Tak Hanya Harry Potter, 5 Film Ini Bisa jadi Sarana Belajar Aksen British
Emma Watson, salah satu aktris British | Foto: borgenmagazine.com

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris memiliki banyak aksen dalam penuturannya. Mulai dari aksen Amerika, India, Australia, hingga Skotlandia (scottish accent). Salah satu aksen yang cukup terkenal hingga sering muncul dalam tes listening tertentu adalah aksen British.

Aksen yang berasal dari Inggris ini memiliki beberapa karakteristik khusus seperti cenderung menghilangkan huruf /r/ dan /t/. Aksen British banyak dikagumi orang karena terdengar elegan dan berkelas. Tak heran, dulunya aksen ini memang dipakai oleh para bangsawan kerajaan atau akademisi sekolah elit seperti Cambridge, Oxford, dan Winchester.

Ketertarikan yang besar terhadap aksen British menjadi salah satu alasan banyaknya film menggunakan aksen British dengan alur menarik. Contohnya film "Harry Potter". Bagi Goodmates yang merupakan penggemar Harry Potter, tentu mengetahui ada beberapa scene ikonik yang sering difiturkan di video-video pembelajaran bahasa Inggris dengan aksen British.

Nah, di artikel kali ini, Goodmates akan diberikan beberapa rekomendasi film lain selain Harry Potter yang dapat membantu untuk belajar mendengarkan atau bahkan mempraktikkan bahasa Inggris dengan aksen British. Penasaran ada apa saja? 

1. Enola Holmes (2020)

Film Enola Holmes | Foto: Netflix

Film yang berlatar di Inggris tahun 1884 ini mengisahkan tentang petualangan seorang gadis bernama Enola Holmes. Gadis tersebut berusaha untuk mencari ibunya yang tiba-tiba menghilang di hari ulang tahunnya yang ke-16.

Di tengah perjalanan, Enola bertemu dengan Viscount Tewksbury, seorang bangsawan muda yang kabur dari kerajaannya dan ternyata tengah diburu oleh seorang pembunuh bayaran.

Berhubung memakai latar waktu zaman dulu, Goodmates akan mendengar percakapan dengan aksen British yang kental dan bernuansa formal sepanjang durasi film. Goodmates juga bisa melihat budaya yang terjadi di Inggris pada saat itu, dari mulai cara berpakaian hingga kondisi sosial masyarakatnya.

2. Notting Hill (1999)

Notting Hill | Foto: Netflix

Notting Hill adalah film lawas legendaris yang dimainkan oleh dua aktor kawakan, Julia Roberts dan Hugh Grant. Sesuai judulnya, film ini mengambil latar tempat di sebuah jalan bernama Notting Hill, London Barat.

Film ini mengisahkan hubungan percintaan antara William (Hugh Grant), seorang pemilik toko buku travel dengan aktris populer bernama Anna (Julia Roberts). 

Menjadi salah satu film romance comedy terlaris, beberapa potongan klip dari "Notting Hill" sering difiturkan di kanal-kanal Youtube untuk belajar bahasa Inggris. Bagi Goodmates yang kebetulan menyukai genre tersebut, Notting Hill wajib masuk ke daftar tontonan.

3. The King's Speech (2010)

The King's Speech | Foto: delupher.wordpress.com

The King’s Speech adalah salah satu film yang cukup menarik. Film ini mengisahkan perjalanan Pangeran Albert Frederick Arthur George (kemudian dikenal sebagai Raja George ke-VI, ayah Ratu Elizabeth II) dalam mengemban tugas barunya sebagai raja.

Sejak kecil, ia memiliki gangguan berbicara, yaitu kegagapan. Hal ini membuat kredibilitasnya sebagai seorang raja dipertanyakan sehingga sang istri (Ratu Elizabeth I) mempertemukannya dengan seorang terapis bicara bernama Logue.

Selain dapat belajar aksen British ala kerajaan, Goodmates juga bisa belajar tentang teknik-teknik public speaking yang digambarkan dalam adegan-adegan di film ini.

4. Me Before You (2016)

Me Before You | Foto: IMDb

Film yang disadur dari novel berjudul serupa karangan Jojo Moyes ini menceritakan tentang seorang wanita sederhana bernama Louisa (diperankan Emilia Clarke). Ia bekerja sebagai perawat pribadi bagi seorang pria difabel bernama Will Traynor (diperankan oleh Sam Claflin). Keduanya saling jatuh cinta setelah menghabiskan banyak waktu bersama.

Film genre romansa yang mengundang air mata para penontonnya ini menggunakan aksen British yang dapat Goodmates perhatikan sebagai referensi belajar. 

5. The Theory of Everything (2014)

The Theory of Everything | Foto: intofilm.org

Film ini adalah biografi dari mendiang fisikawan dunia, Stephen Hawking (diperankan oleh Eddie Redmayne) yang bermula pada tahun 1960 saat dirinya bertemu dengan istrinya, Jane (diperankan oleh Felicity Jones) di Universitas Cambridge.

Dengan alur cerita yang disadur dari memoar Jane Hawking berjudul Traveling to Infinity : My Life with Stephen Hawking, film ini sukses meraih banyak penghargaan bergengsi, salah satunya adalah BAFTA Awards for Outstanding British Film. Goodmates yang menyukai film biografi ataupun tokoh Stephen Hawking itu sendiri harus menonton film ini, ya!

Itulah 5 rekomendasi film, selain Harry Potter, yang dapat Goodmates tonton sebagai referensi untuk mempelajari bahasa Inggris dengan aksen British. Selamat menonton dan belajar!

Referensi : Tirto.id | Gema Cendekia UGM | Kompas