Gaji Selalu Cepat Habis? Apa Solusi yang Harus Dilakukan?
Ilustrasi Gaji Selalu Cepat Habis | Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Goodmates, pernah nggak sih merasa kalau gaji yang kamu dapat tidak pernah cukup untuk sebulan? Kayanya baru aja gajian, tapi baru beberapa hari saldo di ATM sudah mulai kasih warning buat nggak boleh boros nih. Siklus ini pun seringkali terulang.

Padahal, kondisi finansial seseorang tidak hanya diukur dari seberapa besar nominal uang yang diterima, tetapi juga dilihat dari seperti apa ia mengelola pengeluarannya dengan bijak.

Lalu gimana caranya ya supaya gaji nggak cepat habis setiap bulannya? Tenang aja, Goodmates. Workerspedia punya beberapa cara dan kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk mengatur pengeluaranmu setiap bulannya supaya gak over budget.

  1. Buat List Pengeluaran Bulanan
Ilustrasi buat list pengeluaran bulanan
Freepik.com/rawpixel.com

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk mengatur keuangan kamu adalah menyusun rencana pengeluaran setiap bulannya. Biasakan catat segala bentuk pengeluaranmu setiap bulannya sekecil apapun. Cara ini cukup membantu untuk mengetahui kemana saja aliran uangmu setiap bulannya.

Untuk mencatatnya, gak perlu bawa buku tebal atau notebook. Sekarang udah banyak kok aplikasi keuangan di smartphone yang bisa kamu download untuk mencatat aliran pengeluaran kamu setiap bulannya agar lebih mudah dilacak.

  1. Buat Skala Prioritas
Ilustrasi buat skala prioritas
Freepik.com/rawpixels.com

Setelah membuat list pengeluaran setiap bulannya, catat dan cek laporan keuangan tersebut untuk membuat skala prioritas. Buat list pengeluaran mulai dari yang paling utama seperti cicilan hutang, pinjaman bank, dan kebutuhan sehari-hari seperti tagihan air, listrik, air, internet, ataupun kebutuhan rumah tangga lainnya.

Jika list skala prioritas sudah dibuat, nggak ada salahnya juga kok untuk sesekali bersifat konsumtif dengan berbelanja, jalan-jalan, ataupun sekedar hangout bersama teman-teman. Tapi tetap, yang harus diperhatikan adalah pintar-pintarlah memilih gaya konsumtifmu seperti memanfaatkan diskonan atau promo yang sedang berlaku. Hitung-hitung refreshing tapi tetap hemat kan, Goodmates?

  1. Gunakan Rekening Terpisah
Ilustrasi gunakan rekening terpisah
Pexels.com/pixabay

Untuk yang merasa sulit menabung, cobalah untuk membagi gaji kamu ke dalam beberapa rekening terpisah. Selain rekening reguler tempat biasa kamu menerima gaji dan pemakaian sehari-hari, sebaiknya buka rekening lain khusus untuk tabungan dan menyimpan dana darurat.

Oh ya, batasi juga kebiasaan kamu yang sering menarik uang di ATM ya Goodmates. Karena tanpa sadar, kamu bisa sering mengambil uang secara terus menerus. Ini juga jadi penyebab kenapa uang kamu cepat sekali habis. Meski terasa sulit, tapi cara ini membiasakan kamu untuk mengeluarkan uang hanya sesuai kebutuhan saja. Jangan boros-boros ya, Goodmates.

  1. Belajar Investasi Jangka Pendek
Ilustrasi investasi jangka pendek
Pexels.com/AnnaNekrashevich

Pastikan kamu tau betul kemana uang yang dikeluarkan agar tidak menyesal nantinya. Cobalah untuk melakukan investasi keuangan yang sifatnya jangka pendek, misalnya setiap per tiga bulan. Hal tersebut akan membuatmu terpacu dan bersemangat untuk terus menabung karena hasilnya bisa terlihat dalam waktu dekat.

Apapun tujuannya, hal tersebut tentu akan membuatmu semangat menabung dan bijak menggunakan uang lho, Goodmates.

  1. Masih nggak Cukup? Saatnya Cari Tambahan
Ilustrasi mencari tambahan uang
Pexels.com/RODNAEProductions

Selain mencatat banyaknya pengeluaran, kamu juga perlu meninjau ulang pendapatan yang kamu hasilkan. Apakah sudah tercukupi, atau justru sering merasa defisit setiap bulannya?

Kalau seperti itu, kamu bisa mencari sumber pendapatan tambahan di luar pekerjaan tetapmu seperti berbisnis atau membuka usaha kecil-kecilan. Karena siapa tau, mungkin hal tersebut bisa menjadi sumber penghasilan alternatif yang lebih menguntungkan ke depannya.

Kebiasaan-kebiasaan baik tersebut patut dicoba agar gaji kamu tidak habis begitu saja sebelum waktunya. Semoga dengan cara ini kamu lebih bisa mengelola keuangan kamu setiap bulannya dengan lebih bijaksana dan efisien ya, Goodmates.

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Di sana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

 

Referensi: Keuangan Kontan | Sonora

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.