Momen Haru Ramadan, Salat Tarawih di Times Square hingga Hagia Sophia Turki
Ramadan jadi momen penuh haru | Foto: Abdullah Arif/Unsplash

Bulan suci ramadan merupakan salah satu momen mengharukan bagi umat Islam di seluruh dunia. Pada waktu ramadan, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa, salat tarawih, dan kegiatan lainnya sebagai bagian dari menjalankan ibadah saat ramadan.

Menyambut bulan ramadan, kabar baik datang dari dua momen penuh haru di dua belahan dunia. Beberapa waktu yang lalu, ratusan umat muslim di Amerika Serikat menggelar salat tarawih dan berbuka puasa bersama di Times Square, New York, Amerika Serikat.

Selain itu, kabar lainnya datang dari Masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki yang menggelar salat tarawih pertama dalam 88 tahun. Kedua peristiwa ini sempat viral dan ramai di media sosial.

Salat Tarawih di Times Square

salat tarawih perdana yang digelar di Times Square, New York, Amerika Serikat | Foto: Twitter @muslim/Detikcom
Salat tarawih perdana yang digelar di Times Square, New York, Amerika Serikat pada Sabtu (2/4) lalu | Foto: Twitter @muslim/Detikcom

Awal ramadan, ratusan umat Muslim di Amerika Serikat berkumpul untuk melaksanakan salat tarawih bersama di Times Square, New York, Amerika Serikat pada Sabtu (2/4) lalu. Kegiatan salat tarawih ini merupakan sebuah perayaan dari momentum hari puasa pertama pada tahun ini.

Melansir dari kompas.com, kegiatan salat tarawih ini merupakan pertama kalinya di Times Square, New York, Amerika Serikat. Komunitas Muslim di Amerika Serikat, SQ selaku penyelenggara dari kegiatan ini mengatakan ingin mengenalkan kepada seluruh orang bagaimana wajah Islam yang sesungguhnya.

Baca juga: Tips Khatam Al-Qur'an Saat Bulan Ramadan

Kegiatan salat tarawih di Times Square bertujuan agar mampu meluruskan kesalahpahaman tentang Islam, serta menegaskan bahwa Islam merupakan agama yang membawa kedamaian.

Selain menjalankan salat tarawih bersama, penyelenggara juga membagikan sekitar 1.500 makanan untuk berbuka puasa bersama dan membagikan 200 Al-Qur’an kepada para warga yang lewat. Penyelenggara menyebutkan setidaknya terdapat sekitar 2.000 orang yang mengikuti salat tarawih tersebut.

Times Square sendiri merupakan salah satu tempat ikonik di New York, Amerika Serikat. Tempatnya berada di pusat komersial, tempat wisata, sekaligus pusat hiburan di kawasan kota Manhattan.

Selain identik dengan ragam papan reklame dan iklan, Times Square juga menjadi salah satu kawasan pejalan kaki tersibuk di dunia. Maka, hal ini menjadi momen yang mengharukan melihat umat muslim dapat melaksanakan ibadah di sana.

Baca juga: Rekomendasi 4 Channel Youtube yang Tayangkan Dakwah Menjelang Buka Puasa

Masjid Hagia Sophia Turki Menggelar Salat Tarawih

Masjid Hagia Sophia menggelar salat tarawih pertama kali dalam 88 tahun pada Jumat (1/4) lalu | Foto: AP Photo/Emrah Gurel/Liputan6
Masjid Hagia Sophia menggelar salat tarawih pertama kali dalam 88 tahun pada Jumat (1/4) lalu | Foto: AP Photo/Emrah Gurel/Liputan6

Tidak jauh dari waktu salat tarawih di Times Square, New York, Amerika Serikat, ada momen haru lainnya. Pada Jumat (1/4) lalu, Masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki kembali mengadakan salat tarawih pertama setelah 88 tahun lamanya.

Bangunan Hagia Sophia yang terkenal tersebut memiliki perjalanan sejarah yang panjang. Awalnya, Hagia Sophia hadir sebagai gereja Church of Holy Spirit berdasarkan perintah oleh Kaisar Bizantiun Justinian I.

Kemudian pada masa penaklukan Ottoman di Istanbul pada 1543, bangunan Hagia Sophia beralih fungsi menjadi masjid. Arsitektur dari bangunannya menjadi cantik dengan menampilkan elemen khas Kesultanan Ottoman.

Baca juga: Unik! Intip Ide Hampers Lebaran yang Ramah Lingkungan

Selanjutnya, bangunan Hagia Sophia kembali berubah fungsinya menjadi museum pada 1943 silam. Hingga akhirnya, Hagia Sophia kembali berubah menjadi masjid pada 2020, tepatnya terbuka untuk beribadah pada 24 Juli 2020 lalu.

Namun, akibat pembatasan COVID-19 di Turki, Masjid Hagia Sophia sempat tidak beroperasi selama beberapa waktu untuk mengantisipasi penyebaran virus. Sebelum akhirnya terbuka kembali pada 2022 untuk kebutuhan beribadah ramadan. Hal ini juga menjadi momen perdana salat tarawih dalam 88 tahun lamanya.

Selain menjadi tempat beribadah, Hagia Sophia sendiri cukup terkenal di kalangan wisatawan, terutama turis dari luar negeri yang mengunjungi Turki. Hagia Sophia menjadi salah satu destinasi yang wajib Goodmates kunjungi saat berkunjung ke Turki.

Referensi: Kompas.com | VOA Indonesia | Kompas.com