Sedang Ramai Diperbincangkan, Apa Arti NFT?
Ilustrasi│TheDigitalArtist/Pixabay

Pada awal tahun 2022 ini, warganet Indonesia dihebohkan dengan kemunculan Ghozali Everyday. Ratusan foto selfie Ghozali yang ia ambil dari tahun 2017 sampai 2021 laku terjual sebagai NFT, dan memberikan keuntungan hingga milyaran rupiah.

Setiap foto selfie Ghozali yang terjual sebagai NFT di situs OpenSea, terjual hingga puluhan juta rupiah. Karena viral dan mendulang keuntungan yang tinggi, akhirnya banyak orang yang berbondong-bondong mengikuti jejak Ghozali.

Namun, dibalik viralnya Ghozali, apa itu sebenarnya NFT? Kenapa NFT bisa terjual hingga jutaan rupiah? Jawabannya bisa kamu temukan di bawah ini.

Apa itu NFT?

NFT adalah singkatan dari Non Fungible Token. Dilansir dari CNBC Indonesia, NFT adalah aset digital yang dapat mewakili barang berharga dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti. Transaksi NFT akan tercatat di dalam sebuah data di blockchain. Data tersebut akan berisi informasi tentang pencipta, harga dan histori kepemilikan aset NFT.

Perdagangan NFT umumnya menggunakan Ethereum untuk transaksi, yaitu sebuah mata uang kripto yang saat ini nilainya cukup tinggi. NFT umumnya berbentuk sebuah karya seni digital, seperti gambar digital, lukisan, atau bahkan sebuah game sekalipun. Sebuah NFT akan dihargai tinggi berdasarkan tingkat kualitas gambar, kreativitas, dan reputasi pencipta NFT. 

Sederhananya, NFT adalah sebuah karya digital yang diperjualbelikan di internet. Pembeli NFT memiliki kepemilikan mutlak terhadap karya yang otentik tersebut. Keotentikan NFT juga sangat terjaga. NFT dilindungi oleh tanda tangan digital yang membuat keasliannya tidak bisa ditiru.

Bagaimana NFT Ghozali bisa terjual hingga milyaran rupiah?

Seperti yang sempat disinggung di awal, NFT Ghozali terjual hingga milyaran rupiah. Padahal Ghozali hanya menjual foto selfienya, tidak seperti NFT pada umumnya yang menjual karya digital.

Dilansir dari Sindonews, Menurut Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) & COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda, NFT Ghozali memiliki trading volume yang tinggi, karena banyak peminat yang ingin membelinya.

Hal ini dikarenakan NFT juga mengenal sistem supply & demand. Artinya, harga suatu barang akan semakin tinggi apabila permintaannya naik. Hal ini juga didukung oleh dukungan komunitas yang membicarakan NFT Ghozali.

Ditambah lagi, Chef Arnold sebagai salah satu influencer di Indonesia juga membeli dan bahkan membicarakan NFT Ghozali di sosial media. Dari sinilah NFT Ghozali mendapatkan exposure yang tinggi dan membuat harganya semakin melejit.

NFT bisa menjadi masa depan jual beli karya seni

Ilustrasi│mohamed_hassan/Pixabay

Yang paling merasakan manfaat dari NFT tentu adalah para seniman. Para seniman bisa menjual karya-karya seninya sebagai NFT dan karya seninya juga akan jauh lebih dihargai.

Para seniman saat ini banyak yang mulai beralih ke NFT. Selain karena karya seni lebih diapresiasi, karya seni juga dapat terjual dengan harga tinggi, serta karya seni NFT juga terjamin keasliannya.

Apresiasi tinggi yang diberikan kepada pencipta karya seni juga memotivasi seniman untuk terus menghasilkan karya seni dengan kualitas tinggi. Dengan begitu, NFT bisa memberikan dampak yang sangat baik untuk perkembangan dunia seni nantinya.

Saat ini banyak seniman yang sudah beralih ke NFT untuk memperjualbelikan karyanya. Bukan tidak mungkin, bahwa di masa depan NFT akan menjadi platform bagi para seniman untuk berkarya.

Referensi: CNBC IndonesiaSindonewsThe VergeKompas