Selain Pantai Kuta, Nusa Penida Juga Punya Pantai yang Indah
Pantai yang Indah di Nusa Penida | Foto: Unsplash

Memasukan Nusa Penida dalam list kunjungan jika ke Bali adalah pilihan yang tepat, mengingat banyak spot wisata yang wajib dikunjungi. Wisatawan yang ke Bali biasanya tertarik akan beberapa hal, mulai dari budaya lokal, kuliner, kesenian Bali, dan pantai tentunya.

Berbicara mengenai pantai, mengunjungi pantai Kuta, Sanur, Pandawa, hingga Nusa Dua terasa sangat mainstream. Mengingat, pantai-pantai tersebut memang menjadi spot wisata pantai nomor atas di Bali dan sudah dikenal hingga mancanegara.

Jika kamu mencari hal baru, mengunjungi Nusa Penida adalah jawaban yang tepat. Pasalnya, di Nusa Penida terdapat beragam pantai yang menawarkan panorama indah nan mengagumkan.

Nusa Penida adalah pulau yang terletak di selatan Bali bersama Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Secara geografis, masih termasuk provinsi bali, tepatnya Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Di sini kamu bisa mengunjungi beberapa pantai. Berikut pantai indah di Nusa Penida.

1. Broken Beach

Broken Beach | Foto: Unsplash

Broken Beach atau masyarakat lokal menyebutnya Pantai Uug adalah pantai yang bisa kamu kunjungi di Nusa Penida. Di sini kamu bisa menikmati panorama pantai yang berbeda jika dibandingkan dengan beberapa pantai yang sudah terkenal lainnya.

Broken Beach memiliki tebing dengan ketinggian sekitar 50 sampai 200 meter dan berlubang di tengahnya. Tebing yang berlubang membuat keunikan di tempat ini, karena tampak seperti jembatan.

Air laut yang terperangkap di tengah tebing juga terlihat seperti sebuah kolam raksasa. Keindahan yang ditawarkan Broken Beach cocok buat kamu yang ingin berswa foto dan mempercantik feed Instagram kamu.

2. Angel’s Billabong

Angel's Billabong | Foto: Unsplash

Angel’s Billabong atau kolam bidadari adalah pantai yang letaknya tidak jauh dari Broken Beach. Kolamnya terbentuk dari pecahan karang di pinggir laut. Air didalamnya berasal dari hempasan air laut yang pasang, sehingga bisa dinikmati ketika air laut sedang surut.

Angel’s Billabong memiliki batas aman yang dipasang untuk menjaga keamanan dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Jika kamu berkunjung kesini, pastikan untuk memperhatikan batas aman wilayah tersebut, agar aman dari arus ombak yang bisa menyeret hingga ke tengah laut.

3. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking | Foto: Unsplash

Pantai Kelingking terletak di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Pantai ini disebut Pantai Kelingking karena pintu masuk menuju pantai menyerupai kelingking dengan tebing dan bukitnya menjorok ke laut.

Jika kamu berkunjung ke pantai ini, pastikan selalu berhati-hati selama perjalanan. Jalan menuju pantai cukup sulit karena terjal dan tebingnya memiliki kemiringan 70 hingga 80 derajat. Meski demikian, kamu bisa menikmati panorama yang mengagumkan jika sudah sampai di lokasi.

4. Crystal Bay

Crystal Bay | Foto: Pixabay

Pantai Crystal Bay adalah salah satu pantai alami yang masih belum banyak campur tangan manusia. Dinamakan crystal karena air pantai yang jernih dengan pasir putih dan bersih. Maka, panorama yang ditawarkan tidak kalah cantik dengan pantai lainnya.

Di pantai Crystal Bay, kamu juga bisa melakukan wisata bawah laut dengan melakukan snorkling atau diving. Pasalnya, ombak laut yang tenang dan air yang jernih mendukung kamu untuk bisa menikmati pesona bawah laut.

5. Pantai Atuh

Pantai Atuh | Foto: Unsplash

Jika kamu berkunjung ke Pantai Atuh, disarankan untuk berkunjung sebelum matahari terbit. Pantai Atuh adalah salah satu pantai dengan spot untuk melihat sunrise paling indah. Pantai ini juga didukung dengan pasir putih nan bersih, dan air laut yang berwarna biru jernih.

Pantai Atuh tergolong pantai yang masih belum banyak dikunjungi, sehingga masih alami dan asri. Ombak di pantai ini juga tenang, sehingga aman untuk bermain dipinggiran pantai. Untuk bisa ke lokasi, kamu harus berjalan menuruni bukit.

Bagi kamu yang suka dengan pantai, berkunjung ke beberapa pantai yang Indah di Nusa Penida sangat direkomendasikan. Namun, pastikan kamu tetap menjaga kebersihan dan alam sekitar sebagai upaya merawat agar tempat tersebut tetap bersih dan indah.

Referensi: IDN Times | Kompas