandang para pelaku sejarah.

Layaknya seorang penjelajah, pengunjung bisa mengeksplorasi khasanah dan keanekaragaman alam Indonesia, seni dan budaya. Tak hanya itu, pengunjung juga akan eksplor kerukunan beragama hingga pengalaman eksotik yang menembus batas berbagai motif-motif tradisional Indonesia yang tersebar di berbagai koleksi museum, benda cagar budaya, dan bangunan cagar budaya.

Selain visualnya yang memukau mata, penyajian ornamen beragam bentuk budaya Nusantara juga teriring dengan musik aransemen modern. Melibatkan audio visual dengan melibatkan indera penglihatan dan suara melalui pemanfaatkan teknologi digital, akan membantu menumbuhkan imajinasi dari para pengunjung.

Pihak Museum Nasional berharap wahana baru ini bisa membantu para pengunjung belajar dan mendapatkan pengetahuan budaya dengan cara yang menyenangkan.

Dengan begitu, para pengunjung khususnya generasi muda memiliki kesadaran serta pemahaman akan kekuatan budaya Indonesia. Hal ini juga dapat membantu generasi muda untuk merefleksikan jati dirinya dan menyadari potensi yang ada sebagai bangsa yang besar.

Baca juga: Cantik! Intip 5 Toko Online yang Jual Gamis Bergaya Vintage

Cara Membeli Tiket ImersifA

Ruang ImersifA di Museum Nasional | Foto: Instagram museumnasionalindonesia/Zonabanten.com
Ruang ImersifA di Museum Nasional | Foto: Instagram museumnasionalindonesia/Zonabanten

Melansir dari situs resmi Museum Nasional, khusus pada bulan Ramadan, Museum Nasional membuat 6 sesi penayangan untuk Ruang ImersifA. Namun, pada hari biasa seusai Ramadan, Museum Nasional berencana membuka 7 sesi penayangan setiap Rabu hingga Minggu. Dengan kapasitas sebanyak 30 orang pengunjung per sesi, setiap sesinya pengunjung mendapatkan video berdurasi selama 30 menit.

Untuk membeli tiket, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Di antaranya, kamu harus melakukan pembelian minimal H-1 kunjungan. Kemudian, kunjungi tautan e-tiket.museumnasional.or.id untuk membeli tiket kunjungan dan Ruang ImersifA.

Pilih ‘pilihan tiket’ dan isi ‘jumlah tiket’ kemudian klik ‘tambahkan’ untuk menyesuaikan dengan yang kamu butuhkan. Lalu, klik ‘selanjutnya’ untuk mengisi data pemesan. Isilah biodata pembeli seperti nama lengkap, nomor telepon dan email. Selanjutnya, pilih waktu kunjungan kemudian klik selanjutnya.

Baca juga: Resmi Terbuka untuk Umum, Yuk Jelajahi Tebet Eco Park!

Kamu bisa memilih metode pembayaran dan ikuti cara transaksi yang tertera kemudian pilih simpan. Cek email untuk mendapatkan kode booking dari tiket yang berhasil kamu pesan dan telah kamu bayar.

Pilih konfirmasi pembayaran kemudian isi kode booking, nama pemesan dan nominal, serta konfirmasi. Cek email kembali untuk mengunduh tiket. Nantinya, scan QR Code di mesin yang tersedia sesuai jadwal kunjungan kamu ke Museum Nasional.

Hingga kini, pembelian tiket Ruang ImersifA hanya bisa secara daring. Untuk sesi kunjungan Ruang ImersifA tersedia dari pukul 10.00 hingga sekitar pukul 14.00 WIB. Informasi lebih lanjut bisa kamu dapatkan melalui akun Instagram Museum Nasional Indonesia, ya.

Referensi: Museum Nasional | Museum Nasional Indonesia | Kompas