Pekerjaan Menumpuk? Lakukan Cara Ini untuk Selesaikan dengan Mudah
Ilustrasi Pekerjaan Menumpuk | Foto:Pexels.com/Cottonbro

Pekerjaan yang menumpuk dikantor, bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Baik itu dari faktor perusahaan yang memang load kerjanya sedang tinggi atau karena kita yang kurang pintar dalam hal manajemen waktu. Tentu saja sangat tidak apik jika pekerjaan kita menumpuk, terlebih itu harus diselesaikan dalam waktu secepatnya.

Sebisa mungkin, jangan biarkan hal itu terjadi pada diri kita. Tapi, apakah Goodmates relate dengan kondisi tersebut? Jangan panik ya, tenang. Kita punya cara-cara yang bisa dilakukan Goodmates untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dengan mudah. Perhatikan dengan seksama, pahami, dan segera lakukan ya.

  1. Menenangkan Diri
Ilustrasi menenangkan diri
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Hal ini adalah salah satu cara yang paling mudah dilakukan sebelum mengerjakan hal lainnya. Menenangkan diri adalah cara yang sangat penting ketika menghadapi pekerjaan yang menumpuk, apalagi dengan waktu deadline yang begitu mepet.

Jangan panik! Apabila kamu mengalami panic attack, jelas hal tersebut akan menyulitkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan fokus dan optimal. Untuk menghindarinya, kamu bisa menarik nafas dalam-dalam, makan coklat yang bisa meningkatkan suasana hati, atau minum minuman yang menyegarkan. Selain itu, tentu jangan lupa untuk meyakinkan dirimu bahwa kamu bisa melalui hal ini.

  1. Mengatur Skala Prioritas
Ilustrasi atur skala prioritas
Pexels.com/SuzyHazelwood

Banyaknya pekerjaan yang menumpuk memang mampu membuat diri kita menjadi bingung untuk memulai dari mana. Jika kamu terjebak dalam kondisi tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan mencatat list pekerjaan sesuai dengan deadline yang ditentukan. Jika semuanya sudah di list, maka kamu bisa membuat skala prioritas. Dengan begitu pekerjaanmu akan menjadi lebih mudah dan terarah, bukan hanya asal mengerjakan.

  1. Mencicil Pekerjaan
Ilustrasi mencicil pekerjaan
Pexels.com/VladaKarpovich

Yang membuat pekerjaan menjadi menumpuk, salah satunya bisa jadi karena kamu menunda pekerjaan. Padahal, hal tersebut bisa diminimalisir misalnya dengan mencicil pekerjaan tersebut satu per satu. Kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang paling mudah terlebih dahulu atau berdasarkan waktu deadline yang sudah mepet. Jika satu per satu pekerjaan sudah selesai, maka tak akan ada lagi yang namanya pekerjaan menumpuk di depan mata kamu.

  1. Lingkungan yang Supportif
Ilustrasi lingkungan yang supportif
Pexels.com/PavelDanilyuk

Lingkungan kerja juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat pekerjaanmu tertunda atau berjalan lancar. Jika kamu berada di lingkungan kerja yang supportif, pasti rekan-rekan disekitarmu akan menjadi pendukung yang baik dalam menyelesaikan segala pekerjaanmu. Dukungan yang diberikan baik itu secara mental ataupun bantuan langsung, sudah pasti dapat meringankan beban kerja.

Maka dari itu, kamu harus mencari atau memilih lingkungan yang tepat agar kamu bisa fokus dalam mengerjakan pekerjaan yang menumpuk itu dan tidak panik. Bahkan, kalau bisa carilah yang satu frekuensi dan bisa membantu untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

  1. Jangan Lupa Istirahat
Ilustrasi istirahat
Pexels.com/KetutSubiyanto

Siapa bilang memiliki pekerjaan yang menumpuk tidak boleh istirahat? Justru poin ini sangat penting untuk dilakukan ketika menghadapi pekerjaan yang menumpuk. Percayalah, kamu butuh waktu istirahat demi mengumpulkan energi dan konsentrasimu untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.

Hindari begadang dan memaksakan fisikmu untuk menyelesaikan seluruh pekerjaanmu dalam waktu sehari. Hal itu mungkin saja bisa, namun tidak akan maksimal karena energimu akan terkuras. Ingat ya, kamu manusia dan bukan robot.

Jika kamu menghadapi situasi seperti ini, kamu bisa melakukan beberapa cara tersebut sebagai solusinya. Terlihat mudah, namun membutuhkan komitmen untuk menjalaninya. Ya, hal ini penting dilakukan agar bisa meminimalisir terjadinya kesalahan dalam bekerja ketika mendapati pekerjaan yang menumpuk. Selamat mencoba ya, Goodmates!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

 

Referensi: Your Say Suara | IDN Times

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.