Sering Merasa Lelah Saat Bangun Tidur? Mungkin Kamu Mengalami Ini
Bangun Pagi | Unsplash - Kate Stone

Mendapatkan tidur yang cukup setelah beraktivitas seharian menjadi hal penting yang perlu diterima oleh tubuh. Tidak hanya untuk mempersiapkan diri untuk esok hari agar lebih segar, tidur juga menjadi tindak pencegahan paling murah dari berbagai penyakit.

Namun apakah Goodmates pernah merasakan tubuh terasa lelah bahkan setelah bangun tidur? Bahkan setelah mendapat tidur delapan jam pun, kamu masih merasa tidak punya tenaga untuk memulai hari. Jika hal tersebut terjadi, waspada deh! Mungkin kamu sedang mengalami tanda-tanda berikut.

Tengah Mengalami Stress

Penyebab Tubuh Lelah | Unsplash - Kinga Cichewicz
Penyebab Tubuh Lelah | Unsplash - Kinga Cichewicz

Stress merupakan hal yang mungkin umum ditemukan terutama pada anak-anak muda. Entah itu stress karena pekerjaan, ataupun disebabkan karena permasalahan yang belum juga selesai sehingga stress pun dirasakan oleh tubuh.

Seperti yang diketahui bahwasannya stress menjadi pemicu utama masuknya penyakit ke dalam tubuh, hal tersebut juga bisa mempengaruhi istirahat kamu. Stress berlebih juga bisa membuat otak lebih banyak bekerja sehingga kamu masih terasa lelah walaupun tengah terlelap.

Paparan Sinar Bluelight 

Memeriksa gadget sebelum tidur mungkin sudah jadi kebiasaan bagi sebagian orang. Namun apa Goodmates tahu, ternyata hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas tidur kita lho

Hal tersebut dipaparkan oleh situs Halo Doc yang dimana paparan sinar biru (bluelight) dapat menekan sekresi melatonin yaitu hormon yang mengatur ritme sirkadian tubuh. Ritme sirkadian sendiri sering disebut berhubungan dengan kualitas tidur.

Dilansir dari Kompas, sirkadian tubuh merupakan sistem jam internal yang mengatur proses penting dalam tubuh, salah satunya adalah sistem kapan kita bangun dan juga kapan kita tidur. 

Jika sinar biru terus memapar kita, maka akan mengganggu ritme sirkadian tersebut sehingga tubuh menjadi kelelahan walaupun sudah tertidur lelap.

Olahraga Terlalu Keras

Olahraga memang baik untuk kesehatan, bahkan olahraga merupakan aktivitas yang baiknya dilakukan untuk tubuh yang lebih bugar dan terlindungi oleh penyakit.

Namun ternyata olahraga terlalu keras bisa menyebabkan tubuh lelah saat bangun tidur juga! Dilansir dari Merdeka, hal tersebut disebabkan oleh kelenjar adrenal dan hormon yang tidak seimbang yang disebabkan olahraga keras sehingga tubuh merasa kelelahan.

Selain itu, otot pun menjadi tegang dan sulit rileks, hal tersebut juga menjadi pemicu rasa lelah pada tubuh, sebab tubuh kita tidak berada di fase rileks.

Mengalami Gangguan Tidur

Jika kamu memiliki gangguan tidur seperti Insomnia, Sleep Apnea, dan gangguan tidur lainnya, itu juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa kamu masih merasa lelah pada saat bangun tidur.

Sebab gangguan tersebut memberikan reaksi buruk terhadap tubuh sehingga tubuh akan terasa lelah. Untuk permasalahan yang satu ini, Goodmates disarankan untuk segera menemui dokter untuk mendapat perawatan lanjut ya.

Kebanyakan Tidur

Jika kamu berpikir bahwasannya tidur terus menerus akan membuat tubuh menjadi fit, itu tandanya kamu harus segera menyingkirkan pemikiran tersebut ya. Alih demikian, kebanyakan tidur justru menjadi salah satu faktor tubuh merasa lelah setelah bangun tidur.

Dilansir dari Klik Dokter, kebanyakan tidur atau tidur menyimpang dari jam normal akan membuat ritme alami tubuh terganggu dan membuat tubuh menjadi lemas. Bahkan tidur terlalu lama akan membuat energi terkuras juga.

Ya, tidur juga ternyata membutuhkan energi juga lho. Energi yang dibutuhkan pada saat tidur digunakan untuk membentuk sel baru, membantu pernafasan, sirkulasi darah, dan juga metabolisme. 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara Mengatasi Lelah | Unsplash - Christopher Jolly
Cara Mengatasi Lelah | Unsplash - Christopher Jolly

Jika sudah terjadi, lantas apa yang perlu kita lakukan ya? Dilansir dari Alo Dokter, tubuh terasa lelah setelah bangun tidur bisa diatasi dengan cara berikut.

  1. Lakukan teknik relaksasi seperti meditasi, atau mandi air hangat
  2. Hindari mengkonsumsi makanan berat dan minum berkafein sebelum tidur
  3. Tidur siang sekitar 20 menit setiap hari untuk kurangi rasa lelah
  4. Usahakan tidur dan bangun tidur di waktu yang sama setiap harinya
  5. Membuat suasana kamar agar kondusif
  6. Hentikan bermain gadget sebelum tidur

Namun jika ternyata hal tersebut belum juga berhasil membuat tubuh terasa segar, disarankan untuk segera menemui dokter untuk mendapat tindakan lebih lanjut, ya.

Referensi:  Halo Doc Kompas Merdeka | Klik Dokter | Alo Dokter