Deretan Teknologi yang Seharusnya Tidak Pernah Tercipta
Illustrasi teknologi yang seharusnya tidak pernah tercipta | Foto: Unsplash

Pernahkah Goodmates membayangkan bagaimana sebuah teknologi ternyata berbahaya bagi kehidupan manusia? Pasalnya, terdapat beberapa teknologi yang banyak orang menganggap seharusnya tidak pernah tercipta.

Bukan tanpa sebab, beberapa teknologi tersebut memiliki potensi berbahaya bagi kehidupan manusia secara umum. Bahkan, beberapa memiliki potensi memberikan kerugian yang cukup besar, hingga mengancam kehidupan manusia.

Pada dasarnya, terciptanya sebuah teknologi adalah kepentingan untuk membantu kehidupan manusia. Adanya teknologi membantu aktivitas manusia sehingga berjalan lebih mudah. Sayangnya, tidak semua teknologi memiliki dampak yang baik.

Terdapat beberapa teknologi yang cenderung berbahaya dan seharusnya tidak pernah tercipta. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Teknologi Warp Drive

Illustrasi teknologi wrap drivei | Foto: space.com

Pertama ada teknologi yang banyak orang menganggap sebaiknya tidak pernah tercipta adalah warp drive. Konsep teknologi ini memberikan kemungkinan melakukan perjalanan antargalaksi di masa depan.

Baca juga: Awas Salah! Ini Perbedaan Hidup Hemat dengan Hidup Minimalis

Seluruh perjalanan akan berlangsung sangat cepat, bahkan lebih dari kecepatan cahaya. Akan tetapi, teknologi ini tidak terlepas dari munculnya kritik. Bagaimana tidak, teknologi ini memiliki masalah, yakni partikel tinggi khusus yang terperangkap saat menggunakan warp drive.

Ketika terlepas bersamaan dengan sebagian besar energi, hal ini akan berpotensi bisa menghapus keseluruhan sistem bintang dan menciptakan lubang hitam atau black hole. Wah, bagaimana menurutmu?

2. Teknologi Nanobot

Illustrasi teknologi nanobot | Foto: teknologi.id

Selanjutnya ada teknologi nanobot. Teknologi ini sebenarnya merupakan teknologi luar biasa dan memiliki manfaat pada bidang kesehatan, khususnya untuk penyembuhan penyakit. Nanobot mampu menumbuhkan bagian tubuh dan organ.

Di balik kehebatannya, ternyata nanobot memiliki potensi merusak yang besar, bahkan mampu memusnahkan keseluruhan kota. Mengingat, tidak ada satu obat pun yang bisa menghentikan nanobot.

Nanobot adalah teknologi yang bisa mereplikasi diri dan tidak bisa hancur. Jika lepas kendali, seluruh kota bahkan dunia bisa hancur.

Baca juga: Sedang Hits, Ini Tips Memilih Kamera Analog Bekas

3. Teknologi Penjara Virtual

Illustrasi teknologi penjara virtual | Foto: Unsplash

Di dunia yang serba digital, penjara virtual mungkin menjadi salah satu teknologi yang tampak keren. Bahkan, kemunculan teknologi ini mampu menjadi solusi akan permasalahan kebutuhan bangunan penjara yang masih minim.

Akan tetapi, teknologi ini sama sekali tidak keren bagi siapapun yang menggunakannya. Narapidana yang menggunakan alat ini akan merasakan sensasi hidup dalam penjara selama puluhan hingga ratusan tahun, meskipun hanya menggunakannya dalam satu hari.

Alhasil, hukuman satu hari penjara akan terasa hingga ratusan tahun penjara. Risiko penjara virtual ini adalah pikiran narapidana menjadi tidak sehat bahkan stres. Dengan begitu, akan menganggu kehidupan normalnya ketika bebas nantinya.

4. Teknologi Senjata Biologis

Illustrasi teknologi senjata biologis | Foto: suara.com

Mungkin sebagian orang sepakat bahwa senjata biologis adalah satu teknologi yang sebaiknya tidak pernah tercipta. Pasalnya, teknologi ini menjadi salah satu senjata paling mematikan di seluruh dunia. Hal ini karena bisa menginfeksi musuh yang sudah menjadi target.

Ketika berhasil menginfeksi, orang tersebut akan mengalami penderitaan yang sangat mengerikan. Asal muasal dari pembuatan senjata ini adalah penyalahgunaan penelitian virus maupun patogen yang sudah mengalami modifikasi.

Baca juga: Fakta Menarik, Penelitian Ungkap Air Memiliki Memori

Maka, senjata ini juga memiliki potensi menular ke manusia lain. Jika teknologi ini tercipta dan untuk kepentingan perang, dampak pasti yang bisa timbul sangat mengerikan dan berbahaya bagi seluruh umat manusia.

Beberapa teknologi tersebut memang sangat berbahaya dan sebaiknya tidak pernah tercipta. Padahal, teknologi adalah alat yang berfungsi untuk membantu aktivitas manusia. Namun, seiring waktu dan munculnya kepentingan sepihak, membuat teknologi tampak seperti sesuatu yang jahat.

Referensi: CNBC Indonesia | Liputan 6