Serba-Serbi Universitas Terbuka, Perguruan Tinggi Sejak 1984
Universitas Terbuka | Sumber: facebook: @utsamarinda/Harga.web.id

Goodmates, bagi kamu yang saat ini sedang menempuh perkuliahan dengan pembelajaran jarak jauh secara online. Tahu tidak, kalau jauh sebelum kamu menerapkan kelas online, terdapat kampus yang telah lebih dulu mengusung pembelajaran jarak jauh?

Sebagian dari kamu mungkin pernah mendengar nama Universitas Terbuka atau yang biasa disingkat UT. Ya, perguruan tinggi negeri yang telah diresmikan sejak 4 September 1984 ini menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka.

Dilansir dari situs resminya, jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media cetak (modul) dan non-cetak seperti audio/video, internet, siaran radio dan televisi.

Makna terbuka adalah tidak ada batasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA/sederajat).

Sebab sistem belajarnya yang fleksibel, mudah dilakukan kapanpun dan di mana saja. Sangat memungkinkan bila kamu ingin berkuliah sambil bekerja. Sebaliknya, tetap mempertahankan pekerjaan sambil melanjutkan studi.

Jurusan yang ada di Universitas Terbuka

Universitas Terbuka. | Sumber: SINDOnews
Universitas Terbuka. | Sumber: SINDOnews

Goodmates yang sedang berada di bangku sekolah menengah atas mungkin sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Selain universitas-universitas yang ada di sekitar daerah tempat tinggalmu, mungkin kamu juga ingin mempertimbangkan Universitas Terbuka sebagai salah satu pilihan.

Sebab, Universitas Terbuka juga memiliki banyak pilihan program studi yang tak kalah dengan universitas lainnya. Universitas Terbuka yang merupakan perguruan tinggi negeri ke-45 di Indonesia ini menawarkan program diploma, sarjana, pascasarjana dan doktor.

Terdapat empat fakultas, di antaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Program studi yang dimiliki oleh fakultas-fakultas ini di antaranya Ilmu Komunikasi, Manajemen Periklanan, Ilmu Pemerintahan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Teknologi Pangan, Agribisnis, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari situs resminya, Universitas Terbuka memiliki akreditasi B berdasarkan penilaian oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Adapula beberapa program studinya telah mendapat akreditasi A di antaranya program studi Diploma III Perpajakan, Diploma IV Kearsipan.

Pada program sarjana yang memiliki akreditasi A adalah program studi Pendidikan Matematika, Ilmu Administrasi Negara, Sosiologi, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Bisnis, dan Ilmu Hukum.

Biaya pendidikan yang dimiliki Universitas Terbuka memiliki layanan sistem yang berbeda. Terdiri dari lima skema layanan sistem paket semester (SIPAS). SIPAS Non TTM, SIPAS Semi, SIPAS Penuh, SIPAS Plus dan SIPAS Online.

Setiap jenis SIPAS memiliki komponen layanan yang berbeda-beda. Secara keseluruhan, biaya perkuliahan di Universitas Terbuka mulai dari kisaran Rp1.150.000 hingga Rp3.650.000.

Bagi Goodmates yang tertarik mendaftar, dapat mendaftar secara online di situs resmi Universitas Terbuka atau mendaftar di Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT yang terletak di kota terdekat dari tempat tinggalmu.

Setelah mengisi formulir data diri yang dapat diunduh dari situs resmi UT, kamu akan diminta mengunggah beberapa dokumen untuk melengkapi persyaratan. Mulai dari surat pernyataan, pas foto, fotokopi ijazah, dan sebagainya. Selengkapnya dapat kamu temukan di situs resmi ut.ac.id.

Referensi: Universitas Terbuka | Quipper | Pintek