Satu Dekade EXO Debut, EXO-L Masih Kompak!
Lautan EXO-L saat konser EXO | Foto: Pinterest

#FutureSkillsGNFI

EXO-L adalah sebutan bagi penggemar boy group ternama di Korea Selatan. Sebuah komunitas atau dalam Korea ialah sebagai fandom yang telah resmi namanya sejak 2014.

Adapun EXO-L merupakan singkatan dari EXO-Love. Artinya, EXO mencintai penggemarnya serta L yang abjadnya berada di antara K dan M (sub-unit EXO) menandakan bahwa mereka akan selalu bersatu sesuai dengan slogannya We Are One.

Goodmates, EXO memulai debutnya pada tahun 2012 dengan beranggotakan sembilan orang. Saat ini, EXO sedang dalam masa hiatus sebagai sebuah grup. Namun, hal ini tidak membuat EXO-L berpaling dari EXO.

Seperti yang leader EXO, Suho katakan, “If you’re happy to wait then it’s love”. Pada tahun 2022, resmi menandakan bahwa eksistensi EXO sudah satu dekade atau sepuluh tahun lamanya.

Dengan waktu yang tidak singkat ini membuat banyak EXO-L terharu atas kebersamaan mereka yang masih setia bersama EXO meskipun sedang tidak aktif. Berikut beberapa alasan mengapa komunitas ini masih kompak hingga sekarang.

1. WE ARE ONE

EXO | Foto: Pinterest

Kalimat yang selalu terucap ketika menyapa para EXO-L, "We are One". Melalui slogan ini, tidak hanya EXO yang terus menjadi satu melainkan EXO-L juga.

Mereka masih kerap membuat project-project yang selalu ada tiap tahunnya, seperti merayakan ulang tahun tiap anggota. Slogan "We Are One" turut menjadi pengingat untuk terus bersama-sama hingga tahun-tahun selanjutnya tetap menjadi bagian dari EXO-L.

Baca juga: Penting untuk Maba! Pahami Pengaruh Organisasi Terhadap Proktinasi Akademik

2. Member Debut Menjadi Aktor

Chanyeol EXO saat bermain musikal | Foto: Instagram @howfarms

Selama hiatusnya EXO sebagai grup, beberapa anggota seperti D.O, Chanyeol, Suho, dan Sehun terjun dalam dunia akting. Mereka membintangi sebuah drama, film, bahkan musikal.

Dengan hadirnya anggota EXO sebagai aktor ini membuat kerinduan EXO-L terobati karena masih merasakan hadirnya EXO meskipun tidak seluruh anggota. EXO-L aktif membuat event merayakan anggota sebagai aktor melalui event kafe, iklan billboard hingga mengirimkan food truck.

Baca juga: Menjalani Hari Anti Cemas dengan Terapkan Stoisisme

3. Adanya Lagu Solo

Behind The Scenes Suho music video grey suit | Foto: Twitter @weareoneEXO

Selain bermain peran, anggota EXO juga turut menjadi soloist. Seperti Kai yang meluncurkan debut solo sebelum pergi wajib militer yang sukses memikat EXO-L. Tak ketinggalan, D.O turut merilis solo mini album "Empathy" setelah dia kembali dari tugas wajib militernya.

Pada Senin (4/4) lalu, Suho kembali dengan lagu "Grey Suit" yang membuat EXO-L bersorak. Walaupun mereka belum dapat mendengar EXO sebagai grup bernyanyi bersama seperti dulu. Namun, karena adanya comeback solo dari beberapa anggota cukup membuat EXO-L bersemangat untuk terus berjalan bersama.

Baca juga: Menjelajahi Ibu Kota Islandia di Bulan Ramadan

4. EXO Kembali dengan Perayaan 1 Dekade

EXO at Debut Anniversarry Fan Event | Foto: Twitter @weareoneEXO

EXO at Debut Anniversarry Fan Event | Foto: Twitter @weareoneEXO

Pada Jumat (8/4) awal bulan lalu menjadi tanggal yang sangat EXO-L nantikan karena pada tanggal itu EXO lahir. Pada suatu acara, EXO pernah mengatakan bahwa saat perayaan debut mereka ke-10 ingin menggelar acara perayaan bersama EXO-L.

Tak terduga, EXO melalui laman sosial medianya mengumumkan jika akan menggelar perayaan Debut Anniversary Fan Event pada Sabtu (9/4).

Hal ini membuat EXO-L beramai-ramai berebut tiket offline maupun online. Meskipun hanya lima anggota (Suho, Xiumin, D.O, Kai, Sehun) saja yang hadir ini sama sekali tidak merusak euphoria EXO-L. Hadirnya perayaan ini seperti memantik EXO-L menjadi jauh lebih hidup dan tetap bersatu dari dulu hingga sekarang.

Itulah ulasan mengenai komunitas EXO-L yang kehadirannya masih kompak bersemangat mendukung EXO hingga satu dekade lamanya. Mereka tetap setia di sisi EXO sebab alih-alih merasa bosan karena tidak adanya aktivitas sebagai grup.