Sederet Drama Korea yang Diangkat dari Webtoon
ilustrasi seseorang menonton drama Korea. | Sumber: Mollie Sivaram/Unsplash

Webtoon berasal dari singkatan web dan cartoon yang merupakan sebutan bagi pengalaman membaca komik secara daring. Salah satu platform yang terkenal menyediakan webtun adalah Webtoon milik Naver atau LINE Webtoon. Mulai dari genre romansa, slice of life, hingga horor semuanya tersedia di sini.

Kabar baik untuk kamu yang suka membaca webtun sekaligus menonton drama Korea. Pasalnya, beberapa webtun ini telah diangkat menjadi serial drama Korea. Yuk, kita simak!

Our Beloved Summer

drama Korea Our Beloved Summer. | Sumber: Arsip SBS via Hancinema/CNN Indonesia
drama Korea Our Beloved Summer. | Sumber: Arsip SBS via Hancinema/CNN Indonesia

Drama Korea satu ini sedang on-going dan masih ramai diperbincangkan di media sosial. Berkisah tentang dua murid SMA yang memiliki sifat saling bertolak belakang. Tokoh utama perempuan bernama Kook Yeon-su diperankan oleh Kim Da-mi merupakan siswa ranking satu di sekolahnya.

Yeon-su mengikuti syuting dokumenter sekolah bersama Choi Woong si ranking terakhir sekolah yang diperankan oleh Choi Woo-shik. Dalam dramanya mengutip sinopsis oleh Netflix, setelah 10 tahun semenjak pembuatan film dokumenter tersebut, keduanya dipertemukan kembali sebagai sepasang mantan pacar yang tak akur dan diminta untuk tampil kembali di depan kamera.

My Roomate is a Gumiho

drama Korea My Roomate is a Gumiho. | Sumber: Soompi/Pikiran Rakyat
drama Korea My Roomate is a Gumiho. | Sumber: Soompi/Pikiran Rakyat

Memiliki genre fantasi romantis komedi, drama Korea satu ini diperankan oleh Hyeri yang sebelumnya telah popular memainkan karakter Deok Sun dalam drama Korea Reply 1988. Ia menjadi Lee Dam seorang mahasiswa yang tak sengaja menelan kelereng biru milik seekor Gumiho atau rubah berekor sembilan yang telah hidup 999 tahun lamanya.

Hal ini membuat Lee Dam mau tak mau tinggal bersama sang Gumiho yang menyamar menjadi manusia bernama Shin Woo Yeo yang diperankan oleh Jang Ki Yong. Meski diadaptasi dari webtun, terdapat beberapa perbedaan jalan cerita.

Seperti teman dekat Lee Dam semasa kuliah hanya terdapat 2 orang sedangkan dalam webtun aslinya terdapat 3 orang. Drama Koreanya sendiri telah tamat dengan 16 episode, sedangkan webtunnya masih on-going hingga kini.

Strangers from Hell

drama Korea Strangers from Hell. | Sumber: AsianWiki/Kompas
drama Korea Strangers from Hell. | Sumber: AsianWiki/Kompas

Apabila dua drama korea sebelumnya mengangkat genre romantis, nah yang satu ini memiliki genre thriller horor. Diadaptasi dari webtun berjudul Strangers from Hell milik Kim Yong Ki, drama ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang mendapat tawaran pekerjaan di Seoul. Pria bernama Yoon Jong Woo ini diperankan oleh Im Si Wan.

Jong Woo kemudian menetap di sebuah asrama murah bernama Eden Gosiwon. Namun, terdapat satu hal yang ganjil yaitu ketika para tetangganya sesama penghuni kamar asrama lain tampah aneh dan mencurigakan.

Sweet Home

drama Korea Sweet Home. | Sumber: Insertlive
drama Korea Sweet Home. | Sumber: Insertlive

Meski berjudul Sweet Home, cerita yang dimiliki drama Korea satu ini justru mengusung genre thriller horor. Diadaptasi dari webtun berjudul Sweet Home karangan Kim Kan Bi atau akrab dikenal Kim Carnby dan Youngchan Hwang. Drama Korea dengan judul yang sama ini mengisahkan tentang seorang pemuda yang sudah putus asa ingin mengakhiri hidupnya.

Namun, justru keadaan berubah semakin mencekam ketika kota tempat mereka tinggali dikepung oleh monster. Hal itu membuat ia bersama para penghuni apartemen lainnya terjebak serta harus berusaha untuk bertahan hidup.

Itu dia beberapa webtun yang diangkat menjadi drama Korea. Selain itu terdapat beberapa drama Korea lainnya yang juga diadaptasi dari webtun, seperti Nevertheless, My ID is Gangnam Beauty, Cheese in Trap, dan masih banyak lagi. Jadi, apa drama korea favorit Goodmates?

Referensi: Netflix | CNN Indonesia | Gensindo | Kumparan | Kompas | Naver