SohIB Berkelas: Cara Membuat Konten Banyak Dikunjungi Dengan Teknik SEO
SEO berguna untuk menaikkan trafik pengunjung dan optimisasi website | Sumber: Sohib.id

Jika kita membahas tentang optimasi website, tentunya SEO juga dikait eratkan dengan hal tersebut. Merupakan singkatan dari search engine optimization, metode ini adalah teknik yang digunakan untuk membantu menaikkan trafik pengunjung dan optimasi pada situs dan blog. Berbeda dengan SEM yang menggunakan iklan sebagai inti prosesnya, SEO memperbaiki dan membangun konten dalam web kita secara organik alias noniklan.

Pada hari Kamis, 12 Mei 2022, SohIB Berkelas menghadirkan Joe Handaya (Group Web & SEO Manager at Ruangguru) dipandu oleh host Satya Risma Dewi untuk berdiskusi dan belajar bersama mengenai pengenalan SEO, memahami fundamental SEO, SEO tools yang direkomendasikan untuk kita gunakan, hingga tips cara meriset keyword. Acara ini bertajuk “SohIB Berkelas: Cara Membuat Konten Banyak Dikunjungi Dengan Teknik SEO” dan diselenggarakan melalui Zoom Meeting. Berikut adalah ringkasannya!

Apa Itu Search Engine Optimization?

Definisi SEO dan penerapannya dalam website

Joe Handaya membuka sesi kelas dengan pertanyaan yang menarik, “Bagaimana cara membuat konten yang bagus di mata Google, tetapi juga enak dibaca oleh user kita? Karena tidak mungkin apabila memaksakan diri tentang sesuatu dengan perspektif kita, bukan?”

Di sinilah peran besar SEO dalam meningkatkan kenyamanan audiens dalam menikmati konten web kita. Search engine optimization pada intinya adalah bagaimana cara kita mengoptimisasi landing page yang ada di website kita agar menjadi page pertama. Tentunya, dalam mengimplementasikan proses tersebut, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan secara saksama, tidak hanya sekadar mengikuti guideline Google, melainkan juga agar situs yang dikelola menunjukkan performanya.

Manfaat Penggunaan SEO Pada Website

Joe Handaya memaparkan setidaknya lima hal mengapa search engine optimization penting untuk diterapkan pada website:

1. Builds a better website

Membangun laman situs yang lebih baik, bisa dinilai dari segi kesehatan website-nya, isi konten yang dibuat, target yang ditentukan dari partner atau perusahaan, dan relevansinya dengan audiens. Kembali lagi, karena tujuan utamanya adalah agar menaikkan trafik pengunjung.

2. Increases Targeted website traffic

SEO dapat meningkatkan target trafik yang sesuai dengan market yang diinginkan. Masih mirip dengan poin pertama, bila laman kita sudah dibangun lebih baik, maka otomatis target pun akan tersaring lebih optimal.

3. Increases brand awareness

Ketika kita sedang search di Google untuk mencari informasi, nama-nama situs yang paling sering keluar di mesin pencarian biasanya akan lebih mudah diingat oleh pengguna. Maka dari itu, mengoptimasi sebanyak mungkin landing page agar berada pada first page adalah penting dan menjadi kekuatan dari SEO.

4. Improve Credibility

Ketika tampilan website lebih baik, interface fresh untuk dilihat, pengaturan warna nyaman, font bagus, dan lainnya, user akan lebih percaya daripada laman yang dibuat hanya ala kadarnya. Poin ini berkaitan dengan impresi yang akan kita tunjukan pada audiens.

5. Generates sales

Hal yang satu ini bergantung pada bisnis modal yang kita miliki, karena sistem monetize setiap company bisa berbeda-beda. Pada e-commerce dan marketplace, bisa dilihat bahwa SEO-nya sudah pasti kuat, karena saat ini, apabila kita mengetikkan suatu barang pada Google, biasanya laman-laman inilah yang akan muncul terlebih dahulu. Meski demikian, Joe Handaya mengingatkan bahwa poin paling awal adalah yang paling kuat untuk dilakukan, sedangkan poin-poin selanjutnya akan mengikuti.

Fundamental SEO

Joe Handaya menjelaskan tentang fundamental SEO

Terdapat 4 main core yang perlu kita pahami dan lakukan saat menerapkan search engine optimization pada website dan blog kita:

1. Keyword research

Bagi Joe, tidaklah mungkin menerapkan SEO tanpa melakukan keyword research karena tahap ini yang paling penting dari langkah lainnya. Kita mencari queri yang sesuai, memadupadankan satu keyword dengan yang lain dengan tujuan agar targetnya pas.

2. Technical SEO

Teknikal SEO adalah sebuah aktivitas yang kita lakukan, di mana ketika kita melakukan satu perubahan saja pada website, maka elemen ini akan berpengaruh pada semua domain. Bisa dikatakan, one for all, all for one. Contohnya, ketika kita mengubah suatu halaman dari https 404 menjadi https 500, maka yang berubah tidak akan hanya satu, tetapi semuanya.

3. On-page/ Content

Tahap ini adalah bagaimana kita mengoptimisasi satu landing page agar sesuai dengan panduan SEO, tetapi tidak akan memengaruhi keseluruhan domain. Dalam hal ini, yang termasuk dalam on-page adalah title tag, meta description, heading tag, dan lainnya.

Misalkan, kita ingin mengubah deskripsi meta pada salah satu artikel kita, yang terdampak hanyalah konten yang kita tulis tersebut. Namun, terdapat pengecualian, apabila kita menggunakan pattern meta desc yang diotomatis, maka pola ini akan diikuti oleh semua konten dan masuk ke dalam technical SEO.

4. Off-page/ Link building

Joe memiliki perumpamaan yang menarik untuk menggambarkan poin ke-empat ini,

“Bayangkan kita sedang membangun sebuah rumah, biasanya kita akan hire arsitek untuk membuat blue print rumah tersebut. Kita bisa melihat bagaimana bentuk kamar kita, bagaimana letak kamar mandi, posisi dapur, dan ruangan lain. Dalam SEO, inilah yang dinamakan proses membangun SEO-nya,”

Nah, ketika kita memberi tahu orang bahwa kita sedang membangun rumah, tentu nggak mungkin kita pamerin dulu rumahnya karena belum jadi. Barulah, ketika rumah sudah dibangun, sudah indah dan bersih, kita undang orang-orang untuk mengunjungi rumah kita, inilah yang dinamakan off-page, ” lanjut Joe lagi.

Off-page adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengoptimasi website dari luar, jadi tidak berhubungan dengan situs kita. Backlink ada pada poin ini.

Joe memberikan penekanan di akhir keterangannya mengenai fundamental SEO. Dalam menerapkan optimisasi website, kita harus paham urutan yang benar, yakni membangun dan memperbaiki website, melakukan research keyword, technical SEO, On-page, kemudian ditutup dengan link building. Inilah yang dianggap sebagai pola pikir yang tepat.

SEO Tools Rekomendasi Joe Handaya

Berikut ini adalah alat-alat SEO yang direkomendasikan SEO manager dari Ruangguru tersebut bagi para pengguna metode ini:

  1. Google Search Console
  2. Semrush
  3. KW Finder
  4. Screaming Frog
  5. Google Analytics
  6. Ahrefs
  7. Moz
  8. Raven

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang berbagai kelas pelatihan dan webinar yang diadakan indonesiabaik.id dan SohIB, dapat melalui Instagram @id_sohib dan join Telegram t.me/gabungSohIB atau official WhatsApp SohIB (081339491767).

SohIB.id
Digital Marketing