Takut Tambah Dewasa? 4 Hal Ini Perlu Kamu Persiapkan!
Ilustrasi depresi | Foto : Pixabay

 “It’s a dangerous bussines, Frodo, going out your door. You step onto the road, and if you don’t keep your feet, there’s no knowing where you might be swept off to” – J.R.R Tolkien

Frodo dan Sam | Foto : Wallpaper Flare

Agaknya penggalan kutipan dari The Lord of The Ring ini cukup menggambarkan bagaimana situasi anak muda sekarang. Memasuki fase transisi dari anak-anak menuju kedewasaan nyatanya menguras banyak waktu dan tenaga. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menunjang studi dan karir, tapi masih banyak yang belepotan dalam manajemennya. Dalam masa transisi dari anak-anak menuju masa dewasa, banyak yang belum siap.

Apakah kamu sekarang sedang memikirkan bagaimana nasibmu nanti di masa depan? Atau, kamu merasa belum siap memasuki masa kedewasaan ini? Kalau begitu, kamu wajib tahu 4 hal yang perlu kamu persiapkan untuk menunjang masa depanmu.

1. Belajar Mengatur waktu

Ilustrasi time management | Foto: iStock

Teman-teman semua pasti punya kesibukan tersendiri. Di antara banyaknya kesibukan yang teman-teman jalani, penting sekali agar teman-teman bisa mengatur waktu dengan baik. Bayangkan jika kamu sedang sibuk mengerjakan tugas A, tiba-tiba muncul tugas B. Tanpa mengatur waktu, pasti rasanya hidup kamu sangat hectic.

Dengan belajar mengatur waktu, hidup kamu akan lebih tertata dan disiplin. Belajar mengatur waktu membuat kamu dapat memaksimalkan satu hari yang kamu miliki untuk melakukan hal yang produktif. Bayangin deh, jika manajamen waktu kamu bagus, kamu akan semakin percaya diri untuk melakukan hal-hal lain yang akan menunjang masa depanmu.

Manajemen waktu yang baik juga akan memberikan keseimbangan antara waktu untuk kamu kerja dan waktu buat kamu bersantai. Kamu tidak akan tergesa-gesa mengejar deadline jika mengatur waktu dengan baik. Hal ini akan menghasilan work balance. Jadi, kamu tidak perlu takut lagi kejar-kejaran dengan deadline.

2. Kembangkan Minat

Ilustrasi mengembangkan minat | Foto: iStock

Setiap orang pasti punya minat dan bakatnya masing-masing, dan kamu juga pasti punya itu. Kamu bisa mengetahui apa minat dan bakatmu dari hal yang kamu sukai. Misal, kamu suka menonton anime dan ternyata kamu memiliki bakat dalam menggambar, kamu bisa kembangkan bakatmu dengan mulai megerjakan proyek-proyek kecil untuk membangun portofolio.

Bisa jadi, minat kamu sekarang akan menjadi pekerjaan kamu di masa depan. Apa sih yang lebih indah dari punya pekerjaan sesuai passion?

3. Tetapkan Tujuan dan Usahakan Mencapainya

Menetapkan tujuan | Foto: Unsplash

Setiap orang pasti punya Life goals masing-masing. Mempunyai tujuan akan mebuat kamu makin termotivasi dan bersemangat untuk mencapai tujuan tersebut. Menetapkan tujuan untuk dicapai akan membuat kamu lebih bisa membuat prioritas. Membuat prioritas akan membuat kamu lebih teratur dalam mengerjakan tugas-tugasmu yang lebih urgent sehingga nantinya kamu dapat fokus pada tugas-tugasmu yang memiiki tingkat kepentingan lebih rendah.

Memiliki tujuan akan mengasah kamu untuk berusaha dalam mewujudkan tujuan itu. Ada banyak jalan menuju Roma. Ada banyak cara juga agar usahamu dapat mewujudkan tujuanmu. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah mencari peluang dan kesempatan untuk mewujudkan itu.

4. Perbanyak Soft Skill

Ilustrasi memperbanyak softskill | Foto: IStock

“Duh, kayaknya aku salah jurusan deh waktu kuliah.”

“Jurusanku saat kuliah peluang kerjanya sedikit banget.”

“Aku cuman lulusan SMA, bisa gak yah dapat kerja?”

“Aku bingung banget masa depanku seperti apa nantinya?”

Kamu pernah tidak berpikir tentang hal diatas? Merasa salah jurusan saat kuliah? Merasa jurusan kuliah kamu tidak sesuai dengan kebutuhan sekarang ini? Hal ini bisa kamu atasi dengan memperbanyak softskill.

Ternyata, ada banyak loh, yang ternyata pekeraaannya tidak sesuai dengan jurusan kuliah mereka, dan mereka tetap happy aja tuh. Loh, kok bisa gitu sih? Bisa dong, karena selain mengasah kemampuan akademik selama perkuliahan, mereka juga memiliki banyak softskill yang memiliki daya jual. Jadi, apa nih softskill yang perlu kamu kembangkan untuk menunjang karir?

Kamu bisa mengembangkan softskill seperti public speaking, desain grafis, content writer, dan lainnya. Semuanya ini bisa kamu pelajari secara otodidak loh. Selain itu ada banyak platform dan kursus kompetensi yang bisa membantu kamu mengembangkan softskill ini secara gratis.

Itu dia 4 hal yang bisa membantu kamu untuk mempersiapkan memasuki masa dewasa. Bagaimana persiapanmu saat ini?

 

Referensi: Hipwee | IDN Times