Seru-Seruan lewat Konser Virtual Gratis Berskala Internasional
Konser © Unsplash/Anthony Delanoix

Industri musik di seluruh dunia masih mencoba pulih dari kondisi pandemi COVID-19 yang mempengaruhi pekerjaan mereka. Pencinta musik pun merasakan kesedihan yang sama karena pandemi COVID-19, membuat konser dan festival musik secara langsung terpaksa ditiadakan. Meskipun keadaan seakan memburuk, tetapi teknologi semakin berkembang.

Teknologi yang kian canggih memungkinkan industri musik pun bisa bangkit kembali. Semua aktivitas bermusik ditransformasikan menjadi aktivitas daring, yang membuka peluang baru untuk ide-ide kreatif. Dengan ini, budaya bermusik dalam konser menjadi suatu konsep yang baru, yaitu konser virtual.

Konser virtual memungkinkan kita untuk menonton konser musik dari luar negeri yang mungkin tidak dapat kita hadiri apabila dilaksanakan secara langsung. Muncul konser virtual berskala internasional yang menampilkan sejumlah artis luar negeri. Satu konser virtual yang menjadi perbincangan hangat di awal tahun 2022 ini adalah SMTOWN LIVE 2022: SMCU EXPRESS @KWANGYA.

Konser virtual ini digelar pada Sabtu, 1 Januari 2022 lalu. Dilansir Soompi, konser ini sukses memecahkan rekor 51 juta streamer dari 161 wilayah yang berbeda. Hal ini yang membuat SMCU EXPRESS menjadi rekor streamer tertinggi dari konser virtual yang pernah diselenggarakan Korea.

SMTOWN LIVE Culture Humanity © VLIVE/SMTOWN
SMTOWN LIVE Culture Humanity © VLIVE/SMTOWN

Diketahui bahwa konser SMTOWN Live “Culture Humanity” yang digelar tahun lalu pecah rekor dengan 35,83 juta streamer. Tidak mengherankan, konser ini dibuat dengan konsep yang berbeda dari konser biasanya.

Tentunya, SMTOWN Live selalu menciptakan penampilan terbaik artis-artis mereka, termasuk Onew SHINee, Key SHINee, Minho SHINee, Taeyeon dan Hyoyeon SNSD, aespa, Kangta H.O.T, BoA, TVXQ, Super Junior, Kai EXO, Red Velvet, NCT U, NCT 127, NCT DREAM, dan Kun serta Xiaojun dari WayV.

Hal yang ditunggu-tunggu dalam konser ini dari seluruh penggemar SMTOWN adalah debutnya projek baru girl group SM Entertainment bernama GOT The Beat. Girl group tersebut terdiri dari BoA, Taeyeon dan Hyoyeon SNSD, Seulgi dan Wendy Red Velvet, serta Karina dan Winter aespa.

Kegiatan promosi konser ini juga diadakan dengan berbagai macam cara, mulai dari rilis album berjudul ‘2021 Winter SMTOWN: SMCU EXPRESS’ pada 27 Desember 2021, sampai pameran pada 30 Desember 2021. Pameran ini berupa media wall LED yang diadakan di gedung kantor baru SM lantai 1. Konsep promosional ini tentunya sejalan dengan tema futuristik yang tengah dibangun SM.

Ini menjadi sesuatu yang baru di jagat permusikan dunia. Terlebih, konser ini diadakan secara gratis. SM Entertainment merintis konsep baru yang disebut sebagai new culture technology baik di Korea Selatan maupun dunia. Bertema futuristik dengan objek kereta yang menuju suatu tempat bernama Kwangya, tentunya menjadi ciri khas konser virtual SM di tahun ini.

Konser virtual lainnya

Selain SM Entertainment, terdapat beberapa konser virtual lagi yang akan datang di tahun 2022 ini secara gratis. Apabila kamu merupakan penggemar dari alternative rock oleh Coldplay, Imagine Dragons, 21 Pilots, Kings of Leon, Willow, All Time Low, dan Maneskin, maka kamu harus menonton iHeartRadio Alter Ego 2022 yang diselenggarakan pada 15 Januari melalui livexlive.com.

SM Entertainment juga berpartisipasi kembali di konser virtual Scream Labels - ‘SHOWME’, yang menampilkan DJ Minimonster dalam remix lagu ‘Kick It’ dari NCT 127 dan ‘Hot Sauce’ dari NCT DREAM. Nah, masih banyak lagi konser-konser virtual yang bisa kamu akses secara gratis. Pastikan jangan ketinggalan, ya!

Menurut The Drama Review, konser virtual dianggap sebagai angin segar sekaligus hiburan bagi mereka yang bosan berada di rumah akibat pandemi. Konser virtual juga mampu memulihkan rasa rindu mereka terhadap konser secara langsung. Oleh karena itu, istilah konser virtual semakin banyak diketahui, diminati, dan tentunya akan terus dikembangkan lagi dengan teknologi masa kini.

Referensi: TDR | Soompi | Bandwagon Asia