Kolak Pisang Masuk 12 Menu Takjil Terenak Dunia Versi National Geographic
Kolak pisang, salah satu takjil terenak di dunia versi National Geographic | Foto: Resep Istimewa

Momen berbuka puasa menjadi momen 'garis finish' setelah seharian berpuasa penuh. Biasanya, buka puasa akan ada hidangan takjil sesuai dengan favorit kita. Seperti halnya kolak pisang, hidangan wajib buka puasa.

Takjil yang berasal dari Indonesia ini memberikan kabar baik bagi kita semua. Kabar menariknya, kolak pisang menjadi salah satu dari deretan menu takjil paling enak di dunia menurut catatan National Geographic. Wah, tidak sangka, ternyata takjil dengan rasa manis ini bisa mendunia.

Takjil terenak sedunia versi National Geographic yang terakhir ini kebanyakan dari Goodmates pasti sudah akrab dengan kolak pisang. Hidangan takjil satu ini berasal dari Indonesia.

Kuah kolak berbahan gula merah, dengan santan dan beberapa helai daun pandan menjadikan kolak memiliki aroma yang harum dan khas. Jangan lupakan juga potongan pisang rebus yang manis semakin memperkaya rasanya.

Baca juga: Ragam Ide Menu Takjil dan Resep Membuatnya

Takjil Terenak Negara Lain

ilustrasi kunafa, salah satu takjil terenak di dunia versi National Geographic | Foto: Shutterstock/Dream
Kunafa, salah satu takjil terenak di dunia versi National Geographic | Foto: Shutterstock/Dream

Merangkum dari situs National Geographic, terdapat dua hidangan takjil terenak di dunia berasal dari Timur Tengah, yakni shorbat adas dan kunafa. Kebanyakan umat Muslim di Uni Emirat Arab, Yordania, dan Lebanon berbuka puasa dengan semangkuk shorbat adas yang masih hangat atau sup miju-miju dengan keripik pitta.

Shorbat adas merupakan hidangan takjil dengan lentil merah berbumbu kunyit, jinten, kayu manis, peterseli, dan lemon. Hidangan takjil satu ini kaya akan protein yang mampu kembali mengisi perut setelah berpuasa.

Sebagai nutrisi tambahan, shorbat adas terhidang bersama wortel, bawang dan kentang. Untuk kunafa sendiri merupakan hidangan takjil berwarna oranye keemasan dengan bagian dalam yang lembut dan lengket dengan keju leleh.

Baca juga: Unik! Kampus Luar Negeri Berikut Pernah Adakan Buka Puasa Bersama

Hidangan takjil terenak di dunia selanjutnya berasal dari Maroko. Harira merupakan sebuah sup hangat yang namanya dari bahasa Arabmemiliki arti ‘halus’. Hidangan takjil satu ini biasanya tersaji bersama kurma. Harira menyajikan kuah sup tomat yang kaya akan rasa dengan isian buncis, daging dan bihun.

Siapa yang suka dengan kebab? Nah, takjil terenak sedunia versi National Geographic selanjutnya adalah shami kebab dari India dan Pakistan. Saat Ramadan, aroma shami kebab yang menggugah selera memenuhi udara dari sekitar kios-kios pinggir jalan yang menjajakannya.

Shami Kebab | Foto: Yummy Kitchen

Dari India dan Pakistan kita beralih ke UAE (United Arab Emirates). Hidangan takjil terenak sedunia yang berasal dari UAE adalah harees, bubur domba atau ayam kuno yang memiliki kalori tinggi dengan gandum.

Gandum terendam semalaman sebelum masak perlahan dengan daging tulang selama empat jam atau lebih. Kemudian, daging terlepas dari tulangnya, parut, dan aduk kembali dengan gandum. Hidangan ini juga ada topping bawang goreng dan ghee, masakan yang mirip butter.

Takjil terenak sedunia dari Saudi Arabia adalah thareed. Hidangan thareed menyajikan rebusan daging domba dan sayuran yang mengenyangkan. Untuk menyiapkan thareed, daging domba perlu kamu masak selama lebih dari satu jam.

Baca juga: Ramuan Herbal Alami untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh Selama Ramadan

Kemudian ada tambahan kentang, wortel, cukini, dan rebus dalam pasta tomat, bawang merah, bawang putih dengan kalbu. Thareed juga ada bumbu dengan kunyit, limau kering, kapulaga, ketumbar, kayu manis, cabai merah dan merica. Jika sudah matang, nantinya tersaji di atas lapisan roti pipih tipis.

Selanjutnya, terdapat samosa sebagai takjil terenak sedunia dari Asia Selatan. Samosa biasanya terisi dengan kentang tumbuk atau daging cincang dengan bumbu jinten, ketumbar, dan garam. Makanan yang umumnya berbentuk segitiga ini berasal dari Persia.

Samosa | Foto: hibunda

Di Yordania terdapat mansaf sebagai takjil terenak sedunia. Mansaf merupakan hidangan daging domba yang empuk. Masakan tersebut memiliki rasa tajam yang unik menggunakan jameed (bola-bola yoghurt kering yang terfermentasi).

Biasanya, daging domba dan sausnya akan tersaji di atas nasi kunyit, dengan roti shrak tipis di bawahnya. Kemudian terhias kacang pinus, almon, dan peterseli.

Berikutnya adalah ramazan pidesi yang berasal dari Turki. Takjil terenak sedunia satu ini merupakan sebuah roti bundar dengan aroma yang memenuhi sepanjang jalan. Di Turki, berbuka puasa dengan ramazan pidesi bersama zaitun, keju, mentega dan daging pastirma.

Takjil terenak sedunia menurut National Geographic selanjutnya dipegang oleh moi moi yang berasal dari Nigeria. Wah, namanya cukup menggemaskan, ya, Goodmates?

Moi moi merupakan puding yang gurih dan empuk terbuat dari kacang yang halus. Moi moi juga merupakan hidangan takjil yang kaya akan protein sebab bahannya kaya protein, seperti telur, daging sapi, ikan atau udang.

Tidak kalah enak, takjil berikutnya adalah qatayef. Hidangan satu ini dari Mesir, Yordania, Lebanon, Palestina, dan Suriah. Qatayef merupakan kue berbentuk bulan sabit dengan isian seperti keju.

Referensi: National Geographic | Suara | Galamedia