Bangkitkan Semangat Kuliah Dengan Menonton 3 Film Ini
Illustrasi mahasiswa menonton film | Foto: Pixels/Julia

Menonton film adalah sesuatu yang menyenangkan bagi yang hobi. Biasanya, mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton berbagai film kesukaan. Jenis film pun beragam, mulai dari action, drama, hingga horror.

Meski beragam, ternyata ada beberapa film yang bisa membantu kamu semangat kuliah lagi. Tentu dampaknya tidak langsung, kembali lagi bergantung dengan cara kamu menyikapi diri sendiri.

Dengan menonton film yang menceritakan perjuangan selama kuliah, bisa menjadi stimulus buat kamu untuk semangat kuliah lagi. Bagi kamu mahasiswa yang sudah menginjak semester akhir tentu sedang merasakan penatnya kuliah.

Ada beragam cara yang sebenarnya bisa kamu lakukan untuk membangkitkan semangat kuliah, seperti halnya menonton film. Berikut beberapa rekomendasi film yang bisa membangkitkan semangat kuliah kamu.

1. Film The Theory of Everything

Film The Theory of Everything | Foto: Tribunnews

Pertama ada film "The Theory of Everything" yang merupakan drama romantis biografi karya sutradara James Marsh. Mengadaptasi memoar berjudul Travel to Infinity: My Life with Stephen Hawking oleh Jane Hawking yang terbit tahun 2017, film ini bercerita tentang Stephen Hawking.

Baca juga: Tak Hanya Harry Potter, 5 Film Ini Bisa jadi Sarana Belajar Aksen British

Hawking adalah seorang fisikawan yang jenius dan terkenal. Selama hidupnya, Stephen Hawking mengalami Sklerosis Lateral Amiotrof (ALS) sebuah penyakit saraf motorik atau Lou Gehrig. Penyakit tersebut membuat Hawking mengalami penurunan kesehatan, dan melumpuhkan tubuhnya secara perlahan selama puluhan tahun.

Meski memiliki kondisi tubuh yang lumpuh, tidak menghambat semangat Hawking untuk terus berkarya menghasilkan beberapa buku. Semangat itu yang patut Goodmates tiru untuk terus bekerja keras meskipun ada beberapa halangan yang menghambat.

2. Film Accepted

Film Accepted | Foto: Kompas

Selanjutnya ada film yang terbit pada tahun 2006, hasil karya dari Steve Pink. Film "The Accepted" menceritakan kisah dua orang yang bernasib sama. Bartleby Gaines dan Schermen Schrader adalah dua pemuda remaja pemalas yang tidak lolos di universitas.

Mereka tidak ingin mengecewakan orang tuanya akan hal itu. Maka, kedua pemuda tersebut akhirnya membuat kampus fiktif bernama South Harmon Institute of Technology S.H.I.T

Awalnya, mereka hanya ingin mengelabuhi orang tua saja. Namun, banyak remaja yang gagal masuk univeritas berminat gabung ke universitas fiktif itu. Bartleby dan Schermen pun merasa bingung, tetapi mereka terus melajutkan rencananya.

Baca juga: Ingin Mengenal Metaverse Lebih Jauh? Tonton Film Ini!

S.H.I.T memanglah kampus fiktif, tetapi pelajaran yang ada di dalamnya memberikan nilai positif. Di sana, mereka memacu mahasiswa untuk mengembangkan passion dan menemukan tujuan hidup.

3. Film Rudy Habibie

Film Rudy Habibie | Foto: IMDb

Siapa tak tahu film satu ini? Film "Rudy Habibie" mengangkat cerita presiden ke-3 Indonesia, yakni BJ Habibie. Film ini mengisahkan Rudy yang melanjutkan pendidikannya di Jerman. Di sana, Rudy memiliki teman beberapa mahasiswa yang juga berasal dari Indonesia.

Mimpi Rudy adalah mengembangkan teknologi dirgantara di Indonesia. Namun, mimpi tersebut mendapat respon negatif dari teman-temannya. Meski demikian, Rudy terus bersemangat berkat dukungan orang tua dan kekasihnya.

Baca juga: Rekomendasi Film Barat Tentang Memulai Perjalanan Self Love

Di film ini mengisahkan pula rasa frustrasi yang Rudy alami karena kesulitan keuangan, hingga sempat ingin pulang ke Indonesia. Akan tetapi,  hal tersebut urung terjadi. Kamu bisa mengambil pelajaran penting dari film ini untuk semangat belajar dan berjuang menggapai mimpi meskipun beberapa orang meragukan.

Selain film di atas, ada beberapa film yang bisa kamu tonton untuk meningkatkan semangat kuliah. Hadirnya film-film seperti di atas bisa menjadi pendorong bagi mahasiswa untuk terus bekerja keras menggapai mimpi meski banyak halangan.

Referensi: Kompas | Ruang Mahasiswa