Siap-siap! Beasiswa ini Akan dibuka Pada Awal tahun 2022
Beasiswa Awal Tahun 2022 | Unsplash - Li Guan

PENULIS: Anisa Fitri Maulida

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting bagi sebagian orang. Tak jarang orang-orang harus memutar otak, mencari cara agar dapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Salah satunya adalah dengan mencari beasiswa baik untuk berkuliah di luar negeri maupun di dalam negeri. 

Tidak hanya mendapat keringanan biaya, mendapatkan beasiswa secara tidak langsung memberikan banyak fasilitas yang mungkin tidak akan di dapatkan bila mendaftar secara mandiri. Tidak hanya itu, koneksi-koneksi pun bisa didapatkan dengan mudah dan juga beragam.

Tak heran bila begitu banyak orang yang mendambakan beasiswa sebagai jalan untuk meraih pendidikan, apakah Kawan menjadi salah satu yang tengah memburu beasiswa saat ini? Masih semangat ‘kan untuk mencari beasiswa untuk bisa meraih pendidikan yang Kawan idam-idamkan?

Kalau begitu, biar Goodside membantu dengan memberitahu Kawan mengenai beasiswa yang akan dibuka pada awal tahun 2022. Apa saja ya? Simak informasinya!

 

Australia Award Scholarship

Bagi Kawan yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, Negeri Kangguru ini mungkin dapat menjadi pilihan. Australia Award Scholarship (Long Term Award) saat ini telah mengumumkan akan membuka peluang bagi para pejuang beasiswa untuk mendaftarkan diri.

Dilansir dari situs resmi Australia Awar Scholarship, beasiswa ini ditujukan untuk calon pemimpin yang akan melanjutkan studi, penelitian, dan juga pengembangan potensi di Australia. Beasiswa yang telah berdiri sejak 1953 ini juga merupakan beasiswa yang diturunkan langsung oleh Pemerintahan Australia.

Tidak hanya mendapat bantuan biaya, Australia Award Scholarship ini memberikan manfaat yang unik bagi para awardee. Yaitu adanya pelatihan dan pengenalan program akademik di Australia, mengembangkan skill sosial dengan mengikuti On Award Enrichment yang akan menghubungkan Kawan dengan mitra di Australia, serta menikmati kesetaraan bagi awardee perempuan, disabilitas, dan Area Fokus Geografis.

Jika Kawan penasaran, Kawan dapat mengunjungi australiaawardsindonesia.org, beasiswa ini akan dibuka pada tanggal 1 Februari sampai dengan 31 Mei.

Swedish Institute Scholarship for Global Professional

Mengejar impian untuk dapat bersekolah S2 di Eropa? Beasiswa Swedish Institute Scholarship for Global Professional memberikan peluang untuk mewujudkan impian para Kawan pejuang ini. Sesuai dengan namanya, beasiswa ini akan menempatkan kawan di universitas-universitas di Swedia, Eropa Utara. 

Ada lebih dari lima universitas yang bekerja sama dengan beasiswa ini, dan ada banyak jurusan yang bisa Kawan pilih sesuai dengan minatnya. Jadi Kawan tidak perlu takut untuk tidak mendapat kesempatan untuk menikmati indahnya Swedia sebari belajar disana.

Dilansir dari situs resmi Swedish Institute Scholarship for Global Professional  tujuan mencari awardee yang dapat memperjuangkan hak dan perkembangan negara mereka pada Sidang PBB kelak, Swedish Institute Scholarship for Global Professional akan membuka pendaftaran pada 10 Februari. Namun sebelum itu, Kawan harus melakukan pendaftaran S2 yang dimana pendaftarannya sudah dibuka dan akan ditutup pada 17 Januari 2022.

Ayo segera daftarkan diri Kawan, dan baca informasi lebih lanjut di situs si.se/en/apply/scholarships/swedish-institute-scholarships-for-global-professionals.

Global Korean Scholarship (GKS)

Penggemar oppa, ahjussi, dan noona, siapa yang sudah menunggu-nunggu beasiswa yang satu ini? Kabar gembira bahwasannya beasiswa ini akan dibuka di awal tahun 2022 lho! Seperti yang diketahui bahwa beasiswa ini merupakan beasiswa yang dikelola oleh pemerintahan Korea Selatan.

Dilansir dari situs resmi GKS, GKS dapat menerima 220 mahasiswa untuk jenjang S1 dan untuk S2 sendiri, GKS menerima 1080 mahasiswa dan akan berubah setiap waktunya. Namun untuk pejuang S1, sayang sekali waktu Kawan untuk mendaftar sudah habis. Namun untuk Kawan yang akan melanjutkan ke S2, GKS akan membuka pendaftaran pada Februari 2022 nanti.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi situs resmi studyinkorea.go.kr/in.

 

Bagaimana Kawan? Sudah tahu akan melanjutkan study kemana? Tidak hanya mempersiapkan persyaratan, ada baiknya Kawan juga mempersiapkan hal lain seperti fisik dan juga mental, sebab Kawan akan berada di negara yang jauh dari tanah air pada waktu yang lama. Selamat berjuang, para calon masa depan yang cerah!

Referensi: Australia Awards | Swedish Intitute Scholarship  Global Korean Scholarship