Intip Situs Membuat Daftar Pustaka Anti Ribet
Ilustrasi membuat tugas | Foto: Pexels

Buat Goodmates yang sekarang sedang menempuh jurusan yang berkaitan erat dengan esai ataupun makalah, pasti tidak asing dengan yang namanya daftar pustaka dan catatan kaki.

Daftar pustaka adalah susunan tulisan di akhir sebuah karya ilmiah dengan isi berupa nama penulis, judul tulisan, penerbit dan identitas penerbit. Catatan kaki menurut Keraf adalah berbagai keterangan tambahan dari bagian-bagian naskah tulisan ilmiah yang diletakkan di bawah halaman.

Biasanya, catatan kaki memiliki berbagai format yang terbagi berdasarkan kaidah penulisannya. Catatan kaki yang sering ada dalam karya ilmiah adalah Chicago Style, APA Style, dan MLA Style.

Seringkali, mahasiswa merasa kewalahan dan kesulitan dalam membuat daftar pustaka ataupun catatan kaki. Daftar pustaka yang harus ada berdasarkan abjad, hingga catatan kaki yang beratus-ratus sering menjadi permasalahan umum dalam penulisan karya ilmiah.

Berikut ini  situs yang bisa membantu Goodmates untuk membuat catatan kaki atau daftar pustaka. Keep scrolling, ya!

1. Citation Machine

Tampilan situs Citation Machine | Foto: LibGuides

Situs yang satu ini dapat membantu kamu untuk membuat daftar pustaka dan juga catatan kaki. Citation Machine menyediakan pilihan format daftar pustaka atau bibliography yang bermacam-macam. Mulai dari Chicago Style, APA 7, hingga AAPG Bulletin.

Tak hanya itu, situs ini juga bisa menyingkat waktu dalam pembuatan daftar pustaka karena Citation Machine bisa menyediakan sumber yang kamu kutip. Kamu hanya perlu memilih pilihan sumber yang kamu gunakan misalnya dari situs atau jurnal, lalu carilah judul sumbermu pada kolom yang disediakan.

Baca juga: Wajib tahu! Inilah fakta menarik tentang sistem pendidikan Korea Selatan

Jika kamu khawatir daftar pustaka yang sudah pernah kamu buat hilang, tenang saja. Situs ini akan menyimpan history pembuatan daftar pustaka yang pernah kamu buat. Kamu juga dapat mengakses situs ini dengan gratis.

Selain membuat daftar pustaka dan catatan kaki, situs ini bisa memeriksa tulisan kamu dengan plagiarism check. Kamu dapat mengakses situs ini di https://www.citationmachine.net/.

2. Cite Fast

Tampilan situs Cite Fast | Foto: YouTube

Sama seperti Citation Machine, Cite Fast juga menyediakan kemudahan bagi kamu untuk membuat daftar pustaka. Pembeda keduanya adalah Cite Fast hanya bisa membuat daftar pustaka saja.

Tampilan situs ini memang tidak se modern situs pada umumnya, tetapi berfungsi dengan sama. Sayangnya, Cite Fast hanya bisa membuat sitasi untuk format Chicago Styles, APA 6, APA 7 dan MLA 8.

Selain dari situs, jurnal, dan buku, Cite Fast dapat membantu kamu untuk membuat daftar pustaka dari sumber lain, misalnya media sosial, gambar dari web, laporan, hingga hasil konferensi.

Kamu juga bisa menyimpan hasil sitasi mu di dalam situs ini dengan memilih pilihan 'save citation’. Kamu bisa menggunakan situs ini dengan mengakses pada alamat https://www.citefast.com/.

Baca juga: Body Positivity, Sebuah Cara untuk Mencintai Diri Sendiri

3. Cite This for Me

Tampilan situs Cite This For Me | Foto: LibGuides

Nah, kalau situs yang satu ini selain membantu untuk membuat daftar pustaka, juga bisa membantu kamu untuk mencari topik esai sesuai dengan topik yang kamu inginkan. Format daftar pustaka yang disediakan juga beragam sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk menyimpan hasil sitasi, kamu perlu memiliki membuat akun. Namun, dengan membuat akun kamu bisa mengunduh kutipan ke dalam database referensi di Microsoft Word.

Baca juga: Penyebab dan Cara Atasi Susah Tidur Karena Gadget

Jadi, kamu tidak perlu bolak-balik copy-paste hasil sitasi kamu karena hasil sitasi yang kamu buat sudah tersimpan di Word dan dapat kamu gunakan kapan saja.

Kamu juga dapat mengecek plagiarisme di dalam esai yang kamu tulis dengan fitur ‘Check for Plagiarism’. Namun, untuk mengakses kedua fitur tersebut, kamu perlu berbayar langganan di situs ini. Kamu bisa mengakses fitur lainnya dengan gratis di https://www.citethisforme.com/.

Itu dia Goodmates beberapa rekomendasi situs yang mempersingkat waktu dalam membuat daftar pustaka dan catatan kaki. Jangan lupa kerjakan tugas kamu, ya, Goodmates!

Referensi: Kelas Pintar | Zona Mahasiswa