Wajib Kamu Kunjungi, Intip Pesona Tempat Wisata Dekat Sirkuit Mandalika
Tempat wisata di Lombok | Foto: Unsplash

Meskipun perhelatan MotoGP telah usai, Mandalika tidak kehilangan pesonanya. Pasalnya, ada banyak tempat wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terlebih, banyak lokasi wisata yang tempatnya tidak jauh dari sirkuit Mandalika.

Pesona Mandalika memang tidak perlu kamu ragukan lagi. Adanya perhelatan MotoGP kemarin seakan-akan membuka mata dunia akan keindahan Mandalika. Hal yang sama juga tampak dari para pembalap maupun wisatawan yang puas akan pemandangan setempat.

Mandalika telah berhasil menjadi ikon pariwisata baru dengan penawaran objek wisata yang bersaing. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Mandalika lagi, cobalah berkunjung ke beberapa tempat yang letaknya tidak jauh dari Sirkuit Mandalika.

Di sana ada hamparan pantai hingga perbukitan yang tidak kalah cantiknya. Mau tahu apa saja? Berikut informasi lebih lengkapnya.

1. Bukit Merese

Gambar tempat wisata Bukit Merese | Foto: brobali.com

Salah satu tempat wisata dekat Sirkuit Mandalika yang wajib kamu kunjungi adalah Bukit Merese. Banyak orang menyebut bukit ini sebagai Bukit Cinta. Pasalnya, pemandangan di perbukitan ini akan memanjakan mata setiap pengunjungnya sampai jatuh cinta.

Baca juga: Sistem Irigasi Sawah Tradisional Bali jadi Warisan Budaya UNESCO

Keindahan panorama Bukit Merese dapat terlihat pada hamparan rerumputan hijau yang terbentang dengan subur. Apalagi dengan adanya hembusan angin yang semakin menambah suasana asri di Bukit Merese.

Tempat ini juga instagramable. Maka, tidak jarang pengunjung mengabadikan panorama Bukit Merese dengan memanfaatkan spot-spot menarik di sekitar.

2. Pantai Kuta Mandalika

Gambar tempat wisata Pantai Kuta Mandalika | Foto: ksmtour.com

Tidak hanya ada di Bali, Pantai Kuta juga ada di Mandalika. Pantai yang banyak orang menyebut Pantai Kuta Lombok ini memiliki panorama yang tidak kalah indah. Lokasinya pun tidak jauh dari Sirkuit Mandalika.

Selain keindahan pantai yang memesona, Pantai Kuta Lombok juga tidak lepas dari kisah Putri Mandalika. Hal ini membuat Pantai Kuta Lombok tidak pernah absen dalam daftar kunjungan para wisatawan.

Masuk ke Pantai Kuta Lombok tidak memerlukan biaya. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan selama berkunjung ke tempat ini. Dengan begitu, ramah bagi kamu wisatawan yang ingin meminimalisir pengeluaran.

Baca juga: Daftar 5 Hotel Indonesia yang Terapkan Konsep Ramah Lingkungan

3. Pantai Tanjung Aan

Gambar tempat wisata Pantai Tanjung Aan | Foto: pegipegi.com

Selanjutnya ada Pantai Tanjung Aan yang menawarkan panorama begitu indah. Uniknya, pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Air yang bersih jernih berwarna kebiruan membuat pantai ini menjadi salah satu pantai paling indah.

Butiran pasir yang ada di pantai ini berbentuk bulat-bulat besar layaknya biji merica. Maka, orang sekitar juga menyebut pantai ini sebagai Pantai Merica. Presiden Joko Widodo meresmikan pantai yang berada di KEK Mandalika ini pada 20 Oktober 2017 lalu.

Jika kamu hobi melakukan snorkeling, jangan sampai melewatkan Pantai Tanjung Aan. Pasalnya, pantai ini memiliki spot yang sangat mendukung dengan pantai yang tidak terlalu dalam dan air yang tenang.

4. Pantai Seger

Gambar tempat wisata Pantai Seger | Foto: pantainesia.com

Terakhir, ada Pantai Seger. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di daerah Lombok Tengah. Pantai Seger mulai populer di kalangan wisatawan pasca menjadi tempat penyelenggaraan event tahunan Bau Nyale.

Festival Bau Nyale biasanya berlangsung pada pertengahan Februari dan Maret dalam rangka memperingati pengorbanan Putri Mandalika, dengan menangkap cacing laut di sekitar Pantai Seger.

Baca juga: Estetik dan Menarik, Berikut Rekomendasi Museum Seni di Yogyakarta

Salah satu keunikan dari pantai ini adalah adanya patung wanita dengan tiga pria. Banyak orang menyebutnya sebagai monumen Putri Mandalika, sosok legenda di Mandalika.

Berkunjung ke beberapa tempat wisata di atas adalah salah satu opsi yang cocok bagi kamu untuk mencari spot wisata anti mainstream. Terlebih, pasca terselenggaranya pagelaran MotoGP yang membuat Mandalika semakin populer ke seluruh dunia.

Maka, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke destinasi wisata di sekitar Sirkuit Mandalika. Ini juga menjadi ajang bagi kamu untuk membantu masyarakat sekitar, khususnya di bidang pemberdayaan dan perkembangan pariwisata daerah setempat.

Referensi: Kumparan | Liputan6