Mahasiswa Perlu Tahu! Sambut Semester Baru dengan Persiapan yang Matang!
Semester Baru | Sumber: pexels.com (2020) @cottonbro

Apa kabar, rekan mahasiswa? Bagaimana liburan kalian? Menyenangkan? Atau kalian sudah bosan dengan pertanyaan dari para om dan tante tentang kuliah, kerja, dan asmara? Daripada pusing menjawab pertanyaan dari keluarga, sebaiknya upgrade diri untuk menghadapi semester baru yang sudah di depan mata. Kalian perlu upgrade diri agar lebih matang menyambut semester baru. Simak tips dari GoodSide di bawah ini!

  1. Buatlah Perencanaan Pembelajaranmu
rencana belajar
Rencana belajar | pexels.com (2020) oleh Karolina Grabowska

Apabila kalian adalah mahasiswa baru di semester baru, maka cobalah untuk mengetahui mata kuliah apa saja yang kalian akan pelajari di program studi. Kemudian, cari modul-modul mata kuliah terkait. Kalian bisa pelajari modul tersebut sebelum kelas dimulai. Bagi mahasiswa lama, kalian bisa menyesuaikan diri dengan semester baru untuk mempelajari konsentrasi mata kuliah lanjutan ataupun merancang proposal skripsi.

  1. Bacalah Peraturan Tes/Kuis/Ujian
catatan
Catatan | unsplash.com (2018) @dtravisphd

Pada hari pertama, kalian akan bertemu dosen baru dengan memperkenalkan diri dan aturan saat di kelas dan ujian. Hal ini perlu kalian cermati dengan baik karena setiap dosen pasti mempunyai aturan berbeda. Misalnya, dosen A mewajibkan mahasiswa untuk membawa laptop, sementara dosen B tidak mempermasalahkan.

  1. Susun Jadwal Belajar
menyusunn jadwal
Susun jadwal | unsplash.com (2018) @bajkorenata

Terkadang kalian bosan mengerjakan tugas melulu tiap harinya. Namun, kalian berhak untuk menyalurkan hobi kalian di sela-sela mengerjakan tugas. Kalian bisa menjadwalkan waktu belajar dan hobi kalian, seperti pukul 15.00 kalian bisa menonton drama selama 1 jam dan pukul 19.00 kalian memulai mengerjakan tugas atau membaca modul. Terapkan juga model 20-10-20 yang menunjukkan 20 menit untuk belajar dan 10 menit untuk istirahat.

  1. Tandai Tanggal Jadwal Tes/Kuis/Ujian
menandai kalender
Tandai kalender | pexels.com (2017) oleh Bich Tran

Para dosen akan memberi gambaran berupa skema yang digunakan selama 1 semester. Kalian bisa mencatat jadwal ujian maupun kuis. Hal ini bertujuan agar kalian bisa mempersiapkan diri dengan mengulas kembali materi-materi yang telah dipelajari, sehingga kaalian lebih siap menghadapi kuis dan ujian.

  1. Carilah Kelompok Belajar
kelompok belajar
Kelompok belajar | unsplash.com (2018) oleh Brooke Cagle

Mahasiswa aktif akan membentuk suatu kelompok belajar guna bertukar pikiran dan melihat sisi berbeda dari berbagai perspektif bersama teman-teman lain. Kalian bisa membentuk kelompok belajar dengan mengajak teman-teman untuk belajar dan mengerjakan tugas bersama. Jika kalian merupakan tipe pembelajar yang perlu tempat sunyi, maka kalian bisa mencari relasi di semester sebelumnya untuk diajak berdiskusi.

  1. Rencanakan untuk Magang dan/atau Kerja Paruh Waktu
kerja paruh waktu
Kerja paruh waktu | unsplash.com (2021) oleh Pema Lama

Apakah kalian harus memenuhi SKS magang di semester depan? Jika iya, kalian bisa gunakan waktu luang untuk mencari informasi lokasi magang, memenuhi persyaratan magang, menyicil proposal magang, dan menyusun jadwal kuliah diselingi magang. Jika tidak, kalian bisa atur kegiatan ekstrakurikuler organisasi dalam upaya pengembangan diri bersama tim atau mencoba hal baru, seperti kerja paruh waktu (part-time job) guna menambah pengalaman dan uang saku.

  1. Berkaca dengan Dirimu di Semester Lalu
quotes
Kata-kata bijak | unsplash.com (2020) @sharmine27

Mungkin kalian pribadi yang tidak disiplin waktu dan mudah emosi dengan teman satu kelompok saat di semester lalu. Kalian bisa manfaatkan waktu luang sebelum menyambut semester baru dengan memperbaiki diri sendiri atas kelalaian dan kesalahan kalian. Tentu saja teman kalian akan mengagumi, mendukung, dan mengapresiasi usaha kalian agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tertarik untuk mencobanya? Kalian bisa modifikasi kegiatan di atas sesuai versi masing-masing dengan harapan dapat mempersiapkan diri, baik secara fisik dan mental, untuk menghadapi semester depan. Jaga kesehatan, disiplin waktu, dan tetap semangat!

Never be ashamed of trying. Effortlessness is a myth.” -Taylor Swift

 

Referensi: Instagram Studywithatab

Novia Arnistya Utari
Freelancer Typist

ENFJ-A, like to enrich knowledge and stay connect with friends around the world