Rendahnya Self Esteem Pengaruhi Pikiran Negatif Pada Diri Sendiri
Ilustrasi self esteem | Foto: Pexels

Mungkin Goodmates sudah pernah atau sering mendengar istilah self esteem. Self esteem sendiri terkait dengan tingkat kepercayaan diri seseorang. Namun, apa arti self esteem sebenarnya?

Self esteem merupakan harga diri atau penghargaan atas diri. Artinya, self esteem adalah cara bagaimana kita mencintai, mengapresiasi, dan menghargai diri sendiri. Secara singkat, self esteem berguna untuk menghargai diri sendiri.

Menjaga self esteem tetap sehat merupakan hal yang penting, karena sumber daya psikologi yang memiliki berbagai peran dalam hidup. Self esteem akan berpengaruh pada prestasi, hubungan interpersonal, hingga rasa puas atas diri sendiri.

Jika self esteem rendah, dapat menyebabkan kamu jatuh ke toxic relationship, tidak dapat mengembangkan potensi mereka, hingga depresi. Lalu, apa sajakah tanda yang ada jika kamu memiliki self esteem yang rendah dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Berlarut Memikirkan Kesalahan Diri Sendiri

Ilustrasi memikirkan kesalahan | Foto: Pexels

Salah satu tanda yang dapat kamu lihat untuk mengetahui mengenai self esteem adalah melihat caramu menanggapi sebuah kesalahan. Seseorang dengan self esteem yang baik atau sehat akan menyadari bahwa ia dapat melakukan kesalahan dan tidak memikirkannya secara berlarut-larut.

Baca juga: Usai Tur, Harry Styles Konfirmasi Album Baru

Kebalikan dari itu, seseorang dengan self esteem yang rendah cenderung memikirkan kesalahannya berlarut-larut. Ia dapat memikirkan sebuah kesalahan kecil dan terus menyalahkan dirinya sendiri. Kamu dengan self esteem rendah akan meminta maaf berlebihan mengenai kesalahan yang kamu perbuat.

Bahkan, pada saat kamu memiliki pendapat yang berbeda dengan orang lain, alih-alih berpegang pada pendapat sendiri, kamu memilih untuk meminta maaf. Baiknya, kamu tetap teguh dengan pendapatmu dan tak perlu meminta maaf.

2. Penuh Keraguan Diri Sendiri

Ilustrasi meragukan diri sendiri | Foto: Pexels

Pernahkah kamu melewatkan sebuah kesempatan baik hanya karena kamu takut gagal? Atau karena kamu mempertanyakan kemampuan dirimu sendiri? Inilah salah satu tanda kamu memiliki self esteem yang kurang sehat.

Meragukan kemampuan dan potensi diri sendiri juga merupakan salah satu tanda kamu memiliki self esteem yang rendah. Sulit menentukan pilihan atau keputusan dalam hidup karena kamu takut salah mengambil langkah, juga salah satu tanda kamu meragukan dirimu sendiri.

Singkatnya, tidak percaya akan kemampuan dirimu sendiri adalah salah satu contoh kamu memiliki self esteem yang kurang sehat.

3. Melihat Diri Sendiri Secara Negatif 

Ilustrasi merenung | Foto: Pexels

Setiap manusia pasti memiliki sisi positif dan negatif dalam dirinya. Namun, jika kamu jarang bisa melihat sisi positif diri atau kelebihan diri, dapat menjadi tanda kamu memiliki self esteem yang rendah.

Kamu sering melihat rendah aspek diri seperti kecerdasan, penampilan, hingga bagaimana cara kamu berbaur dengan lingkungan sekitar. Bahkan, kamu merasa ‘kecil’ dan tidak bermakna daripada orang lain.

Baca juga: Segudang Manfaat Mengikuti Program Bootcamp, Penunjang Karier Masa Depan

Cara Meningkatkan Self Esteem

Ilustrasi afirmasi positif | Foto: Pinterest

Pemikiran-pemikiran di atas hanya akan membuat dirimu minder, takut untuk mencoba hal baru, sampai defensif akan kritik dari orang sekecil apapun itu. Hal itu hanyalah sebagian tanda yang dapat menunjukkan seseorang memiliki self esteem rendah.

Ada baiknya, kamu menghindari hal-hal di atas dan mencoba mengatasinya. Berikut cara yang bisa kamu coba agar memiliki self esteem yang sehat.

Baca juga: Daftar 5 Hotel Indonesia yang Terapkan Konsep Ramah Lingkungan

1. Berhenti Bandingkan Diri

Membandingkan diri dengan orang lain merupakan salah satu sumber ketidakpercayaan diri terbesar. Kamu harus memiliki ekspektasi tertentu terhadap dirimu sendiri dan tidak membandingkannya dengan orang lain. Alihkan fokus kepada dirimu sendiri.

2. Mengenal Diri

Kamu adalah yang seharusnya paling mengenal dirimu sendiri. Cobalah untuk menulis daftar kelemahan dan kelebihan yang kamu miliki. Dengan latihan sederhana ini, lama-lama kamu akan bisa melihat sisi positif dari dirimu

3. Menerima Kekurangan Diri

Ketahuilah bahwa memiliki kekurangan merupakan hal yang wajar. Terimalah kekurangan yang kamu miliki karena kamu tidak harus menjadi “sempurna”. 

Jangan lupa untuk evaluasi diri dan tetap afirmasi diri secara positif. Se-simple mengatakan “aku bisa melakukan ini” atau “tidak apa-apa berbuat kesalahan”, bisa membuatmu memiliki self esteem yang sehat.

Referensi: IDN TimesSuper YouVoi.id