Selain Lidah Buaya, Ini 7 Bahan Alami untuk Jaga Kesehatan Rambut
Kesehatan rambut alami | Foto: Unsplash

Menjaga kesehatan rambut adalah bentuk kepedulian terhadap penampilan. Memiliki rambut yang lebat dan sehat menjadi salah satu daya tarik dari penampilan diri sendiri. Untuk merawat rambut tidak hanya dengan perawatan mahal, bisa juga dengan bahan-bahan alami.

Bukan tanpa sebab, memiliki rambut yang patah dan rontok, sering menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang. Sayangnya, perawatan rambut dengan menggunakan produk kecantikan memerlukan biaya yang mahal. Produk-produk seperti hair tonic atau serum dianggap terlalu mahal bagi sebagian orang.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Selayaknya produk kecantikan, bahan alami ini mampu menutrisi sel kulit rambut, menguatkan akar dan batang rambut, melembapkan kulit kepala, dan mengatasi permasalahan rambut lainnya.

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang paling sering digunakan. Penggunaan lidah buaya biasanya dilakukan dengan mengoleskan gel pada kulit kepala. Selain lidah buaya, masih banyak bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk kesehatan rambut. Kamu bisa menggunakan beberapa alternatif bahan alami berikut untuk menjaga rambut agar tetap sehat tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

1. Lemon

Lemon | Foto: Unsplash

Lemon adalah bahan alami yang bisa digunakan sebagai penyubur rambut. Menggunakan perasan air lemon dapat meningkatkan pertumbuhan dan kualitas rambut, serta menjaga kesehatan kulit kepala

Kamu bisa mengoleskan perasan air lemon ke kulit kepala dan rambut selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan shampo.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa | Foto: Unsplash

Minyak kelapa adalah bahan alami yang cocok digunakan untuk penyubur rambut. Kandungan asam amino dalam minyak kelapa mampu mencegah hilangnya protein pada rambut. Kamu bisa memijat kepala menggunakan minyak kelapa setelah atau sebelum mencuci rambut.

Jika rambut kering, kamu bisa memijat menggunakan minyak kelapa dan meninggalkannya seharian. Sebaliknya, kamu bisa meninggalkannya hanya semalaman atau beberapa jam jika rambut kamu berminyak.

3. Bawang merah

Bawang merah | Foto: Unsplash

Bumbu masak satu ini baik digunakan sebagai obat penumbuh rambut di daerah kebotakan. Kandungan sulfur yang tinggi dan anti bakteri pada bawang merah membantu mengobati kebotakan.

Hal ini membuat bawang merah sudah dikenal sebagai penumbuh rambut alami sejak lama. Kamu bisa menghaluskan satu  siung bawang merah dan usapkan pada daerah kebotakan secara teratur.

4. Seledri

Seledri | Foto: Pexels

Seledri memiliki kandungan vitamin A, B, mineral natrium, dan kalsium yang dikenal mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan seledri segar dan mengoleskannya pada kulit kepala.

Untuk menghindari kontaminasi bakteri dan kuman, kamu bisa membersihkan rambut terlebih dahulu. Diamkan selama 45 menit hingga 1 jam agar vitamin dan mineral dapat terserap sempurna. Kemudian bersihkan rambut dengan air bersih dan tanpa menggunakan shampo.

5. Alpukat

Alpukat | Foto: Unsplash

Buah alpukat bisa digunakan sebagai masker penumbuh rambut alami. Kandungan asam lemak omega 3 pada alpukat mampu mendorong pertumbuhan dan meningkatkan kesehatan rambut.

Kamu bisa menghaluskan satu alpukat yang ditambahkan ½ cangkir susu, dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

6. Putih Telur

Putih telur | Foto: Unsplash

Putih telur mampu membuat batang dan akar rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, juga bisa membantu proses pertumbuhan rambut. Dengan begitu, putih telur bisa digunakan untuk menyuburkan rambut secara alami.

Putih telur juga dikenal mampu menutrisi kembali sel kulit, dan menghindarkannya dari berbagai macam masalah rambut.

7. Bawang bombay

Bawang bombay | Foto: Unsplash

Bawang bombay adalah bahan alami yang bisa menjadi opsi penyubur rambut. Ini karena kandungan dalam bawang bombay mampu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan keratin di rambut.

Cara penggunaannya cukup dengan menghaluskan bawang bombay dan oleskan pada kulit kepala serta rambut. Diamkan selama 15 menit dan cuci rambut menggunakan shampo.

Bahan alami di atas bisa menjadi opsi untuk menjaga rambut agar tetap sehat. Selain itu, bahan-bahan tersebut murah dan mudah ditemukan. Jadi, tidak perlu pusing untuk bagaimana cara menjaga kesehatan rambut lagi, ya, Goodmates!

Referensi: Kompas | Liputan6