Siap-Siap! Kampus Merdeka Buka Kembali pada 2022
Kampus Merdeka © Unsplash/PKKMDIKTI Kemdikbud

Menyambut tahun baru 2022, mahasiswa juga menyambut datangnya semester baru. Di tengah tahun dan semester baru, datang juga peluang dan kesempatan yang akan kamu dapatkan. Kali ini, program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah dibuka kembali.

Untuk kamu yang semester lalu ketinggalan informasi atau waktu pendaftarannya, kesempatan kembali hadir untukmu. Berbagai macam jenis program Kampus Merdeka dapat kamu ikuti, mulai dari program magang, program pelatihan, sampai program penelitian. Kamu hanya perlu menemukan program yang cocok dengan kualifikasi dirimu, seperti jurusan atau latar belakang pendidikan lainnya yang telah kamu miliki.

Meskipun begitu, program Kampus Merdeka ini sendiri diselenggarakan agar seluruh pelajar di Indonesia bisa lebih fleksibel dan kreatif dalam menghadapi perubahan. Hal ini membuat terdapat beberapa program Kampus Merdeka, yang memperbolehkanmu untuk memilih bidang yang jauh berbeda dengan bidang yang kamu tekuni sebelumnya.

Bertemakan ‘Merdeka Belajar’ kamu bebas untuk mengeksplorasi hal-hal yang kamu minati dan ingin kamu dalami lainnya. Oleh karena itu, kesempatan untuk belajar 3 semester di luar program studi ini bisa kamu manfaatkan dengan mengambil mata kuliah yang tersedia di prodi tempat berkuliahmu.

Dilansir dari laman resmi Kemdikbudristek, program ini dibuat dalam menghadapi era pandemi dimana ilmu dan kompetensi berubah dengan sangat cepat. Mahasiswa diminta untuk mempunyai kapasitas baru guna menjadi SDM di masa depan yang siap berpengalaman hari ini dan merancang di hari esok.

Hal ini perlu menjadi fokus karena kita perlu mempersiapkan diri dalam menjadi SDM yang unggul, yang menguasai berbagai bidang keilmuan, siap berkolaborasi lintas disiplin keilmuan, dan siap menyelesaikan berbagai permasalahan yang kompleks.

Dilansir dari laman resmi Kemdikbudristek, semua kesempatan kegiatan yang dibuat Kemendikbudristek mendapat jaminan 20 SKS sesuai dengan Kepmen No. 75P tahun 2021, biaya hidup dan beasiswa dari LPDP. Program ini terbuka untuk semua mahasiswa dari PTN dan PTS dari seluruh Indonesia.

Sama seperti semester dan tahun sebelumnya, Kemdikbudristek memfasilitasi mahasiswa dengan program Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), dan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Di tahun 2021, keempat program tersebut sukses dengan 300 ribu mahasiswa yang datang dari 2.100 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Catat tanggal pembukaan Kampus Merdeka

Sosialisasi kampus merdeka | Foto: Tribun

Untuk program MSIB, Kemdikbudristek menyediakan kuota sebanyak 50 ribu mahasiswa dengan pembukaan pendaftaran yang terdiri dari dua gelombang, yakni Januari-Juni dan Juli-Desember 2022. Program IISMA di tahun ini membuka kuota sebanyak 1.000 mahasiswa dan akan dilaksanakan di bulan Agustus dengan periode pendaftaran pada 1-31 Maret 2022.

Kemudian, Pertukaran Mahasiswa Merdeka akan memulai pendaftaran pada 1-25 Juni 2022 bagi 20 ribu mahasiswa. Di samping itu, Kampus Mengajar akan membuka dua gelombang dengan kuota 25 ribu mahasiswa.

Ingat, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih program dan juga lembaga yang akan kamu ikuti. Pertama, pastikan tempat program tersebut dekat dari tempat tinggalmu, terlebih ketika ada kegiatan yang mengharuskanmu datang ke tempat, atau dalam kata lain, tidak daring secara penuh.

Kedua, adalah waktu yang harus kamu habiskan di dalam program ini, sesuaikan dengan jadwalmu. Terakhir adalah konversi SKS, kamu bisa membicarakan hal ini kepada pihak program studi atau fakultas kuliahmu.

Kampus Merdeka dibuka untuk memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa di Indonesia belajar dengan merdeka. Untuk itu, gunakan kesempatan ini untuk memperluas pengetahuan, pengalaman, dan koneksimu.

Kondisi perkuliahan daring akibat pandemi semakin memungkinkan kita untuk menempuh pendidikan di mana pun dan kapan pun, tanpa perlu mengkhawatirkan tempat dan waktu. Sudah siap untuk mengikuti kampus merdeka?

Referensi: Humas Ditjen Dikti | Kompas | OSF