Sampai Miliki Pelatihan Khusus, Ini Pentingnya Table Manner
Table Manner | Unsplash - Ibrahim

PENULIS: Anisa Fitri Maulida

Sampai saat ini masih banyak yang mengira bahwasannya cara makan tidak akan mencerminkan personality seseorang, mengingat agenda makan bukanlah agenda yang formal dimana tata krama diperlukan.

Kebanyakan orang hanya mengetahui segelintir peraturan-peraturan kecil yang dimana peraturan disebut telah diturunkan oleh keluarganya sejak dini, anggap saja seperti makan menggunakan tangan kanan, dilarang mengecap pada saat makan, tidak boleh berbicara pada saat mulut penuh dengan makanan, dan lainnya.

Namun ternyata, tata cara makan atau etiket di meja makan lebih dari itu. Bahkan adanya etiket di meja makan saat ini menjadi pembelajaran khusus yang dimana butuh pelatihan untuk mengetahuinya, dan harga pelatihan tersebut tidaklah murah.

Pelatihan etiket di meja makan atau yang biasa disebut dengan table manner memiliki rincian harga dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Lantas apa yang membuat table manner begitu penting hingga pelatihan yang diadakan meraup uang yang besar? Berikut adalah penjelasannya.

APA ITU TABLE MANNER?

Dilansir dari IDN Times, table manner merupakan aturan atau sikap yang menjabarkan perilaku yang harus dilakukan pada saat jamuan besar. Biasanya table manner dilakukan pada jamuan-jamuan formal yang menekankan aspek tata krama yang tinggi.

Table Manner sendiri biasa dilakukan saat berhadapan dengan orang-orang dengan jabatan yang tinggi ataupun setara di perusahaan. Sesuai dengan penjelasan, table manner memiliki sederet aturan yang harus diikuti.

Dilansir dari Rumah.com, ada hal-hal yang harus diperhatikan pada saat table manner berlangsung yaitu memperhatikan dress code yang dimana harus menggunakan pakaian sesuai dengan aturan yang ada.

Tidak hanya itu, yang harus diperhatikan adalah jenis makanan atau jamuan yang diberikan, alat makan yang diberikan, posisi serbet, posisi duduk, dan tentu saja cara makannya. Ada banyak hal yang harus diketahui pada saat table manner, sehingga tak heran jika table manner memiliki kelas tersendiri.

PENTINGNYA TABLE MANNER

Disebutkan sebelumnya bahwa table manner merupakan tata krama yang dilakukan pada saat jamuan besar bersifat formal. Dengan adanya pelatihan yang memakan uang cukup besar, tentu Kawan menyadari bahwa table manner memiliki fungsi penting.

Lantas apa pentingnya table manner? Dilansir dari Kompas, table manner dianggap penting karena profesionalitas seseorang dilihat dari bagaimana sikapnya di meja makan. Bahkan table manner sendiri disebut sebagai kegiatan yang dapat menyelamatkan karier.

Mengapa? Karena seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa profesionalisme, dan juga pencitraan seseorang dilihat dari sikapnya di meja makan. Bagi Kawan yang mungkin memiliki acara jamuan makan, patut untuk menjaga sikap agar citra yang diperlihatkan tetap positif.

Dilansir juga dari Republika, pentingnya Kawan mempelajari table manner adalah untuk membangun relasi. Disebutkan bahwa dengan Kawan memahami dan menunjukan sopan santun di meja, secara tidak langsung memperlihatkan kualitas pergaulan, intelektualitas, dan juga etika pergaulan seseorang.

Tidak hanya memberikan citra atau personal branding yang baik terhadap orang-orang yang mengikuti jamuan seperti atasan, klien, tamu, dan lainnya, namun table manner membuat Kawan bisa lebih percaya diri dan juga dapat membangun kemampuan bersosialisasi.

Maria Pia dilansir dari artikel manajemen Binus University mengatakan bahwa dengan adanya table manner membuat para hadirin jamuan melihat bahwasannya profesionalitas yang baik ada pada table manner yang diterapkan sehingga rasa percaya diri dapat meningkat.

Lalu juga kemampuan bersosialisasi dapat meningkat sebab pada saat jamuan dilakukan, Kawan akan berkomunikasi dengan orang-orang yang menghadiri acara tersebut. Sehingga kemampuan table manner yang baik disertai dengan kemampuan sosialisasi yang baik akan membentuk relasi.

 

Setelah mengetahui pentingnya table manner, apakah Kawan semakin tertarik untuk mempelajarinya? Bila iya, Kawan bisa menemukan pelatihan table manner di beberapa tempat training dan juga di hotel. Namun tentunya setiap tempat training dan hotel akan memiliki harga yang berbeda, Kawan bisa sesuaikan saja ya.

Referensi: IDN Times | Rumah.com | Kompas | Republika | Artikel Binus