Simak Cara Mulai Decluttering Bagi Pemula
teknik decluttering untuk membantu merapikan rumah. | Sumber: Living Loving

Memiliki tempat tinggal yang rapi mungkin menjadi idaman bagi kebanyakan orang. Rasanya suasana hati juga terasa tentram melihat barang-barang yang terletak pada tempatnya. Caranya bisa dimulai dengan decluttering untuk kamu yang masih pemula.

Seringkali tanpa kita sadari barang yang kita punya setiap tahunnya semakin bertambah. Belum lagi kalau kita memiliki kebiasaan konsumtif yang mudah tergoda untuk membeli barang-barang dengan potongan harga yang miring. Perasaan senang sesaat setelah membeli barang baru justru bisa langsung tergantikan dengan suasana hati yang buruk melihat tumpukan barang di sudut ruangan.

Mungkin sebagian dari kamu pernah mendengar istilah decluttering semenjak gaya hidup minimalis semakin marak diterapkan banyak orang. Mengutip dari Waste4change, decluttering merupakan istilah yang digunakan untuk kegiatan membersihkan atau menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi memberi manfaat dalam hidup kita. Istilah ini berasal dari kata clutter, yaitu semua barang yang terdapat di dalam rumah kita.

Meski sering dianggap sama, ternyata decluttering berbeda dengan gaya hidup minimalis. Berdasarkan penjelasan oleh A Considered Life, meski sama-sama menyingkirkan barang, decluttering merupakan sebuah metode, sedangkan minimalis adalah sebuah gaya hidup.

Manfaat melakukan decluttering

ilustrasi a peaceful living yang didapatkan setelah decluttering. | Sumber: Thought Catalog/Unsplash
ilustrasi a peaceful living yang didapatkan setelah decluttering. | Sumber: Thought Catalog/Unsplash

Melakukan decluttering tidak hanya bantu merapikan rumah tapi juga memiliki banyak manfaat bahkan bagi kesehatan mental. Menurut Pickup Please, kegiatan ini dapat menurunkan stress dan menambah kepercayaan diri.

Melihat ruangan yang berantakan dapat menimbulkan kecemasan, melalui decluttering kita bisa menjalankan a peaceful living. Coba bayangkan rasanya melihat ruangan sekitar kita memiliki space yang lebih luas dan semua barang terorganisir dengan baik?

Bukan hanya untuk diri sendiri, decluttering juga dapat membantu orang lain. Barang-barang yang sudah kita pilah dan masih dalam kondisi baik, dapat diberikan kepada tetangga, teman atau kerabat yang membutuhkan. Daripada tidak pernah kita gunakan, lebih baik diberikan pada yang benar-benar memerlukan bukan?

Tahapan decluttering bagi pemula

ilustrasi wadah donasi, berisi barang-barang yang masih kondisi baik namun jarang digunakan. | Sumber: The Spruce/Meg MacDonald
ilustrasi wadah donasi, berisi barang-barang yang masih kondisi baik namun jarang digunakan. | Sumber: The Spruce/Meg MacDonald

Nah, bagi kamu yang ingin memulai decluttering dapat mencoba beberapa tips dari Waste4change berikut ini. Pertama, mulailah berdasarkan kategori dan buat daftarnya. Kamu bisa mulai berdasarkan jenis barang atau ruangan. Menurut Marie Kondo, tips merapikan lebih baik dimulai dari jenis barangnya.

Setelah membuat daftar, kamu dapat membuat peringkat mana barang yang paling banyak untuk dijadikan prioritas decluttering. Bila berdasarkan ruangan, petakan ruangan yang memiliki banyak clutter untuk dijadikan prioritas.

Kemudian siapkan 5 wadah untuk menyortir barang. 5 wadah ini memiliki kategori masing-masing untuk mempermudah kamu dalam menyortir barang. Wadah put away berguna untuk barang yang tidak berada di tempatnya dan perlu dikembalikan ke tempat semula, misalnya piring di kamar tidur.

Wadah recycle untuk barang yang ingin dibuang tetapi sebenarnya bisa didaur ulang seperti kumpulan botol plastik. Wadah fix atau mend untuk barang yang perlu diperbaiki atau dimodifikasi. Misalnya, baju dengan kondisi yang baik tapi salah satu kancingnya hilang.

Wadah selanjutnya adalah donate. Wadah ini berguna untuk barang-barang yang jarang atau sama sekali tidak pernah digunakan tetapi masih dalam kondisi yang baik. Barang-barang dalam wadah ini dapat kamu berikan atau donasikan pada orang-orang sekitarmu.

Terakhir, wadah trash. Barang yang sudah rusak dan tidak bisa dibenarkan lagi dapat kamu letakan di sini untuk nanti dibuang.bLakukan decluttering secara bertahap.

Kegiatan ini tentu dapat memakan waktu dan tenaga, jika dilakukan sekaligus dalam satu waktu mungkin kamu akan kelelahan secara fisik dan emosional. Kamu dapat melakukannya secara mencicil setiap hari dengan durasi yang telah ditentukan. Masih ingat pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit?

Tidak ada yang salah dengan meminta bantuan orang lain. Meminta pendapat orang lain untuk memutuskan barang mana yang perlu disingkirkan dapat membantu kamu. Apalagi saat sedang memutuskan barang-barang sentimental yang memiliki nilai tersendiri bagi kamu.

Terakhir, ambil foto sebelum dan sesudah. Foto ini berguna sebagai perbandingan. Kamu dapat melihat lokasi yang kamu sudah decluttering dengan sebelum dirapikan. Hal ini juga dapat memotivasi kamu dengan melihat pencapaian yang berhasil kamu lakukan.

Selamat mencoba decluttering, Goodmates!

Referensi: Waste4change | Pickup Please | A Considered Life