Catat! Ini Software Wajib Para Pekerja di Era Society 5.0
Ilustrasi Era Society 5.0 | Foto: ThisIsEngineering/pexels.comPeradaban di dunia yang semakin baru, dan perkembangan teknologi yang kian pesatnya, men

Peradaban di dunia yang semakin baru, dan perkembangan teknologi yang kian pesatnya, menuntut para pekerja untuk menguasai berbagai perangkat demi memudahkan proses kerja mereka masing-masing. Hal inilah yang kini sedang diterapkan oleh dunia untuk membiasakan hidup berdampingan dengan teknologi.

Dalam mengantisipasi tren tersebut, diperkenalkanlah era Society 5.0 yang diadopsi oleh Jepang. Society 5.0 merupakan sebuah konsep yang mendefinisikan bahwa teknologi dan manusia akan hidup berdampingan dalam rangka meningkatkan kualitas taraf hidup manusia secara bekelanjutan. Nah, supaya Goodmates tidak kalah saing, kami memiliki daftar perangkat lunak yang harus kalian kuasai.

1. Microsoft Office

Ilustrasi | Foto: Fiit.sa

Software ini menjadi kemampuan dasar yang wajib dikuasai para pekerja di setiap perusahaan. Di era digital saat ini, Microsoft Office merupakan software yang sangat dibutuhkan untuk membuat laporan, mengetik dokumen, presentasi saat meeting, ataupun keperluan administratif lainnya.

Tak cuma itu saja Goodmates, kemampuan kamu untuk mengetik dengan baik dan cepat juga menjadi nilai plus untuk efektivitas pekerjaan yang lebih dinamis.

2. PDF Reader

Ilustrasi | Foto: Joyofandroid.com

Di dalam dunia pekerjaan, dokumen dengan bentuk PDF, atau portable document format, menjadi suatu hal yang wajib dipahami para pekerja. Cukup pelajari cara menggunakan software PDF Reader, lengkap dengan cara convert file biasa ke daam bentuk PDF dan sebaliknya.

Dengan sekali klik, kamu sudah bisa mengunduh, meng-install, serta membagikan dokumen dengan format PDF kepada semua orang, bahkan lewat smartphone kamu.

3. Adobe Photoshop

Ilustrasi | Foto: Liputan6.com

Selain dua jenis software di atas, ini juga tak kalah penting untuk dipelajari para pekerja di era digital. Penguasaan software seperti Adobe Photoshop sangat diperlukan untuk urusan pekerjaan yang harus menggunakan gambar dan foto. Kemampuan desain menggunakan software yang satu ini, bisa menjadi nilai lebih di mata perusahaan. Siap-siap deh kamu akan jadi karyawan yang bisa diandalkan.

Selain itu, kemampuan mengedit gambar ini juga bisa digunakan untuk urusan pribadi seperti membuat presentasi atau curriculum vitae dalam melamar pekerjaan.

4. Software Cloud Storage

Ilustrasi | Foto: Cloudmatika.co.id

Layanan cloud storage sudah banyak digunakan para perusahaan demi keamanan dan kemudahan dalam mengakses data digital untuk keperluan kantor. Kamu hanya perlu mempelajari cara penggunaan dan bagaimana menyimpan data untuk kepentingan pekerjaan. Manfaatkan penggunaan Google Drive untuk privasi dokumen kamu. Dengan begitu, tak perlu khawatir dengan keamanan semua data digital yang dimiliki di cloud storage.

5. Aplikasi Chatting

Ilustrasi | Foto: Eraspace.com

Penggunaan aplikasi chatting tentu sudah menjadi hal yang biasa di era society 5.0 . Aplikasi seperti WhatsApp dan Telegram kini seakan menjadi software wajib di setiap smartphone para pekerja. Sharing seputar pekerjaan dan berbagi informasi pun lebih mudah dilakukan para atasan dan rekan kerja lewat grup chat. Maka jangan abaikan perkembangan aplikasi chatting yang sedang berkembang saat ini.

6. Email

Ilustrasi | Foto: Josephmuciraexclusives.com

Selain aplikasi chat, email juga menjadi software wajib yang harus dimiliki para pekerja di era melek teknologi ini. Lewat surat elektronik, kita bisa mengatur segala keperluan surat menyurat, kirim dokumen. ataupun undangan rapat. Pastikan software email yang kamu gunakan terintegrasi dengan aplikasi lain, supaya lebih memudahkan pekerjaan kamu, Goodmates.

Semoga dengan beragam software yang dibagikan, bisa memudahkan kamu melakukan banyak pekerjaan di kantor ya. Selain itu, terus pelajari berbagai macam software terkini agar kamu nggak ketinggalan dengan perkembangan teknologi di era society 5.0.

Referensi: sampoernauniversity.ac.id

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.