Sulit Liburan ke Luar? Ini Hiburan Online yang Bisa Dimanfaatkan dari Rumah
Cloud Gaming | Unsplah/Rylan Dean

Menjelang akhir tahun 2021, pandemi masih belum berakhir. Artinya, meski tingkat vaksinasi sudah cukup tinggi, kita sebaiknya tetap berhati-hati. Liburan tahun baru juga mungkin menjadi lebih sulit dilakukan di luar rumah karena adanya peraturan tertentu. 

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa solusi yang ditawarkan oleh pelaku bisnis, salah satunya menyediakan hiburan online dari rumah. Web untuk nonton bersama, hingga live streaming menjadi tren hiburan yang populer di tahun 2021. Jadi, bagi Kawan yang kesulitan untuk jalan-jalan atau berlibur ke tempat jauh, ada beberapa alternatif menarik untuk hiburan di dalam rumah. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut 7 tren hiburan online di 2021 yang bisa Kawan manfaatkan dari rumah:

  • Video Streaming

Sejak 2020, aplikasi atau web streaming video adalah salah satu hiburan online yang peminatnya sangat tinggi. Dengan akses yang mudah ke internet dan penggunaan seluler meluas, semakin banyak permintaan konsumen terhadap layanan ini

Sehingga, beberapa tahun terakhir hingga tahun 2021, jumlah platform streaming mengalami pertumbuhan signifikan. Sebut saja Netflix, Hulu, Amazon Prime, Disney+, Mola, dan masih banyak lagi. Dengan beragam pilihan tontonan dan layanannya, Kawan tidak perlu khawatir bosan meskipun tetap di rumah saja!

  • ESports atau Online Gaming
Online gaming | Unsplash/Elle Don
Online gaming | Unsplash/Elle Don

Selanjutnya, tren dalam industri hiburan online yang tahun ini booming adalah esports. Tidak seperti olahraga tradisional, esports adalah permainan di komputer dengan lingkungan yang kompetitif. Saking banyak peminatnya, esports atau game online menjadi serius dilombakan, hingga pemain di seluruh dunia dan profesional. 

Beberapa Esports yang terkenal seperti League of Legends, Fortnite, Counter-Strike, Call of Duty, dan masih banyak lagi. Industri game ini memiliki daya tarik dari sebuah turnamen di mana para pemain bersaing, dengan lebih dari satu juta penonton. Biasanya turnamen seperti ini bisa berhadiah jutaan dolar, lho!

  • Cloud Gaming

Cloud gaming adalah sesuatu yang cukup baru di dunia industri game. Meski mungkin belum sangat terkenal, para gamer cukup setia dengan platform ini. Tren ini menciptakan cara baru bagi pemain untuk bersosialisasi sambil bermain game dari rumah. Jadi, gamer cloud bisa memakai server jarak jauh yang ada di pusat data untuk memainkan game. Kawan tidak perlu menginstal game, cukup masuk ke konsol game dan bergabung dengan server untuk bermain. 

Xbox Game Pass, GeForce Now, dan Google Stadia adalah tiga penyedia cloud gaming terbesar yang juga memberikan layanan di smartphone. Xbox Game Pass Ultimate bahkan memberi akses ke lebih dari 100 game yang bisa dimainkan di berbagai perangkat, termasuk Android. Salah satu contoh game paling populer di awal tahun adalah Animal Crossing, karena bisa dimainkan di Nintendo Switch atau PC. 

  • Augmented dan Virtual Reality
Virtual Reality | Unsplash/Jeshoots
Virtual Reality | Unsplash/Jeshoots

Tidak kalah menarik, hiburan online menggunakan Augmented Reality dan Virtual Reality menjadi populer sejak 2019. Masih ingat betapa viralnya game PokemonGo, bukan? AR menciptakan "dunia permainan" menggunakan kamera ponsel pintar dan menggabungkan benda maya dua atau tiga dimensi ke dalam realitas nyata. 

Realitas virtual menjadi kelebihan dari AR, dan bisa menciptakan pengalaman yang menakjubkan bagi pengguna. Sementara, VR membutuhkan peralatan khusus, seperti misalnya kacamata, namun teknologi ini sudah semakin mudah diakses. Beberapa industri yang menganut teknologi VR di antaranya seperti theme park, gym, dan museum. Jadi, Kawan bisa menikmati berbagai hal unik meskipun berada di rumah saja!

  • Virtual Tours

Meski sudah cukup ramai sejak 2020, tren hiburan online ini masih menjadi tren. Kawan bisa mengikuti tur virtual yang digelar oleh objek wisata, museum, taman, dan tempat lainnya di dalam maupun luar negeri. Tur virtual ini ada yang gratis dan juga berbayar. Kawan juga bisa melihat jasa penyedia tur yang membuat konten dengan aplikasi serta alat virtual reality, seperti channel Ascape di Youtube. 

Dengan tur virtual, Kawan bisa merasakan berbagai tempat yang ada di dunia tanpa harus keluar rumah. Misalnya datang ke beberapa destinasi populer seperti Museum Nasional RI, Kebun Raya Bogor, Pantai Ancol, White House, Disneyland, Patung Liberty, Museum Louvre, dan masih banyak lagi. 

  • Zoom Parties atau Watch Parties
Nonton bareng secara online | Unsplash/Jonas Leupe
Nonton bareng secara online | Unsplash/Jonas Leupe

Meski bioskop sudah mulai dibuka, mungkin sebagian dari Kawan masih lebih nyaman menonton dari rumah saat liburan. Tak hanya nonton sendirian, Kawan bisa menonton bersama orang terdekat melalui platform tertentu misalnya Netflix Party, sehingga seolah-olah ada teman mengobrol di samping kita. Ada juga layanan nonton bareng yang tersedia di Youtube, Disney+, Hulu, dan Amazon Prime. 

Opsi kegiatan bersama lainnya bisa dilakukan melalui aplikasi Zoom. Selain nonton bareng, Kawan bisa bermain game yang khusus diciptakan pada Zoom. Misalnya beberapa games yang terkenal seperti Bingo, CAH, dan Pictionary. Sehingga, Kawan tidak akan merasa kesepian meski liburan dari rumah!

  • Podcast

Podcast mulai populer sejak tahun 2020, tapi popularitasnya semakin meningkat di 2021. Banyak orang menggunakan podcast sebagai jembatan untuk mempromosikan diri atau bisnis mereka. Sifatnya yang mudah diakses dimana saja dan kapan saja, membuat banyak orang menggemari hiburan online ini.

Kawan juga bisa mendengarkan beragam topik menarik, mulai dari pendidikan, psikologi, olahraga, karir, pengembangan diri, tren, dan lain-lain. Bahkan, Kawan bisa membuat podcast sendiri, dengan alat-alat yang relatif mudah ditemukan. Sehingga, liburan tak hanya soal hiburan semata, tetapi juga membuat hal bermanfaat yang menyenangkan.

Nah, dari berbagai hiburan online yang tren sepanjang tahun 2021, mana yang menjadi favorit Kawan? Jangan lupa untuk berdoa agar suasana segera kembali normal, dan kita bisa bebas beraktivitas, ya!

Referensi:  Trendland | PMCA Online | Exploding Topics | Critics Rant