4 Skill Sederhana yang Penting Buat Mahasiswa Pelajari
Ilustrasi | Foto: Pexels.com

Masa sekolah atau perguruan tinggi merupakan momen yang tepat untuk mempelajari hal baru dan memperkuat talenta yang dimiliki, tidak harus mahal dan berbayar. Skill penting dalam kehidupan ini sering dianggap sebelah mata, namun rupanya menjadi hal yang sangat mempermudah kehidupan di dunia nyata.

Apalagi ketika masih menjadi pelajar atau mahasiswa, kesempatan untuk belajar secara gratis dari berbagai sumber jangan sampai kamu lewatkan. Manfaatkan fasilitas kampus, kecanggihan internet, dan statusmu sebagai mahasiswa untuk mengasah kemampuan sehingga 'jago' dalam beberapa hal ini.

Yuk lebih serius untuk memperkuat 4 skill penting ini sejak masih kuliah!

1. Mendengarkan

Kelihatannya sepele, tetapi kemampuan untuk mendengarkan dengan baik bisa membawamu ke level kehidupan yang lebih baik, entah dalam dunia pekerjaan ataupun pendidikan.

Mendengarkan bukan hanya sekadar mendengar, tetapi mengamati dan menanggapi sesuai yang dibutuhkan. Sejak masih kuliah, yuk lebih aktif mendengar dan memahami dengan baik agar tanggapan yang kamu berikan lebih sesuai.

Cara melatih kemampuan mendengar, kamu bisa mengambil kertas dan mencatat hal penting yang kamu dapatkan dari pembicara ketika kelas atau seminar. Lakukan hal ini secara rutin agar terbiasa dengan aktivitas mendengar.

2. Menulis

Menulis memang sering dibilang pelajaran mudah, anak kecil pun bisa. Namun menulis termasuk skill yang terbilang underrated, jadi akan sangat bermanfaat apabila bisa menyampaikan sesuatu dengan jelas, sederhana, dan runtut melalui tulisan.

Sejak kuliah, perbanyak ikut kesempatan yang berkaitan dengan menulis seperti membantu penelitian, menulis esai, membuat konten blog, dan masih banyak lagi. Selain itu, untuk bisa menulis dengan baik, kamu perlu banyak membaca sebagai inputnya. Pastikan kamu punya input yang cukup melalui membaca agar bisa menghasilkan output dalam bentuk tulisan yang berkualitas.

Cara melatih kemampuan menulis bisa dengan banyak membaca buku atau berbagai konten positif. Lalu, membiasakan diri untuk menulis apapun serta membalas chat dengan bahasa yang baik, benar, dan tertata.

3. Berbicara dan Public Speaking

Berbicara dan public speaking adalah hal yang agak berbeda dalam penerapannya. Berbicara itu lebih ke arah berkomunikasi dalam keseharian dengan orang di sekitar, sedangkan public speaking adalah berbicara di depan banyak orang sekaligus.

Namun tetap skill terpentingnya adalah keberanian untuk berbicara dan berkomunikasi. Seringkali berbicara dianggap hal yang menakutkan. Entah takut dianggap sok tahu, takut salah berucap, maupun takut mengatakan hal yang salah.

Nah, biar kamu bisa jadi lebih percaya diri buat berbicara, baik dalam keseharian maupun di depan orang banyak, penting banget melatihnya sejak masih jadi mahasiswa. Coba saja ikuti aktivitas kampus yang memaksamu berbicara bersama banyak orang.

Cara melatih kemampuan berbicara bisa dengan mengajukan diri sebagai koordinator acara atau ketua, mengikuti kepanitiaan yang perlu koordinasi dengan divisi lain secara rutin, dan membuat video atau konten di internet yang mengharuskan berbicara di depan kamera.

4. Bahasa Asing

Di era serba maju, tentunya kemampuan berbahasa Inggris sudah syarat mutlak agar bisa bersaing di ranah global. Selagi masih berkuliah, perdalam skill bahasa Inggrismu melalui berbagai cara gratis, seperti membaca buku berbahasa Inggris di perpustakaan, menonton film barat tanpa subtitle bahasa Indonesia, ataupun mendengrkan lagu barat.

Kalau kamu kesulitan bisa menguasai semua ranah, seperti menulis, berbicara, membaca, dan mendengar dalam bahasa asing, kamu bisa mencobanya satu-persatu dulu. Mulailah dari level pasif. Paling tidak, kamu bisa paham apabila ada tulisan berbahasa Inggris yang muncul di smartphone atau tugas kuliah dari dosen.

Cara melatih skill bahasa asing bisa dengan sering mengunjungi Google Translate, membaca banyak artikel berbahasa Inggris, mendengarkan lagu barat, mencoba belajar pengucapannya, membuat naskah dialog, dan melakukan dialog bersama teman, dosen, atau diri sendiri agar semakin lancar.

Sebenarnya, jika ingin berkembang menjadi orang hebat, bisa memulainya dari skills dasar yang bisa kamu pelajari secara gratis. Terlebih, mulailah kebiasaan baik ini sejak masih jadi mahasiswa. Kira-kira skills mana, nih, yang ingin kamu tingkatkan?

 

Referensi: Skill Academy | Kontan