Tertarik Lanjut Studi di Ilmu Komunikasi? Yuk Kenali Lebih Dalam!
Ilustrasi | Foto: Pexels.com

Jurusan Ilmu Komunikasi termasuk jurusan yang banyak diminati oleh kaum millenial untuk melanjutkan studi di dunia perkuliahan. Apakah Goodmates salah satunya? Banyak kaum muda tertarik melanjutkan studi ilmu komunikasi lantaran jurusan ini mempelajari topik yang luas sehingga prospek kerjanya pun cukup kompleks.

Peminat yang begitu tinggi terlihat dari jumlah pendaftar di berbagai universitas yang setiap tahun semakin naik, baik di universitas negeri maupun universitas swasta. Mungkin, kamu termasuk calon mahasiswa yang saat ini sudah mulai membuat perencanaan untuk melanjutkan pendidikan di jurusan ilmu komunikasi.

Jurusan Ilmu Komunikasi tentu tidak bisa kita lepaskan dengan kata “komunikasi” sehingga tentunya di sini Goodmates akan belajar mengenai realita proses komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, bukan hanya sekadar berbicara, tetapi butuh pula kemampuan untuk menyampaikan pesan melalui visual seperti gambar, tulisan, dan grafik, dan lainnya, sebagai komponen yang tercakup dalam kegiatan komunikasi.

Tak perlu kita ragukan, jurusan ini memang memiliki prospek yang luas bagi para lulusannya. Inilah alasan kenapa memiliki banyak peminat. Di jurusan, Goodmates akan masuk lebih dalam ke dunia media massa atau jurnalisme, perusahaan, organisasi, ataupun hubungan masyarakat.

Ilmu Komunikasi dalam pembelajarannya membahas seputar jurnalistik, periklanan (advertising), komunikasi pemasaran (marketing communication), penyiaran (broadcasting), hubungan masyarakat (public relations), fotografi dan masih banyak lagi.

Jangan khawatir, Goodmates, akan pembelajarannya yang kompleks, sebab mahasiswa yang masuk jurusan Ilmu Komunikasi ke depannya akan memilih peminatan yang menjadi fokus mereka. Nah, inilah kesempatan Goodmates untuk memilih bidang yang paling disukai pada peminatan ini.

Ilustrasi Merasa Insecure | Foto: Pinterest/ Mindful

Mengingat pembelajarannya menekankan pada proses komunikasi, jurusan ini seolah sudah jadi perbincangan di tengah masyarakat. Banyak calon mahasiswa mulai merasa insecure karena menggangap Ilmu Komunikasi kurang cocok untuk para introvert.

Ternyata, pernyataan itu salah, lho. Ketika kita sudah terjun dalam jurusan ini, secara tak langsung akan memacu kita untuk bersemangat dalam berlatih dan belajar kemampuan public speaking.

Sudah bukan rahasia umum, ketika Goodmates masuk dalam jurusan ini, maka akan berhadapan dengan banyak proyek yang membuat Goodmates mengasah kemampuan berbicara.

Misalnya, saar mahasiswa memilih dan memfokuskan diri dalam peminatan broadcasting, dia harus merancang dan menyampaikan pesan melalui media. Ataupun, saat mahasiswa memilih peminatan di bagian public relations, mereka akan belajar menemukan strategi tepat untuk menjaga dan membangun citra perusahaan.

Seorang Public Speaker | Foto: Pinterest/ Mental Floss Magazine

Kemampuan yang Harus Dimiliki

Goodmates harus mempersiapkan diri sebab kemampuan public speaking saat masuk dalam jurusan ilmu komunikasi sangat dibutuhkan. Eittss, tenang, jangan khawatir. Sejatinya, semua orang sudah memiliki kemampuan ini sejak lahir, kok, entah kepribadiannya extrovert ataupun introvert. Goodmates hanya perlu melatihnya saja agar lebih fasih.

Maka, hal yang harus Goodmates lakukan untuk membangun kemampuan public speaking, di antaranya dengan berusaha membangun kepercayaan diri, memperluas koneksi, dan mulai belajar berpikir secara kritis.

Paling utama, perlu adanya kepercayaan, keinginan, dan kemauan untuk belajar dalam diri sehingga kemampuan itu dapat Goodmates miliki dan kembangkan ke depannya. Belajar komunikasi itu sangat menyenangkan, kok!

Itulah dia pengenalan mengenai jurusan Ilmu Komunikasi. Semoga, melalui artikel ini, Goodmates semakin mengenal dalam jurusan populer ini, ya! Jangan menyerah, tetap semangat belajar, ya!

 

Referensi: Ruang Guru | Kompas

I am currently studying at Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur with a focus on the scientific disciplines of Communication. Active in organization on campus and off campus. Able to be responsible in any situation and conditions.I love collaborating and making connection and open to talk about anything topics. I like to trying new things that related to education,relations/communication, gender equality, and local development.