Intip Hidangan Takjil Khas Turki, Cocok untuk Buka Puasa
Negara Turki | Foto: Facts Net

Saat berbuka puasa, kebanyakan orang akan menyediakan takjil sebagai hidangan berbuka. Jika selama ini kita lebih sering menyantap takjil khas Indonesia, bagaimana dengan takjil khas Turki? Negara Turki menawarkan beragam hidangan takjil manis yang bisa kamu jadikan pilihan.

Jika mendengar negara Turki, apa yang terlintas di benak kamu? Mungkin kamu akan mengingat salah satu destinasi wisatanya, yaitu Cappadocia. Tak hanya wisatanya, kuliner di Turki juga unik dan menarik untuk kita bahas.

Kalau kamu ingin mencoba menu baru saat berbuka puasa nanti, kamu mungkin ingin mencoba beberapa kudapan takjil manis khas Turki berikut ini.

1. Ramazan Pidesi

ilustrasi ramazan pidesi, takjil khas Turki | Foto: Sozcu
Ramazan pidesi, takjil khas Turki | Foto: Sozcu

Pertama ada ramazan pidesi atau ramazan pide bread, sebuah roti berbentuk lingkaran pipih yang memiliki citarasa gurih dan nikmat. Menurut Turkey’s For Life, hidangan satu ini menjadi menu takjil istimewa khusus hadir saat ramadan.

Menjelang berbuka puasa, toko-toko sepanjang jalan yang menjual ramazan pidesi akan mulai menjajakannya. Aroma dari ramazan pidesi pun memenuhi sepanjang jalan membuat siapapun penasaran ingin mencoba kelezatannya.

Menariknya, ramazan pidesi juga menjadi salah satu dari 12 hidangan takjil terenak sedunia versi National Geographic.

Baca juga: Kolak Pisang Masuk 12 Takjil Terenak Dunia Versi National Geographic

2. Sütlaç

ilustrasi sutlac, takjil khas Turki | Foto: Cooking The Globe
Sutlac, takjil khas Turki | Foto: Cooking The Globe

Memiliki rasa yang manis, sütlaç merupakan dessert ringan berbahan dasar susu, gula, dan nasi. Hidangan takjil satu ini telah menjadi budaya kuliner khas Turki selama lebih dari 400 tahun.

Kini, sütlaç kebanyakan orang mungkin lebih mengenalnya sebagai puding beras Turki. Pembuatan  sütlaç membutuhkan proses memasak yang perlahan. Maka dari itu, kebanyakan  sütlaç akan masak dengan pot tanah liat.

Pot tanah liat atau slow cooker dapat mendistribusikan panas dan kelembapan secara merata. Cara memasak dengan lambat ini juga membantu makanan untuk menjaga nutrisinya.

3. Şekerpare (Semolina Cookies)

ilustrasi sekerpare, takjil khas Turki | Foto: Do You Know Turkey
Sekerpare, takjil khas Turki | Foto: Do You Know Turkey

Kudapan satu ini tak kalah populer di Turki. Şekerpare merupakan makanan penutup tradisional asal Turki. Dalam bahasa Albania, sheqer memiliki arti gula, sedangkan pare berarti makanan yang masaknya dengan cara panggang.

Şekerpare memiliki bentuk layaknya sebuah biskuit atau cookies yang manis, lengket, dan lembut terbuat dari semolina, tepung klasik. Selain cocok menjadi menu takjil untuk berbuka puasa, kudapan manis satu ini juga cocok untuk menghiasi meja makan kamu saat hari lebaran nanti.

Baca juga: Unik! Kampus Luar Negeri Berikut Pernah Adakan Buka Puasa Bersama

4. Aşure (Noah’s Pudding)

ilustrasi asure, takjil khas Turki | Foto: Turkish Foodie
Asure, takjil khas Turki | Foto: Turkish Foodie

Aşure atau Noah’s pudding merupakan salah satu dessert tertua di dunia. Kudapan manis satu ini memiliki kombinasi antara buah-buahan dan kacang-kacangan.

sian dari Aşure sangat bervariasi. Mulai dari buah ara, aprikot kering, kismis, hazelnut, kacang pinus, kenari, gandum dan masih banyak lagi. Aromanya juga begitu harum yang berasal dari kulit lemon atau jeruk.

Aşure paling nikmat jika tersaji dalam keadaan dingin. Biasanya Aşure juga bisa kamu makan bersama hiasan kacang, biji-bijian, dan buah-buahan kering lainnya.

Baca juga: Jangan Langsung Tidur! Lakukan Kegiatan Produktif Ini Setelah Sahur

5. Mehalabiya

ilustrasi mehalabiya, takjil khas Turki | Foto: Taste Atlas
Mehalabiya, takjil khas Turki | Foto: Taste Atlas

Mehalabiya merupakan creamy Arabian dessert yang terbuat dengan campuran susu dan gula bersama tepung jagung. Biasanya, mehalabiya berbumbu bunga jeruk atau air mawar.

Mehalabiya yang sudah jadi kemudian bisa kamu tuang ke dalam cetakan yang lebih kecil. Tunggu sebentar lalu siap tersaji saat dingin. Kudapan manis ini menjadi salah satu makanan favorit yang tersaji saat bulan suci Ramadan.

Referensi: Turkeys for Life | National Geographic | Turkish Foodie