Trending di Twitter #LetTheEarthBreath, Ayo Selamatkan Bumi dengan 5 Langkah Sederhana!
Lindungi Bumi untuk Lindungi Kita

#FutureSkillsGNFI

Halo GoodMates, apakah kalian tau bahwa trending hastag #LetTheEarthBreath telah mencapai lebih dari 2.07 juta tweet pada Jumat, 15 April 2022, pukul 11.30 WIB. Hal ini disebabkan oleh aksi protes para ilmuan National Aeronautics and Space Administration (NASA) Peter Kalmus dan ilmuwan lainnya yang diselenggarakan oleh Scientist Rebellion di NASA’s Jet Propulsion Laboratory in California.

Aksi ini merupakan bagian dari aksi global oleh para ilmuan di seluruh dunia. Dalam video ditunjukkan bahwa protes melibatkan para ilmuwan yang merantai diri mereka ke pintu gedung JPMorgan Chase. Para ilmuan terlihat menangis saat menyuarakan peringatan iklim global dan ditangkap di Los Angeles. Video mengenai aksi protes ini tersebar luas di sosial media dan viral setelah dibagikan jutaan kali oleh para netizen.

Climate Change of Earth | Foto: NASA

Menelisik dari kekhawatiran tersebut, ternyata ada beberapa hal sederhana yang bisa GoodMates lakukan untuk turut serta menyelamatkan bumi, lho.

The Earth is what we all have in common” – Wendell Berry

1. Zero Waste (Reduce, Reuse, Recycle)

Gaya Hidup Zero Waste Guna Minimalisir Sampah | Foto: Aliansizerowaste.id

Zero waste adalah bentuk gaya hidup yang mendorong kita untuk lebih bijak dalam mengonsumsi dan memaksimalkan siklus hidup sumber daya. Jadi, produk yang ada di keseharian bisa digunakan kembali.

Dengan adanya zero waste, kita diharapkan mampu mengurangi banyaknya sampah serta limbah di bumi. Mulai dari penggunaan shopping bag (kantung belanja kain), botol tumbler, serta alat makan pakai ulang dapat jadi langkah awal mengurangi limbah plastik.

2. Hemat Penggunaan Listrik

Gaya Hidup Zero Waste Guna Minimalisir Sampah | Foto: Kominfo

Listrik merupakan salah satu energi yang bersumber dari tenaga uap, air, surya (matahari), diesel, dan energi lain. Dilansir dari idxchannel.com, 61 persen sumber listrik di Indonesia masih memiliki ketergantungan yang tinggi pada produksi listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang bahan bakarnya menggunakan batu bara.

Batu bara sebagai bahan bakar tentunya menyisakan limbah berupa emisi karbon dan pencemaran lingkungan. Semakin tinggi penggunaan daya listrik, maka semakin tinggi pula emisi CO2 yang dihasilkan sehingga semakin tinggi kemungkinan kerusakan atmosfer bumi. Untuk itu, perlu dilakukan penghematan listrik.

3. Tanam Pohon (Reboisasi)

Kegiatan Menanam Pohon | Foto: Kompas

Pohon merupakan salah satu aspek terpenting bagi kehidupan, kaitannya dengan peran pohon sebagai penghasil oksigen. Menanam pohon dapat memunculkan banyak manfaat bagi bumi, d iantaranya udara sekitar sehat dan segar, mengurangi pemanasan global, mengurangi banjir dan tanah longsor, serta mengurangi polusi udara.

4. Gunakan Transportasi Umum

MRT Jakarta sebagai Kendaran Umum | Foto: Kompas

Penggunaan kendaraan umum dapat mengurangi emisi yang dihasilkan kendaraan pribadi, mengurangi kemacetan yang berakibat polusi, serta mendukung program mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.

5. Gunakan Masker Kain

Masker Kain Produk UMKM | Foto: Detik.com

Kondisi pandemi seperti saat ini turut menciptakan permasalahan lingkungan baru, kaitannya dengan limbah masker sekali pakai yang menumpuk. Hal ini dikarenakan seluruh masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dalam rangka mengurangi limbah sampah masker sekali pakai, kita dapat memilih menggunakan masker kain sebagai salah satu solusi untuk mencegah penularan virus serta pengurangan limbah.

 

Referensi: Kompas | Detik.com | NASA | Kominfo | Zero Waste