Hobi Memasak? Inilah Teknik Potongan Sayuran yang Harus Kamu Ketahui
Ilustrasi seseorang memotong bahan makanan | cr: pexels

#FutureSkillsGNFI

Bagi seseorang yang senang memasak tentu sudah tahu kalau memasak tidak hanya memperhatikan dalam segi rasa saja. Selain memperhatikan segi rasa, dalam dunia masak juga perlu memperhatikan teknik pemotongan makanan agar sesuai dengan porsi, pematangan bahan, ataupun tampilannya. Namun, kebanyakan orang masih belum mengetahui macam-macam teknik pemotongan yang sesuai dengan penggunaanya.

Lalu, ada apa saja sih teknik pemotongan sayuran itu? Nah, berikut ini akan dibahas beberapa macam teknik pemotongan sayuran agar nantinya Goodmates bisa langsung mempraktekkan tekniknya di rumah.

1. Slice

Ilustrasi teknik pemotongan slice | cr: pexels

Teknik pemotongan yang pertama ini, pasti sudah tidak asing lagi dan mudah dilakukan. Slice adalah teknik pemotongan dengan cara mengiris bahan makanan secara horizontal sesuai yang diinginkan, tetapi tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Contoh, beberapa bahan yang biasanya dipotong menggunakan teknik ini, yaitu timun, bawang, tomat, dll.

2. Chiffonade

Ilustrasi teknik pemotongan chiffonade | cr: Pidjar

Teknik pemotongan chiffonade hampir sama dengan slice. Perbedaannya, chiffonade  digunakan untuk memotongan sayuran-sayuran, seperti kol, bayam, dsb. dengan ukuran yang lebih tipis daripada slice. Hal ini, bisa kita lihat perbedaannya pada gambar. Contoh cara pemotongan pada bayam, Goodmates bisa menggulungkan bayam terlebih dahulu. Setelah itu, mengiris tipis bayam sehingga membentuk irisan yang melintang.

3. Chop

Ilustrasi teknik pemotongan chop | cr: Delish

Chop adalah teknik pemotongan berupa cincangan halus atau kasar. Contoh bahan-bahan yang menggunakan teknik chop, seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay.

4. Dice

Ilustrasi teknik pemotongan dice | cr: Pinterest

Teknik dice berbentuk kotak seperti dadu atau kubus. Biasanya memiliki ukuran 1cm x 1cm x 1cm. Contoh bahan yang dapat digunakan dengan teknik cube, yaitu wortel, lobak, dsb.

5. Brunoise

Ilustrasi teknik pemotongan brunoise | cr: Ardo

 

Brunoise sama dengan dice karena bentuknya yang kotak. Namun, ukurannya lebih kecil dengan ukuran 1mm x 1mm . Brunoise digunakan untuk membuat masakan, seperti sop, soup cream, bahkan gorengan.

6. Miced

Ilustrasi teknik pemotongan miced | cr: Pinterest

Sama seperti Chop, tetapi mice lebih halus. Biasanya bahan yang menggunakan potongan ini, seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay. Cara membentuk potongan ini adalah dengan memotong potongan juliene, kemudian potong-potong lagi membentuk kotak-kotak kecil.

7. Jardiniere

Ilustrasi teknik pemotongan jardiniere | cr: Pidjar.com

 

Teknik Juliene bentuknya seperti potongan batang korek api. Ukurannya lebih kecil dan tipis dibandingkan dengan jardiniere. Contoh sayuran yang menggunakan teknik ini, seperti wortel, lobak, dsb. Goodmates bisa melakukan pemotongannya dengan memotong wortel seperti bentuk persegi panjang atau terlebih dahulu menggunakan teknik jardiniere, tetapi potong lagi lebih tipis dengan ukuran 1mm x 1mm x 1mm.

8. Juliene

Ilustrasi teknik pemotongan juliene | cr: iStock

Teknik Juliene bentuknya seperti potongan batang korek api. Ukurannya lebih kecil dan tipis dibandingkan dengan jardiniere. Contoh sayuran yang menggunakan teknik ini, seperti wortel, lobak, dsb. Goodmates bisa melakukan pemotongannya dengan memotong wortel seperti bentuk persegi panjang atau terlebih dahulu menggunakan teknik jardiniere, tetapi potong lagi lebih tipis dengan ukuran 1mm x 1mm x 1mm.

9. Wedges

Ilustrasi teknik pemotongan wedges | cr: errenskitchen.com

Teknik pemotongan wedges ini seperti berbentuk setengah lingkaran yang mengikuti bentuk juring pada bahan makanan. Biasanya digunakan untuk memotong tomat, kentang, buah-buahan (apel, pir, dsb) dan bahkan telur yang sudah dimasak matangpun bisa menggunakan teknik ini.

Oke, itulah beberapa macam teknik pemotongan sayuran yang perlu kita ketahui. Meskipun masih banyak macamnya, beberapa teknik yang sudah dibahas di atas merupakan jenis pemotongan yang lebih umum ditemui. Setelah mengetahui teknik-teknik di atas semoga Goodmates yang hobi memasak ataupun baru belajar memasak bisa lebih semangat untuk terus belajar dalam dunia masak. Semoga bermanfaat.

 

Referensi: Bacaterus | IDN Times