Tanda Tubuh Kamu Perlu Istirahat
Ilustrasi istirahat kerja | Foto: Alodokter

#FutureSkillsGNFI

Kerja lembur bagai kuda? Atau mengerjakan tugas sampai larut malam? Hal itu dapat membuat tubuh kita merasa kelelahan dan dapat mengganggu kesehatan juga lo. Selain mengganggu kesehatan badan, juga dapat mengganggu kesehatan mental kita, karena jika kita kelelahan atau memiliki terlalu banyak pekerjaan dandijadikan beban, kita akan merasa mendapatkan tekanan yang tidak ada habisnya. Apa jadinya jika kita banyak beban? Tentu kita akan merasa tertekan dan lama kelamaan kita akan merasa stress karena terlalu banyak pikiran. Hal itu juga yang dapat menimbulkan mental menjadi down dan mengakibatkan kesehatan kita menurun, dan kita akan jatuh sakit.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kita dapat membagi waktu untuk kerja, mengerjakan tugas, dan waktu istirahat untuk diri kita sendiri. Karena kita itu manusia yang memiliki kapasitas masing-masing untuk melakukan aktifitas. Robot saja yang bukan manusia jika digunakan terus menerus akan mengalami kerusakan, apalagi kita sebagai manusia.

Jika tubuh kita sakit dan mental kita down, kita juga yang merasa rugi. Sehingga kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental. Apabila kita merasa lelah, sebaiknya kita beristirahatlah terlebih dahulu. Setelah lelah kita hilang barulah kita mulai melanjutkan aktifitas lagi. Tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak dan membaringkan tubuh sejenak. Hal tersebut justru dapat menjernihkan kembali pikiran kita, sehingga kita dapat menyelesaikan aktifitas kita dengan sebaik-baiknya. 

Bayangkan jika tubuh kita sudah lelah namun dipaksa untuk tetap bekerja dengan alasan mendekati deadline. Hal itu justru pekerjaan kita tidak selesai selesai, atau malah pekerjaan tersebut selesai namun terdapat kesalahan. Mengapa demikian? Karena otak kita dan tubuh kita yang lelah dipaksa untuk bergerak dan berpikir, padahal sudah tidak kuat lagi. Sehingga kita stress karena pekerjaan yang seharusnya selesai malah sebaliknya dikembalikan dan ditegur atasan karena salah mengerjakan.

Yang kita perlukan setelah melakukan aktifitas panjang yang melelahkan adalah istirahat. Oleh karena itu, apabila kita libur bekerja dan terbebas dari tugas, gunakanlah waktu liburmu dengan baik. Usahakan tidak memikirkan beban dan tekanan yang ada, sehingga pikiran kita juga dapat beristirahat. Selain itu, quality time untuk diri sendiri, seperti sesekali bisa berlibur mengunjungi tempat tempat wisata, atau sekedar jalan-jalan menghirup udara segar. 

Ilustrasi Turismo Cuatro

Waktu santai lainnya seperti, tidur siang untuk mengembalikan energi, memanjakan diri sendiri sebagai rasa terimakasih, atau sekedar menonton drama korea, film dan series. Menonton drama korea bagus untuk membantu kita melupakan semua masalah dan beban yang ada. Karena kita lebih fokus ke alur ceritanya atau bahkan ke oppa oppa korea yang handsome. Namun, jangan salah memilih genre ya, pilihlah genre cerita yang comedy atau alur yang ringan, jangan malah memilih yang genre alurnya berat, seperti detektif, bukannya kita enjoy yang ada kita bertambah stress karena alur yang kita nonton membuat kita juga berpikir keras gimana kelanjutannya.

Ilustrasi CNBC Indonesia

Selain menonton series, drama korea dan film, kita juga dapat mendengarkan musik untuk meredakan depresi. Musik juga dapat meningkatkan daya ingat kita juga lho.apalagi musik berbahasa Inggris, kita dapat juga belajar sambil mendengarkan musik. Ada juga musik yang memotivasi dan menenangkan pikiran kita. Dibalik itu semua, kita juga harus dapat memilah genre musik sesuai dengan suasana hati kita ya Goodmates. Jika kita sedang sedih, kita dapat mendengarkan musik yang dapat membuat kita ceria lagi. Jika kita sedang kehilangan semangat bekerja, kita juga dapat memilah musik yang membangkitkan semangat kerja.

Ilustrasi Beautynesia.com

Quality time bersama teman-teman atau keluarga juga diperlukan lho Goodmates. Waktu yang berharga tersebut dapat membuat kita melupakan masalah apa yang sedang kita alami. Selain itu, juga dapat mempererat tali silaturahmi.

Setelah kita bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin, kita juga harus mengatur waktu untuk bekerja dan mengerjakan tugas, seperti dahulukan pekerjaan yang mendekati deadline dan pekerjaan yang mudah dikerjakan, sehingga kita dapat meminimalisir lembur. Dan jika terdapat masalah dan menerima tekanan, sebisa mungkin jangan terlalu stress berlebihan karena hal itu tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental kita. Kita juga dapat berbagi masalah dengan orang terdekat kita yang dapat dipercaya. Hal itu juga dapat mengurangi pikiran kita.

Ilustrasi Kompas.com

Itu yang dapat Goodside sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi Goodmates semuanya.