Cemas dengan SBMPTN? Berikut Strategi untuk Hadapi SBMPTN!
Pelaksanaan UTBK – SBMPTN di Kampus ITERA Senin (12/4/2021) | IDN Times/Istimewa)

#FutureSkillsGNFI

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau lebih dikenal dengan SBMPTN sudah sangat akrab ditelinga pelajar Indonesia, terutama bagi pelajar ditingkat SMA/MA/SMK/MAK. SBMPTN merupakan salah satu jalur seleksi yang dapat ditempuh oleh pelajar untuk melanjutkan studi sarjana di universitas negeri di Indonesia. Jalur seleksi ini biasanya akan dibuka setahun sekali secara skala nasional.

Tidak hanya bagi pelajar lulusan SMA/sederajat di tahun yang sama terselengarakanya SBMPTN, tetapi lulusan SMA/sederajat 2 tahun sebelumya juga masih diperbolehkan mendaftar menjadi peserta selagi masih sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh LTMPT selaku lembaga penyelenggara.

Di indonesia sendiri terdapat tiga jalur seleksi masuk PTN yang sah, yaitu SNMPTN SBMPTN dan mandiri. UTBK-SBMPTN merupakan jalur seleksi berbasis komputer yang sering dianggap oleh peserta sebagai momen yang menakutkan sekaligus penting bagi calon mahasiswa agar dapat masuk ke perguruan tinggi negeri yang di inginkan.

Persaingan yang ketat serta kuota tersedia terbatas dari PTN pilihan kamu membuat kamu merasa cemas. Belum lagi soal yang keluar kebanyakan tidak kamu pahami semakim merumitkan pikiran.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mencegah potensi buruk yang akan terjadi. Jangan sampai rasa cemas berlebihan mempengaruhi kemampuan kamu dalam mengadapi SBMPTN. Maka perlu niat, usaha dan strategi yang jelas agar kamu bisa mempersiapkan diri untuk SBMPTN dengan baik. Yuk, simak sampai ke bawah!

Kenalkan Rizki Vazrin kerap disapa dengan nama panggilan Kiki merupakan mahasiswi di salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Dia adalah peserta SBMPTN 2020 yang lolos masuk ke PTN impiannya. Dia mengatakan bahwa perlu strategi dan usaha yang lebih serta niat dan tujuan yang jelas agar dapat memfokuskan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK-SBMPTN.

Dia pun ingin berbagi strateginya mempersiapkan diri untuk mengahadapi SBMPTN yang dapat menginspirasi.

  1. Observasi

Gambar buku dan laptop | Foto: Unsplash.com/nickmorrison

Observasi berarti mencari tahu informasi mengenai kriteria penyelenggaraan SBMPTN maksimal 2 tahun terakhir. Seperti informasi berapa lama waktu pengerjaan tes, ada berapa jenis soal yang diujikan, berapa gelombang yang dibuka serta berapa skor yang dapat dikategorikan aman dan berapa total peserta yang mengikuti seleksi tahun sebelumnya, serta bagaimana cara mendaftar sebagai peserta.

Informasi seperti itu mungkin umum bagi kalangan pelajar yang akan menghadapi UTBK-SBMPTN. Tapi hal seperti inilah yang akan membangun motivasi diri untuk berjuang. Informasi ini juga akan mempermudah menentukan target kamu untuk persiapan tes, serta membantu kamu dalam menyiapkan berkas pendukung untuk mendaftar SBMPTN.

2. Cari Informasi Passing Grade PTN Tujuan

Dengan mengetahui passing grade standar kampus tujuan akan lebih mempermudah dalam menentukan target skor yang ingin dicapai. Hal ini juga dapat memacu kamu untuk terus belajar dan memperluas wawasan dalam mengadapi UTBK.

Kamu dapat mencari informasi tentang passing grade kampus tujuan pada website terpercaya dan membandingkanya dengan PTN pilihan keduamu, dengan begitu kamu dapat menentukan pilihan PTN dan program studi yang dituju sebagai pilihan kedua jika ternyata skor tidak memenuhi pada pilihan PTN pertama.

Kiki mengatakan sebagai langkah aman kamu, sebaiknya skor kamu melewati dari standar skor yang ditentukan oleh PTN baik pada tahun lalu maupun tahun sekarang.

3. Wujudkan dengan Tindakan

       Lembar Ujian | Foto: Unsplash.com/Nguyen Dang Hoang Nhu

Setelah semua informasi yang dibutuhkan dirasa cukup, selanjutnya diperlukan langkah sebagai bentuk perwujudan mencapai tujuan. Kamu bisa mulai belajar mengerjakan soal-soal pelajaran ataupun soal UTBK tahun-tahun sebelumnya.

Pada SBMPTN umumnya terdapat kategori soal TPS dan TPA dengan potensi soal yang berbeda. Untuk itu, kamu perlu fokuskan belajar di kategori soal yang selinear dengan tujuan kamu baik itu SOSHUM maupun SAINTEK.

Kamu juga bisa belajar secara mandiri ataupun menggunakan platform belajar baik secara online maupun offline seperti kursus, aplikasi digital, dan lain sebaginya yang dapat membantu kamu dalam menyelesaikan soal latihan dan mempersiapkan diri kamu untuk UTBK.

4. Persiapkan Mental Diri dan Buat Mindset Positif

Tekanan yang dihadapi saat mempersiapkan diri kamu untuk UTBK-SBMPTN tentu akan meningkat, terkadang bisa berdampak pada kesehatan kamu. Hal ini akan membuat kamu merasa stres, lelah, bahkan cemas karena pikiran otomatis selalu bertanya lulus atau tidak PTN tujuan dan masih banyak pertanyaan yang timbul di dalam pikiran.

Oleh karena itu, perlu bagi kamu untuk menciptakan persepsi positif atas diri kamu seperti kamu mampu mengerjakan soal-soalnya, kamu juga layak bersaing dengan teman-teman seperjuangan kamu, mampu mewujudkan target kamu dan lain sebagainya.

Jangan sampai kamu memunculkan pikiran negatif yang dapat menciutkan nyali kamu. Selalu motivasi diri kamu dengan mengingat target kamu, ini akan membantu memicu kamu untuk lebih berusaha lagi. Kembalikan mood belajar kamu dengan hal-hal positif. Ciptakan suasana yang nyaman saat belajar, itu membantu kamu dalam memahami pelajaran.

Tetapi selalu ingat jangan memaksa diri untuk terus belajar, adakalanya kamu harus istirahat sejenak untuk menenangkan diri kamu. Semangat, ya!

 

Referensi: Wawancara